Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan Turbo Intercooler Dibanding Turbo Biasa

Kеlеbіhаn mеѕіn turbо іntеrсооlеr - didunia otomotif kita tentu sudah mengenal apa itu mesin biasa dan mesin yang menggunakan turbo. Mesin yang mengaplikasikan teknologi turbo ini yang umum kita jumpai di kehidupan sehari hari adalah kendaraan bermesin diesel, walaupun ada mobil bermesin bensin menggunakan teknologi ini.

Fungsi dari mesin turbo yang dipasangkan pada sebuah mesin mobil ( diesel ) ini gunanya adalah untuk mensuplay kebutuhan udara sebagai bagian penting dari proses pembakaran didalam ruang mesin secara sempurna dan menghasilkan tenaga yang lebih besar. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai fungsi dan cara kerja turbo guna mempersingkat artikel kali ini silahkan dibaca kembali tulisan yang pernah kami rilis melalui link dibawah ini :





 didunia otomotif kita tentu sudah mengenal apa itu mesin biasa dan mesin yang menggunakan Kelebihan Turbo Intercooler Dibanding Turbo Biasa
соntоh bеntuk іntеrсооlеr раdа mеѕіn turbосhаrgеr wіth іntеrсооlеr


Untuk jenisnya sendiri mesin turbo masih dibagi kembali menjadi dua golongan, yang pertama adalah mesin turbo biasa dan yang kedua adalah mesin turbo ( turbocharger ) yang dilengkapi dengan intercooler ( turbo with intercooler ). Lalu apa sih perbedaan dari kedua model mesin turbo ini ?

Kеlеbіhаn turbосhаrgеr wіth іntеrсооlеr

Kelebihan dari mesin turbo yang telah dilengkapi oleh intercooler atau pendingin udara ini ialah tenaga yang dihasilkan oleh mesin mobil dengan turbocharger intercooler ini lebih tinggi daripada mobil bermesin turbo biasa, dengan perbandingan penggunaan bahan bakar yang sama.

Alаѕаn tеnаgа mеѕіn turbо іntеrсооlеr lеbіh bеѕаr dаrі mеѕіn turbо bіаѕа

Alasan yang membuat kenapa tenaga yang dihasilkan oleh mesin turbo yang dilengkapi dengan intercooler ini adalah terletak pada kondisi udara yang masuk kedalam intake manipol lebih dingin karena sebelum udara tersebut memasuki intake manipol, terlebih dahulu didinginkan melalui intercooler yang bentuknya mirip dengan radiator itu. Karena udara yang simasukkan lebih dingin, maka kompresi yang dihasilkan jauh lebih tinggi, sehingga saat proses pembakaran terjadi, ledakan yang dihasilkan lebih besar. Ledakan yang besar inilah yang membuat torsi mesin juga akan ikut naik.

Hal ini akan berbeda hasilnya dengan mesin turbo biasa, dimana udara yang akan dimasukkan kedalam intake manipol tidak didinginkan terlebih dahulu, sehingga saat udara panas tersebut dikompresi lagi oleh mesin molekulnya akan menyusut, ledakan bahan bakar didalam mesin menjadi kurang maksimal sehingga mobil dengan turbo biasa ini terkesan tenaganya gembos, kurang nyut.

Baca juga : Mеngеnаl EGR раdа mеѕіn dіеѕеl dаn mаnfааtnуа

Nah dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa mobil yang menggunakan turbo intercooler tenaga yang dihasilkan jauh lebih besar dengan takaran bahan bakar yang sama dengan mesin turbo biasa, yang artinya bisa dikatakan mesin turbo intercooler ini selain dapat lebih menambah tenaga mesin, juga bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih irit.



Post a Comment for "Kelebihan Turbo Intercooler Dibanding Turbo Biasa"