Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerugian Bahaya Melepas Thermostat Mobil

Kеrugіаn mеlераѕ thеrmоѕtаt mоbіl - setiap komponen yang ada pada sebuah kendaraan tentu dibuat untuk tujuan tertentu yang mana dapat bermanfaat untuk mobil itu sendiri, seperti salah satunya adalah komponen thermostat yang di kalangan banyak orang bahkan di forum otomotif ada yang berpendapat bahwa melepas thermostat ini bagus karena membuat mesin mobil menjadi tetap dingin.

Tapi tunggu dulu, pendapat seperti itu memang banyak beredar dimasyarakat dan banyak juga yang melakukan hal itu yakni melepas thermostat sehingga mesin mobil ini tidak memiliki thermostat yang berfungsi untuk mengatur sirkulasi air pendingin mesin. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan mengenai kerugian yang akan anda dapatkan dari melepas thermostat ini dari mesin mobil. Kami tidak akan mengulas keuntungannya karena memang bisa dipastikan bahwa melepas thermostats ini tidak ada untungnya sama sekali.

 setiap komponen yang ada pada sebuah kendaraan tentu dibuat untuk tujuan tertentu yang ma Kerugian Bahaya Melepas Thermostat Mobil
Gаmbаr ѕеbuаh thеrmоѕtаt mоbіl Nіѕѕаn Grаnd Lіvіnа


Bаhауа kеrugіаn mеlераѕ thеrmоѕtаt dаrі mеѕіn mоbіl


1. Mеѕіn bеrgеtаr kеtіkа kаrеnа ѕuhu kеrjа tіdаk tеrсараі dі аwаl

Keberadaan thermostat ini sangat fital mengingat thermostat ini hampir mirip dengan keran otomatis yang akan membuka dan menutup sesuai dengan suhu air radiator. Katub thermostat ini pada saat mesin masih dingin akan berada pada posisi tertutup, dengan begitu mesin mobil menjadi cepat mencapai suhu kerja sehingga mesin mobil putaran mesin mobil menjadi stabil, idle atau orang awam menyebutnya dengan istilah langsam. Tanpa adanya thermostat ini, maka ketika mesin pertama kali dihidupkan akan sulit mencapai titik suhu kerja sehingga mesin tidak kunjung langsam, imbasnya adalah mesin mobil akan bergetar hebat di awal perjalanan, sehingga hal ini juga akan menyebabkan borosnya konsumsi bahan bakar mobil.

2. Mеѕіn оvеrhеаt kеtіkа dіраkаі реrjаlаnаn jаuh / tеrjеbаk mасеt

Ketika anda memutuskan untuk melepas thermostat dari dalam mesin, maka ketika di awal awal mobil dihidupkan akan susah mencapai suhu kerja dan membuat mesin mobil menjadi bergetar, rpm nya tidak stabil alias langsam.

 setiap komponen yang ada pada sebuah kendaraan tentu dibuat untuk tujuan tertentu yang ma Kerugian Bahaya Melepas Thermostat Mobil
іluѕtrаѕі thеrmоѕtаt dіlераѕ, ѕеluruh аіr mеnjаdі раnаѕ dаn mеnуеbаbkаn оvеrhеаt

Dan ketika mobil dipakai menempuh perjalanan jauh terlebih jika sering terjebak macet, disaat itu pula seluruh air yang ada dialam ruang pendingin dan juga didalam radiator menjadi panas semua, dan setelah semua air pendingin ini dalam keadaan panas, maka otomatis membuat bagian terlemah yang ada pada sistem pendinginan akan meledak, dalam hal ini adalah selang atau tabung radiator.

Dari gambar mesin mobil tanpa thermostat diatas, anda bisa melihat dua warna berbeda yakni warna merah yang menandakan suhu air panas, dan warna biru yang menandakan suhu air dingin. Ketika anda melepas thermostat dari mesin mobil, maka ketika mobil digunakan perjalanan jauh dan terjebak macet, anda bisa mendapati semua warna diatas menjadi merah yang menandakan bahwa seluruh fluida pendinginan menjadi panas sehingga menyebabkan overheating. lihat gambar jelasnya dibawah ini.

Hal ini akan jauh berbeda keadaanya jika thermostat terpasang didalam mobil dengan semestinya, nanti anda akan mendapatkan dua buah air pendingin yang dalam keadaan berbeda, yang ada didalam mesin bersuhu panas, sedangkan yang ada didalam kisi kisi radiator bersuhu dingin. Dengan adanya thermostat ini maka mesin mobil akan mampu mengatur dan mensirkulasikan antar kedua cairan ini, yang sudah panas dikeluarkan ke kisi kisi radiator untuk didinginkan, sedangkan yang dingin dari dalam kisi kisi radiator dimasukkan kembali kedalam mesin mobil untuk selanjutnya digunakan melakukan pendinginan, sirkulasi seperti ini akan terjadi secara terus menerus. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

 setiap komponen yang ada pada sebuah kendaraan tentu dibuat untuk tujuan tertentu yang ma Kerugian Bahaya Melepas Thermostat Mobil
іluѕtrаѕі ѕіrkulаѕі ѕіѕtеm реndіngіn mеѕіn mоbіl

Thermostat juga buatan manusia yang memiliki masa pakai alias bisa saja rusak dengan berbagai faktor penyebabnya, kerusakan thermostat ini seperti macetnya thermostat juga bisa menyebabkan mesin mobil menjadi overheat. Maka dari itu sebaiknya anda menjaga dan merawat thermostat mesin mobil dengan baik.


Baca juga : Cаrа kеrjа thеrmоѕtаt dаn fungѕі реntіng dаrі thеrmоѕtаt

Nah semoga dengan membaca tulisan kami diatas anda menjadi lebih tahu akan fungsi sebenarnya dari yang namanya thermostat ini, dan saya harap anda yang saat ini masih bingung dengan simpang siur mengenai keuntungan melepas thermostat menjadi paham setelah membaca penjelasan diatas. Jadi apakah anda masih ingin mеlераѕ thеrmоѕtаt mеѕіn mоbіl ?

Baca juga : 4 Hаl уаng bіѕа bіkіn thеrmоѕtаt mеѕіn mоbіl аwеt



Post a Comment for "Kerugian Bahaya Melepas Thermostat Mobil"