Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Tuas Coke Pada Sepeda Motor

Fungѕі tuаѕ соkе раdа ѕереdа mоtоr - mungkin anda yang pernah memiliki sepeda motor yang masih belum menggunakan teknologi injeksi, alias masih menggunakan sistem karburator, pasti pernah melihat adanya tuas yang bertuliskan "coke" yang biasanya terletak pada bagian setir sebelah kiri bukan ? Lalu sebenarnya apa sih fungsi manfaat dan cara kerja dari tuas coke tersebut ?

Nah pada pertemuan kali ini kami akan menjelaskan mengenai apa itu kegunaan tuas coke dan manfaatnya bagi kendaraan bermotor khususnya roda dua.

Fungѕі tuаѕ соkе dі ѕереdа mоtоr

Fungsi utama dari tuas coke ini ialah untuk memberikan suplay bahan bakar lebih banyak pada mesin sepeda motor yang masih menggunakan karburator dengan cara menutup saluran udara. Dengan demikian bensin atau bahan bakar akan lebih banyak masuk kedalam ruang bakar untuk selanjutnya dilakukan proses pembakaran.

 mungkin anda yang pernah memiliki sepeda motor yang masih belum menggunakan teknologi inj Fungsi Tuas Coke Pada Sepeda Motor

Cаrа kеrjа tuаѕ соkе dі mоtоr kаrburаtоr

Penggunaan tuas coke ini sebenarnya cukup dilakukan saat motor karburator anda sering mengalami susah hidup ketika di starter. Hal ini biasa disebabkan habisnya stok bahan bakar yang ada didalam karburator yang mungkin dikarenkan setelan pelampung yang rendah. Dengan menutup saluran urada yang menuju kedalam karburator, maka daya hisap piston akan mampu menghisap lebih banyak bahan bakar sehingga proses pembakaran bisa dipercepat.

Dan ketika mesin motor sudah berhasil menyala maka kita perlu menonaktifkan tuas coke kembali agar campuran antara bahan bakar dan oksigen didalam karburator menjadi normal kembali.

Bila kalian tidak segera menonaktifkan tuas coke sesaat mesin menyala, bisa menyebabkan ruang bakar menjadi terlalu banyak terisi oleh bensin sehingga bisa membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna dan hasilnya adalah munculnya kerak atau jelaga didalam ruang mesin. Jika dibiarkan tentu hal ini akan merusak komponen seperti ring piston, piston dan terutama busi.

Nah bagaimana apakah kalian sudah tahu fungsi dan bagaimana cara kerja dari tuas coke yang biasa kalian temui di kendaraan bermesin karburator ini ?. Semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Fungsi Tuas Coke Pada Sepeda Motor"