Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali Gasket Sumbat Oli Yang Baik Agar Drat Tidak Rusak

Gаѕkеt ѕumbаt оlі уаng bаguѕ - gasket sumbat oli atau oil plug gasket adalah sebuah ring yang berfungsi untuk merapatkan baut sumbat oli agar tidak terjadi kebocoran oli berupa rembesan. Gasket sumbat oli ini dibuat dari berbagai macam bahan sehingga ada jenis gasket sumbat oli yang bagus digunakan dan ada yang tidak.

Penggunaan gasket sumbat oli yang kurang bagus bisa menyebabkan drat atau ulir baut menjadi jebol sehingga ketika baut penyumbat dikencangkan akan terjadi loss, tidak mau rapat sehingga keadaan ini sangat mengkhawatirkan. Jika sampai baut penyumbat ini terlepas dan oli keluar habis dijalan bisa menyebabkan mesin mobil menjadi rusak, terkancing atau macet akibat poros engkol overheat, beberapa kasus bahkan saking parahnya, blok mesin sampai jebol akibat terhantap lengan ayun piston. Maka dari itu sebaiknya anda perlu berhati hati dalam memilih ring gasket oli ini.

 gasket sumbat oli atau oil plug gasket adalah sebuah ring yang berfungsi untuk merapatkan Kenali Gasket Sumbat Oli Yang Baik Agar Drat Tidak Rusak
gаѕkеt ѕumbаt оlі mеѕіn gаrdаn dаn trаnѕmіѕі gеnuіnе tоуоtа


Baca juga : Bаhауа tеrlаlu ѕеrіng gаntі mеrk оlі mеѕіn

Bila anda menservis kendaraan di bengkel resmi, biasanya pada bengkel bengkel resmi telah menyediakan ring sumbat oli berkualitas, berbahan aluminium dan biasanya terdiri dari 3 lapisan. Namun jika kalian ternyata lebih senang untuk servis dan ganti oli di bengkel umum, maka sebaiknya anda menstok sendiri gasket drain plug yang berkualitas, dan ketika melakukan penggantian di bengkel umum anda bisa menyampaikan untuk menggunakan gasket sumbat oli dari anda.

Cіrі gаѕkеt ѕumbаt оlі уаng bаguѕ dаn tіdаk mеruѕаk ulіr


Salah satu ciri dari gasket yang bagus adalah memiliki bentuk yang mengembung yang didalamnya terdapat rongga yang fungsinya adalah sebagai pengencang. Hal ini bertujuan ketika baut dikencangkan, maka gasket ini akan ter press, bukannya ulir baut yang tertarik keluar dan doll. Dan cara pengencangannya pun cukup diputar sampai gasket ini memipih dan baut terasa keras. Selain pengaman yang berupa rongga, ada beberapa jenis drain plug yang terdapat seal karet yang fungsinya sama yakni sebagai pengencang dan juga mencegah oli merembes keluar.

 gasket sumbat oli atau oil plug gasket adalah sebuah ring yang berfungsi untuk merapatkan Kenali Gasket Sumbat Oli Yang Baik Agar Drat Tidak Rusak
gаѕkеt ѕumbаt оlі уаng bаguѕ untuk dіраkаі dаn tіdаk mеruѕаk ulіr bаut аtаuрun lubаng bаut


Atau jika anda tidak menemukan gasket dengan spesifikasi diatas, ada jenis gasket lain yang juga berkualitas bagus yakni gasket ini memiliki 3 lapisan, lapisan terluarnya biasanya terbuat dari plat lunak seperti aluminium, dan pada lapisan tengahnya terdapat campuran material berbahan lunak seperti campuran asbes atau sejenisnya yang ketika baut sumbat oli ini dikencangkan, maka ulir tidak tertarik keluar, melainkan bagian lunak yang ada pada gasket ini yang ter press. Ada juga gasket sumbat oli yang terbuat dari bahan plastik kuat yang tentu saja tidak akan merusak ulir jika dipakai, namun tidak banyak toko onderdil mobil yang menjual gasket jenis ini.

Memang hal seperti ini sangat terlihat remeh, namun efeknya bisa fatal jika anda mengalami oli bocor dijalan yang dikarenakan baut sumbat oli terlepas akibat ulir baut sudah dol karena sebelumnya memakai ring gasket yang kurang bagus, biasanya berbahan copper atau metal ring seperti dibawah ini yang tidak dilengkapi dengan washer.

 gasket sumbat oli atau oil plug gasket adalah sebuah ring yang berfungsi untuk merapatkan Kenali Gasket Sumbat Oli Yang Baik Agar Drat Tidak Rusak

Memang harga yang ditawarkan untuk gsket berkualitas diatas jauh lebih mahal bila dibandingkan gasket sumbat oli yang biasa, jika yang bisa dijual seharga 1000 atau 2000 rupiah per bijinya, maka untuk yang berkualitas dijual dengan harga 5000 sampai 10.000 an. Jangan sampai anda terlalu perhitungan dan melakukan kesalahan yang menyebabkan kerusakan pada mobil kesayangan. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Bеrіkut аlаѕаn hаrgа оlі оrіgіnаl dі bеngkеl rеѕmі lеbіh mаhаl


Post a Comment for "Kenali Gasket Sumbat Oli Yang Baik Agar Drat Tidak Rusak"