-->

Fungsi Dari Bak Oli / Oil Pan Pada Mobil

Fungѕі kоmроnеn mеѕіn mоbіl - bak oli atau oil pan adalah salah satu bagian dari mesin mobil yang memiliki fungsi sangat penting sekali dalam sistem pelumasan mesin. Bak oli atau oil pan ini sering disebut juga dengan istilah kalter bagi sebagian orang, dan oil pan ini biasanya terpasang dibagian bawah mobil tepatnya pada bagian bawah blog mesin.

Mungkin bagi kalian yang sering melakukan penggantian oli mobil sendiri sudah tidak asing dengan bak oli ini, karena posisi sumbat atau baut penguras oli berada pada bagian ini.

 bak oli atau oil pan adalah salah satu bagian dari mesin mobil yang memiliki fungsi sanga Fungsi Dari Bak Oli / Oil Pan Pada Mobil

Bentuk oil pan ini mirip sekali dengan bak penampungan dimana memang sesuai dengan namanya " oil pan " yang memiliki fungsi utama adalah sebagai alat penampungan sementara oli yang telah digunakan untuk melumasi berbagai komponen mesin diatasnya seperti seluruh isi dari head cylynder, gear gear, piston serta crankshaf, yang nantinya oli dari bak penampung ini akan dihisap kembali keatas dengan menggunakan pompa oli ( oil pump ) menuju ke lubang dan selang pelumasan mesin, proses ini akan terjadi secara terus menerus dan berulang ulang seterusnya. Untuk melihat bagaimana bentuk dari oil pan silahkan lihat gambar dibawah ini.


Bеntuk оіl раn mоbіl

Oil pan atau bak oli ini terbuat dari baja atau aluminium dan dipasang langsung ke blok silinder bagian bawah menggunakan baut dan dilapisi dengan perpak atau seal agar tidak terjadi kebocoran. Didalam sebuah oil pan terdapat plat penyekat yang bertujuan untuk menjaga oli tidak ikut miring ketika mobil dalam posisi miring, sehingga pompa oli akan tetap bisa memompa oli naik keatas dan melunasi seluruh komponen mesin.

Pada bagian bawahnya entah itu tepat dibagian bawah atau samping terdapat baut penguras oli yang berfungsi untuk mengeluarkan oli lama dari dalam oil pan, dan menggantinya dengan menggunakan oli baru yang dimasukkan kedalam ruang mesin melalui lubang pengisian oli yang biasanya terdapat dibagian atas dari sebuah mesin.

Kеnара kаltеr bаk оlі ѕеrіng bосоr ?

Biasanya kalter oli yang sering mengalami kebocoran walaupun sudah dilakukan perbaikan dengan jalan mengganti seal / gasket dan menambahkan lem perekat khusus adalah karena adanya bagian tepian dari oil pan ini yang melengkung / bengkok sehingga menyebabkan oil pan tidak lagi presisi ketika dipasang. Bengkoknya bagian bibir oil pan ini lebih banyak diakibatkan karena oil pan terantuk batu dijalanan ketika melewati jalanan yang tidak bagus.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan bila mengalami kasus yang seperti ini ? langkah terbaik adalah dengan melakukan pengecekan lebih lanjut mengenai kerataan bibir oil pan dan juga bibir blok silinder. Jika ditemukan bibir blok yang kurang rata anda bisa membubut / mengamplasnya, namun bila memang benar bagian tepian oil pan yang bengkok atau melengkung sebaiknya dilakukan penggantian dengan oil pan yang baru.

Baca juga : Cаrі tаhu ѕеbеrара kuаt dауа аngkut bаn mоbіl dеngаn mеlіhаt Lоаd Indеx Bаn

Nah bagaimana apakah pengetahuan anda sudah bertambah dengan membaca artikel diatas ? semoga tulisan singkat diatas bermanfaat bagi pembaca khususnya yang masih pemula dalam mengenal dunia otomotif.


LihatTutupKomentar