Ilmu Otomotif Fungsi Spoiler Yang Ada Pada Mobil

Fungѕі ѕроіlеr mоbіl - banyak sekali pemilik mobil yang bahkan bisa dibilang jago dalam mengendalikan laju kendaraan pribadinya ini belum begitu nggeh tentang komponen yang ada pada sebuah mobil, walaupun ada yang tahu mungkin hanya beberapa orang saja yang memang sebelumnya telah menguasai teknik otomotif. httрѕ://аutоmоtіvеxіѕt.blоgѕроt.соm/

Termasuk salah satunya adalah komponen yang bentuknya seperti sirip pada bagian belakang atas mobil, kebanyakan orang menganggap bahwa aksesoris berbentuk sirip tersebut hanya berfungsi sebagai pemanis tampilan saja, padahal dibalik itu ada fungsi yang paling utama yang ada pada sebuah spoiler mobil.

 banyak sekali pemilik mobil yang bahkan bisa dibilang jago dalam mengendalikan laju kenda Ilmu Otomotif Fungsi Spoiler Yang Ada Pada Mobil

1. Fungѕі utаmа ѕроіlеr

Spoiler berfungsi untuk meningkatkan handling / pengendalian pada sebuah mobil, dengan adanya spoiler ini, angin yang berasal dari depan akan terus melaju kebelakang, kemudian setelah angin tersebut mengenai spoiler maka akan memberikan gaya tekanan kebawah yang dikenal dengan istilah downforce yang dimaksudkan guna memperkecil gaya angkat pada body belakang mobil akibat melaju pada kecepatan tinggi, dan pada akhirnya tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat diserap langsung oleh penggerak.

Baca juga : Bаn mоbіl bосоr ѕаmріng ? Wаѕраdа lаngѕung gаntі bаru ѕаjа

2. Jеnіѕ jеnіѕ ѕроіlеr mоbіl

Spoiler didunia otomotif terbagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah jenis permanen dimana spoiler ini bentuk dan posisinya tetap, dan yang kedua adalah spoiler otomatis yang didalamnya terdapat sebuah dinamo penggerak serta sensor khusus yang bisa mengubah tinggi rendahnya spoiler disesuaikan dengan tingginya laju kendaraan, semakin kenang laju kendaraan biasanya spoiler akan semakin naik posisinya, begitu sebaliknya. Spoiler otomatis ini biasanya banyak terpasang di mobil balap / mobil yang dimodifikasi untuk ajang balapan underground.

3. Pіlіhаn ѕроіlеr mоbіl

Untuk spoiler sendiri ada yang asli buatan pabrik yang telah disesuaikan dengan produk mobil mereka, ada juga yang spoiler bukan original alias aftermarket yang biasanya penggunaannya plug and play saja. Untuk pilihan terbaik sebaiknya menggunakan spoiler original karena sudah tentu spoiler tersebut didesain khusus untuk jenis mobil tertentu yang mana sudah dilakukan tes dan riset sebelumnya. Namun bila anda ingin mencoba membeli produk aftermarket juga tidak ada yang melarang selama anda merasa puas.

Khusus untuk produk aftermarket anda juga harus mengetahui beberapa hal seperti berat spoiler ataupun model posisi siripnya, karena produk aftermarket ini difungsikan untuk umum maka tingkat kemampuan downforce tidak selaras, bisa terlalu ataupun kurang. Begitupun dengan berat komponennya, jika terlalu berat sudah pasti bisa membuat bahan bakar anda sedikit lebih boros.

Khusus untuk mobil balap seperti rally ataupun Formula 1, komponen ini sering disebut juga sebagai "wing", bedanya adalah ukurannya jauh lebih besar dan juga lebar.

Baca juga : Vіdео ѕераѕаng kеkаѕіh mеlаkukаn аtrаkѕі whееlіе dаn kесеlаkааn

Nah bagaimana apakah anda sudah mengetahui dengan jelas fungsi dari spoiler mobil yang terpasang dimobil kalian ? Ternyata selain sebagai penunjang penampilan juga berfungsi untuk meningkatkan performa kendaraan. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu