Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Aki Mobil

Pеnуеbаb kеruѕаkаn раdа аkі mоbіl - salah satu bagian penting yang ada pada kendaraan bermotor ialah Aki atau accumulator, dimana komponen atau part ini berfungsi sebagai penyimpan tenaga listrik yang sangat berguna nantinya untuk menyalakan mesin mobil. Dan karena keberadaan aki mobil ini sangatlah penting, oleh sebab itu kitapun harus pandai dalam melakukan perawatan pada aki mobil.

Cara perawatan aki mobil ini tergolong mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa bantuan orang lain sekalipun yang meliputi, pengisian air Zuur atau air tambah, pengecekan tegangan aki secara berkala, membersihkan jamur dan kerak yang mungkin saja menempel pada kutub aki, dan yang lebih penting adalah jangan terlalu membebani kinerja aki mobil dengan penambahan perangkat yang bisa merusak aki seperti memasang perangkat audio atau menggunakan klakson model keong yang bisa dengan mudah menghisap banyak tenaga dari aki dan membuatnya menjadi cepat rusak.

 salah satu bagian penting yang ada pada kendaraan bermotor ialah Aki atau accumulator Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Aki Mobil

Jika aki mobil sudah rusak alias tekor tentu saja anda sendiri yang akan dirugikan karena setiap kali hendak menyalakan mobil, anda harus melakukan jumper atau mendorong mobil agar mau menyala. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa penyebab aki mobil bisa cepat rusak sehingga anda bisa sedini mungkin menghindari hal hal yang bisa menyebabkan aki mobil kesayangan anda rusak.

Pеnуеbаb аkі mоbіl сераt ruѕаk


Tеrlаlu mеmbеbаnі аkі dеngаn реrаngkаt аudіо

Memang memodifikasi kendaraan dengan menambahkan audio system yang menggelegar sangat keren sekali, terutama modifikasi yang dilakukan terhadap mobil travel yang full audio, namun demikian sebaiknya anda tidak membebani aki mobil dengan hal hal semacam ini agar lebih awet dan tahan lama. Jika anda terpaksa harus memasang audio system pada mobil, sebaiknya gunakan perangkat power amplifier.

Aki mobil yang terlalu mendapat banyak beban akan mudah sekali panas dan cairan elektrolit didalamnya menjadi mudah menguap dan lama kelamaan mengering, jika anda tidak menyadari hal ini dan membiarkan sel sel dari aki basah anda mengering tentu tinggal menunggu waktu untuk kerusakannya.

Undеr сhаrgеr dаn Ovеr сhаrgеr

Penyebab kerusakan pada aki mobil selanjutnya ialah berkaitan dengan pengisian aki, alternator yang mengalami kerusakan baik itu over charger ataupun undercharger bisa membuat umur pakai aki mobil menjadi pendek. Untuk itu anda perlu melakukan pemeriksaan secara berkala mengenai tegangan pengisian dari alternator ke aki, bila alternator tersebut mengalami over charger ataupun sebaliknya sesegera mungkin dilakukan perbaikan.

Kеlаlаіаn реnggunа

Terkadang pemilik kendaraan melakukan beberapa kelalaian seperti lupa mematikan lampi kota saat kendaraan terparkir, atau sering menyetel musik / system audio disaat mesin mobil mati sehingga lama kelamaan energi yang tersimpan didalam aki akan terkuran habis. Dengan begitu otomatis aki akan sering mengalami drop, dan keadaan yang seperti ini jika berlangsung secara sering dan terus menerus akan membuat aki mobil menjadi cepat rusak.

Oleh karenanya pastikan anda mematikan semua lampu lampu mobil atau perangkat elektronik lainnya ketika hendak memarkirkan kendaraan, sebab beberapa kendaraan ada yang lampu kotanya masih bisa menyala walaupun kunci kontak dicabut dari rumah kunci.

Untuk tulisan lain yang berkaitan dengan aki, silahkan baca tautan dibawah ini :


Nah mungkin sampai disini tulisan mengenai penyebab aki mobil sering mengalami kerusakan, semoga tulisan diatas bisa memberikan manfaat terutama bagi kalian yang masih belum begitu paham mengenai perawatan aki kendaraan.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu