Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

Fungѕі ѕеnѕоr MAF mаѕѕ аіr flоw - mungkin bagi pemilik kendaraan type EFI pernah mendengar istilah MAF, mesin mbrebet mungkin MAF nya perlu dibersihkan, apa itu MAF sensor, atau bagaimana cara merawat sensor MAF pada mobil EFI agar performa mesin optimal. Nah lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan sensor MAF ini ?

Nah mengingat banyaknya pengguna awam yang tidak mengetahui apa itu sensor MAF, fungsi sensor MAF pada mesin mobil, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan secara singkat mengenai apa itu sensor MAF beserta fungsi utama sensor Mass Air Flow ( MAF ) ini.

 mungkin bagi pemilik kendaraan type EFI pernah mendengar istilah MAF Fungsi Sensor MAF MAss Air Flow Mobil

Pеngеrtіаn dаn fungѕі ѕеnѕоr MAF

Sensor Mass Air Flow ini ialah sebuah sensor yang dipasang pada saluran yang menuju kedalam ruang bakar, biasanya dipasang dekat dengan ruang saringan udara, sensor ini berfungsi untuk menganalisa seberapa besar udara yang masuk kedalam ruang kabar mesin sehingga nantinya ECU atau ECM mobil dapat melakukan analisa dan menakar seberapa banyak bahan bakar yang akan dicampurkan sehingga memperoleh pembakaran yang sempurna dan juga menghemat pemakaian bahan bakar.

Baca juga : Mоbіl аndа mbrеbеt ? Mungkіn MAF реrlu dіbеrѕіhkаn

Cаrа kеrjа MAF ѕеnѕоr ( Mаѕѕ Aіr Flоw )

Untuk cara kerja sensor ini sebenarnya sangat sederhana, yakni dengan memanfaatkan elemen dioda pemanas yang terpasang diujung sensor MAF, yang tertancap di saluran udara menuju intake / throttle body. Elemen pemanas ini nantinya disandingkan dengan elemen pengukur suhu panas yang nantinya elemen pengukur suhu ini akan melakukan pengukuran seberapa panas suhu yang ada disekitarnya dan menjaganya agar tetap konstan.

Proses alur kerja dari sensor MAF ini ialah dengan memanaskan elemen pemanas menggunakan aliran listrik, disaat mesin mobil dalam keadaan idle, maka aliran udara yang melewati sensor ini jumlahnya sedikit sehingga untuk menjaga suhu tetap konstan maka dibutuhkan sedikit sekali arus yang masuk kedalam elemen pemanas. Begitu kita menginjak pedal gas, maka otomatis katub throttle body akan terbuka lebar yang membuat sehingga banyak urada yang akan melewati sensor MAF ini.

Dengan banyaknya udara yang lewat, tentu akan membuat elemen pemanas ini menjadi lebih dingin, dan agar elemen pemanas ini tetap pada suhu panasnya maka dibutuhkan lebih banyak arus listrik yang masuk kedalam elemen dimana jumlah arus listrik yang masuk kedalam MAF berbanding lurus dengan banyaknya jumlah udara yang melewatinya.

Selanjutnya sebuah chip khusus yang ditempatkan didalam sensor aliran udara ini memiliki fungsi untuk melakukan konversi volume udara yang mengalir dan dijadikan sinyal khusus yang selanjutnya akan dikirimkan ke ECU mobil. Dan ECU atau ECM mobil akan memakai informasi sinyal ini guna menakar seberapa banyak bahan bakar yang nantinya akan di injeksikan kedalam ruang bakar sehingga rasio antara bahan bakar dan juga udara tetap ideal / proporsional.

Dengan idealnya rasio bahan bakar dan juga udara yang dibakar membuat pembakaran lebih sempurna, hasilnya adalah emisi dari gas buang menjadi lebih rendah, performa mesin menjadi maksimal dan juga bahan bakar menjadi lebih hemat.

Di beberapa mobil matic biasanya sensor MAF ini juga memiliki fungsi lain yakni untuk menentukan posisi perpindahan gigi otomatis, dan jika MAF sensor mengalami kegagalan kinerja bisa menyebabkan pengoperan tuas gigi otomatis mobil matic tidak bisa berjalan dengan semestinya.

. Hal ini diperlukan untuk menjaga emisi gas buang yang rendah tanpa mengorbankan power atau perfoma mesin. Pada mobil transmisi otomatis, sinyal MAF sensor juga digunakan untuk menentukan perpindahan gigi. Ketika MAF sensor tidak bekerja dengan baik, perpindahan gigi tidak akan berjalan dengan normal.

Baca juga : Cаrа раѕаng аkі lаngѕung kе mоbіl tаnра dі саѕ dulu

Oleh karena fungsinya yang sangat penting ini anda pun perlu merawat sensor sensor yang ada pada mobil ini dengan baik. Caranya cukup lakukan pembersihan secara berkala, jika anda tidak mengetahui cara membersihkannya biasanya dalam paket perawatan berkala, item pembersihan MAF sudah ada didalam paket tersebut, atau bila ternyata tidak ada anda bisa meminta Service Advisor untuk melakukan pengecekan.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu