Ciri Penipuan Jual Beli Motor STNK Only Di Facebook

Pеnірuаn juаl bеlі ѕереdа mоtоr STNK оnlу - Mungkin kalian pernah menemukan beberapa status di akun facebook yang menawarkan sepeda motor murah STNK only alias sepeda motor yang tidak dilengkapi dengan BPKB, sehingga motor motor tersebut dijual dengan harga sangat miring ? Bila pernah sebaiknya kita sebagai pengguna facebook perlu untuk berhati hati dan tidak tergiur dengan penawaran yang ditawarkan walaupun sebenarnya anda sangat tertarik.

Perlu anda ketahui di dunia maya banyak sekali penipuan penipuan yang mengatas namakan jual beli online, baik itu jual beli ponsel blackmarket, iphone murah BM, dan yang paling menggiurkan adalah sepeda motor sport keluaran terbaru yang dijual dengan harga sangat murah sekali, misalnya saja sepeda motor Kawasaki Ninja 250cc yang harga barunya diatas 50 juta rupiah, hanya dijual seharga 15 juta, siapa yang tidak ngiler coba ?

Penipuan jual beli sepeda motor STNK only Ciri Penipuan Jual Beli Motor STNK Only Di Facebook
Gаmbаr hаnуаlаh іluѕtrаѕі ѕаjа

Baca juga : Kеtаhuі аѕаl muаѕаl mоtоr STNK оnlу уаng kаlіаn bеlі


Orang awam pasti akan langsung gelap mata dan pasti kepingin untuk membeli motor seperti ini bukan ? Jangankan orang awam, penulis yang melek teknologi saja juga ngiler kalau ada motor Ninja 250cc hanya dijual seharga 15 juta an :). Untuk menghindari hal hal yang merugikan kalian karena tertipu oleh pelaku kejahatan dunia maya seperti ini, sebaiknya anda ketahui bagaimana ciri dari penipuan yang berkedok jual beli motor murah STNK only dibawah ini :


Cіrі Pеnірuаn Juаl Bеlі Mоtоr STNK Onlу


1. Sеlаlu mеngаtаѕ nаmаkаn lеаѕіng / mоtоr hаѕіl tаrіkаn lеаѕіng

Hal pertama yang mesti anda perhatikan adalah biasanya para pelaku penipuan ini akan selalu menyebut salah satu leasing terkenal di indonesia dalam menjalankan aksinya, mereka ini akan mengaku bahwa motor murh tersebut adalah hasil penarikan oleh leasing dari para kreditur macet karena tidak sanggup memenuhi angsuran kreditnya.

Tak jarang juga mereka mengaku bahwa mereka telah bekerja sama dengan pihak leasing untuk menjual kembali unit motor hasil tarikan melalui online. Ingat bahwa leasing yang benar benar asli tidak menjual motor tarikan mereka dengan sistem online, melainkan dengan cara dilelang dan itupun diadakan di kantor leasing dimana anda harus datang langsung untuk mengikuti lelang.

2. Sеlаlu mеngаtаkаn bаhwа mоtоr уаng dіjuаl аdаlаh lеgаl

Yang perlu diperhatikan selanjutnya bahwa itu adalah penipuan ialah si penjual ini akan selalu mengatakan bahwa motor murah yang dijualnya adalah legal karena hasil dari penarikan oleh leasing yang dijual kembali.

3. Bаnуаk mеnggunаkаn huruf kаріtаl dаn mеngаku hаnуа bаntu tеmаn juаlаn

Nah mungkin kalian juga pernah menemukan model yang seperti ini, yakni sebuah status dengan huruf kapital atau huruf besar dan beberapa akun lain yang juga membagikan link serupa dan mengaku mereka hanya bantu teman jualan. Model yang seperti ini sudah pasti penipuan, sebaiknya anda berhati hati saja jika menemukan model jualan yang seperti ini, kesan mereka menggunakan huruf besar adalah agar mata anda bisa dengan jelas membaca model motor dan harganya yang kebablasan murah tadi.

Baca juga : Kеtаhuі bаhауа mеmbеlі mоtоr hаnуа STNK оnlу

4. Mеmаѕаng hаrgа kеlеwаt murаh, mаѕіh bіѕа dіnеgо lаgі

Memang yang namanya penipu pastinya lebih pandai dalam membuat sesuatu hal yang menarik, misalnya dengan memberikan harga yang terlampau murah alias miring, ditambah lagi dengan embel embel masih bisa dinego lagi. Coba bayangkan motor Kawasaki Ninja 250cc dijual seharga 15 jutaan dan bisa dinego 10 juta an ? apa sampeyan tidak ngiler ?. Dan yang paling konyol adalah mereka akan memberikan 1 bonus unit motor yang sama jika si calon korban memesan 2 motor sekaligus, wah edan sekali bukan ?

5. Mеmbеrіkаn реrіngаtаn hаtі hаtі tеrhаdар реnірuаn

Sekilas seperti maling yang teriak maling ya ? sudah jelas mereka yang ingin melakukan penipuan, akan tetapi mereka selalu memperingatkan kepada calon korbannya untuk berhati hati terhadap model penipuan yang persis seperti yang mereka lakukan, bahkan beberapa malah menyuruh mengabaikan status motor murah di beranda facebook mereka jika ragu atau tidak tertarik, serta memperingatkan untuk berhati hati dalam membeli motor bodong dan memberikan anjuran untuk membeli motor STNK only saja ( yang notabene juga termasuk motor bodong ).

6. Mеnуuruh kіtа іnvіtе PIN BB аtаu WA

Untuk mempermudah aksi biasanya si penipu akan mengarahkan siapa saja yang mulai tergiur dan tertarik untuk membeli motor murah yang mereka jadikan kedok penipuan, biasanya para calon korban disuruh meng invite PIN BB atau WA agar mereka dengan leluasa mengarahkan anda ke langkah selanjutnya.

7. Mеngаrаhkаn kіtа kе ѕіtuѕ аtаu wеbѕіtе tеrtеntu

Untuk lebih meyakinkan para calon korban mereka biasanya para penipu yang lebih canggih, mereka telah membuat sebuah website khusus yang didalamnya banyak sekali foto foto motor bekas mulus yang entah dari mana mereka dapatkan, plus beberapa pesan testimoni dari pembeli yang mengucapkan terimakasih bahwa motor yang dipesan telah diterima. Ingat pesan pesan testimoni sangatlah mudah dibuat, jadi anda jangan sampai tertipu ya.

Oh iya biasanya didalam website tersebut dicantumkan bank bank tujuan rekening seperti BCA, MANDIRI, BNI dan lain sebagainya namun mereka tidak mencantumkan nomor rekening tujuan melainkan harus menelpon atau SMS / WA untuk menanyakan nomor rekening.

8. Tіdаk mаu dіаjаk kеtеmuаn аtаu COD dеngаn bеrbаgаі аlаѕаn

Yang namanya penipu pastinya tidak mau donk diajak ketemuan, jadi jika kalian mendapati si penjual yang seperti ini sebaiknya jangan atau batalkan saja niatan anda untuk membeli motor yang tidak jelas ini. Ingat jangan mudah tergiur dengan foto sepeda motor kinyis kinyis ya saudara  saudara :).

9. Mеnуuruh kіtа mеntrаnѕfеr ѕеjumlаh uаng ѕеbаgаі tаndа jаdі

Setelah negosiasi alot dilancarkan antara calon korban dan pelaku, biasanya pelaku akan berpura pura mengalah lalu kemudian meminta anda untuk mentransfer sejumlah uang sebagai tanda jadi alias uang deal, besarnya biasanya antara 1 sampai 5 juta an dan mereka berjanji akan membungkus dan mengirimkan unit motor yang kalian pesan. Bila sampai anda mentransfer uang kepada mereka, maka sudah pasti anda telah masuk kedalam jebakan betmen.

Baca juga : Tірѕ аmаn bеlі mоtоr STNK оnlу

Memang banyak sekali trik trik para penipu dunia maya untuk melancarkan aksi mereka dalam meraup keuntungan dari para korban mereka, dan menggunakan banyak sekali kedok kedok yang mereka atas namakan untuk lebih melicinkan aksi mereka. So bagi kalian yang berminat untuk membeli motor sport keren dan kece, kredit itu lebih baik ketimbang anda tertipu seperti ini bukan ?.

"Cаtаtаn"
Banyak sekali motor yang dijual secara bebas yang hanya STNK only di grup grup facebook yang benar benar jujur dan memang asli karena motor tersebut BPKB nya entah hilang atau digadaikan, namun agar kalian tidak tertipu sebaiknya anda pastikan si penjual mau diajak ketemuan, cek unit motor yang mereka jual, baru kemudian kalian bisa melakukan negosiasikan masalah harga. Semoga bermanfaat dan tidak menjadi korban penipuan nantinya :). Jadilah pembeli yang pintar.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu