Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Saringan Oli Atau Oil Filter Pada Mesin Mobil

Fungѕі fіltеr оlі раdа kеndаrааn - mungkin komponen penyaring oli atau yang lebih dikenal dengan sebutan oil filter / saringan oli ini sudah tidak asing lagi bagi anda pemilik kendaraan baik roda dua maupun roda empat, sebab komponen yang satu ini sangatlah penting guna merawat dan memelihara mesin mobil agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Namun demikian masih saja banyak yang menyepelekan hal ini, terkadang entah mereka iseng atau terlalu meremehkan dan memilih untuk tidak mengganti saringan oli mesin sesuai dengan jadwal yang seharusnya, padahal mereka tahu harga saringan oli ini sangat murah ketimbang harga oli mesin sendiri, harga dari saringan oli original berkisar antara 40 ribu hingga 150 ribu tergantung kendaraan yang kalian miliki.

 mungkin komponen penyaring oli atau yang lebih dikenal dengan sebutan oil filter  Fungsi Saringan Oli Atau Oil Filter Pada Mesin Mobil

Fungѕі utаmа ѕаrіngаn оlі mеѕіn

Saringan ini memiliki kedudukan yang sangat vital dalam hal perawatan mesin agar tidak mudah rusak, sebab fungsi dari saringan oli ini sesuai namanya yakni menyaring oli mesin dari segala kotoran seperti gram besi yang nantinya akan didistribusikan keseluruh bagian mesin sebagai pelumasan.

Baca juga : Fungѕі реndіngіn оlі аtаu оіl сооlеr раdа mеѕіn

Jіkа ѕаrіngаn оlі tіdаk dіgаntі ѕеѕuаі jаdwаl уаng dіtеtарkаn

Biasanya setiap jenis kendaraan memiliki jadwal penggantian part fast moving seperti saringan oli ini tiap per 10.000km sekali. Terkadang ada saja yang menawar untuk melakukan penggantian saringan oli ini dilain waktu alias menunggu servis berikutnya. Tidak melakukan penggantian sebagaimana yang telah diwajibkan sesuai dengan petunjuk buku servis kendaraan bisa berdampak buruk bagi mesin mobil kalian. Mesin mobil bisa cacat atau rusak akibat kotoran yang terbawa oleh oli ikut naik dan masuk kedalam celah celah kecil yang ada dimesin.

 mungkin komponen penyaring oli atau yang lebih dikenal dengan sebutan oil filter  Fungsi Saringan Oli Atau Oil Filter Pada Mesin Mobil
Pіѕtоn mоbіl ruѕаk аkіbаt tеlаt gаntі ѕаrіngаn оlі


Baca juga : Inі аkіbаt bіlа аndа tіdаk mеnggаntі ѕаrіngаn оlі mеѕіn mоbіl

Kerusakan yang paling sering terjadi jika anda sampai mengabaikan penggantian saringan oli tepat waktu selain kerusakan pada piston seperti gambar diatas, juga bisa membuat kerusakan pada komponen lain seperti ausnya metal jalan dan metal duduk, ausnya as atau poros camshaf dan crankshaf dan juga tersumbatnya beberapa saluran atau lubang oli yang memiliki ukuran kecil.

 mungkin komponen penyaring oli atau yang lebih dikenal dengan sebutan oil filter  Fungsi Saringan Oli Atau Oil Filter Pada Mesin Mobil
Bеrbаgаі kеruѕаkаn аkіbаt tеlаt gаntі ѕаrіngаn оlі


Agar mesin mobil kalian menjadi awet maka sebaiknya anda lakukan penggantian saringan oli ini tepat waktu, bahkan lebih cepat lebih baik lagi. Mungkin sampai disini informasi seputar perawatan mesin mobil khususnya untuk penggantian saringan oli ini. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Post a Comment for "Fungsi Saringan Oli Atau Oil Filter Pada Mesin Mobil"