Cara Merawat Ban Serep Agar Awet

Pеrаwаtаn bаn ѕеrер mоbіl - ban serep adalah salah satu hal yang tidak boleh sampai terlewatkan di setiap kendaraan roda empat, pasalnya ban serep ini sangat berguna sekali di kondisi darurat ketika salah satu ban mobil yang dipakai mengalami kebocoran dan kehabisan angin, maka ban serep andalah yang akan menjadi pahlawan untuk menggantikan ban yang kempis tadi.

Terkadang orang terlalu mengabaikan kondisi dari ban serep yang ada di mobil mereka, yang mereka tahu hanyalah memakai saja jika ban mengalami kebocoran, bila tidak pernah mengalami bocor mungkin bisa jadi ban serep tersebut bertahun tahun tetap tertempel pada tempat penyimpanan ban tanpa diapa apakan. Padahal ban serep juga perlu dirawat sama seperti ke empat ban lain yang sedang digunakan. Nah mungkin bagi kalian yang awam dan kurang tahu bagaimana cara merawat ban serep yang benar, silahkan disimak tips merawat ban serep yang baik dan benar berikut ini.

 ban serep adalah salah satu hal yang tidak boleh sampai terlewatkan di setiap kendaraan r Cara Merawat Ban Serep Agar Awet

Cаrа mеrаwаt bаn ѕеrер аgаr аwеt


1. Mеmеrіkѕа tеkаnаn аngіn ѕесаrа bеrkаlа

Walaupun ban serep ini jarang digunakan tetap saja anda harus rutin memeriksa tekanan angin yang ada didalamnya, bila anda sampai ceroboh dan tidak melakukan pemeriksaan sederhana ini, jika sewaktu waktu anda apes mengalami kebocoran ban, mau mengganti dengan ban serep dan ternyata ban serepnya tidak ada anginnya, menjengkelkan bukan ?. Untuk melakukan pengecekan anda bisa memeriksa tekanan ban serep tersebut tiap 2 minggu atau 1 bulan sekali. Tekanan ban serep yang disarankan adalah 5 PSI lebih tinggi dari ukuran tekanan ban standard. Misalnya jika ukuran ban standar adalah 35 PSI, maka anda bisa memberikan tekanan ban serep sebesar 40 PSI.

Baca juga : Kеtаhuі bаhауа mеnggunаkаn bаn vulkаnіѕіr

2. Mеnjаgа kоndіѕі bаn ѕеrер ѕесаrа rutіn

terpaan hujan dan panas yang silih berganti mengenai permukaan ban serep, terutama yang disimpan di bagian kolong mobil seperti milik Avanza ataupun Xenia dapat mempengaruhi elastisitas dan kekuatan ban. Untuk itu anda perlu selalu memperhatikan kondisi dari ban serep anda. Bersihkan jika terkena debu atau kotoran seperti lumpur dengan cara mencucinya. Berilah semacam pelembab khusus ban agar karet ban senantiasa kenyal dan elastis.

3. Pаѕtіkаn tооl kіt bоngkаr раѕаng bаn tеrѕеdіа dіdаlаm mоbіl

Memang tidak ada hubungannya secara langsung mengenai perawatan ban serep, namun keberadaan perangkat bongkar pasang ban ini sangat diperlukan ketika anda ingin melakukan penggantian ban yang bocor dengan ban cadangan. Coba bayangan apa jadinya jika anda tidak membawa perlengkapan bongkar pasang ban seperti kunci palang atau kunci khusus untuk menurunkan ban dari lokasinya ?

4. Lаkukаn rоtаѕі bаn ѕеrер ѕесаrа bеrkаlа

Ban serep yang tak pernah digunakan sama sekali akan membuat kontruksi karetnya menjadi mengeras, bentuknya tidak bulat sempurna sehingga seringkali ban serep seperti ini putarannya selalu oleng. Agar tidak terjadi hal yang demikian maka sebaiknya lakukan rotasi ban serep secara bergantian dengan ke 4 ban lain. Hal ini selain untuk menjaga bentuk ban agar putarannya tidak oleng juga bisa menjaga daya elastisitas ban tetap terjaga serta menjaga keausan ban mobil menjadi sama rata.

Baca juga : Tujuаn utаmа mеlаkukаn rоtаѕі bаn mоbіl

5. Bungkuѕ bаn ѕеrер dеngаn соvеr

Khusus ban serep yang tersimpan di bagian belakang mobil sebaiknya tutup dengan menggunakan cover ban serep bila kebetulan ban serep anda tidak tertutup. Hal ini bertujuan agar ban serep tadi tidak rusak akibat terkena sinar matahari secara terus menerus.

Pastikan anda melakukan prosedur yang aman saat mengganti ban serep dijalan raya agar anda tidak celaka nantinya, untuk prosedur yang benar silahkan baca melalui tautan dibawah ini.

Baca juga : Prоѕеdur саrа аmаn mеnggаntі bаn dі jаlаn rауа

Dengn kita rajin merawat ban serep dengan baik, maka ketika kita sedang mengalami apes dijalan raya seperti ban bocor ataupun meledak, kita bisa tertolong dengan ban serep yang kita rawat dengan baik tadi. Semoga artikel mengenai саrа реrаwаtаn bаn ѕеrер diatas bermanfaat dan silahkan dibantu share.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu