Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ketahui Berapa Umur Busi Mobil Yang Normal

Umur buѕі mоbіl ѕtаndаr - keberadaan busi didalam sebuah mesin berbahan bakar bensin memang sangat vital sekali mengingat komponen inilah yang nantinya berfungsi sebagai penaik tegangan dari baterai aki diubah menjadi tegangan tinggi yang kemudian menghasilkan percikan bunga api. Dengan adanya bunga api yang memercik inilah proses pembakaran dimulai.

Dan busi mobil pun juga perlu dilakukan perawatan agar masa pakainya menjadi lebih awet sehingga anda terhindar dari masalah mesin mobil pincang karena ada salah satu busi mobil yang mengalami kerusakan atau yang sering disebut dengan istilah busi mati. Matinya salah satu busi pada mesin mobil mengakibatkan pada ruang bakar yang terdapat busi mati tadi tidak terjadi pembakaran dan akhirnya putaran mesin menjadi tidak stabil, selaras alias pincang.

 keberadaan busi didalam sebuah mesin berbahan bakar bensin memang sangat vital sekali men Ketahui Berapa Umur Busi Mobil Yang Normal

Lаlu ѕеbеrара lаmа ѕіh umur buѕі mоbіl bіѕа bеrtаhаn ?

Untuk masalah umur atau usia busi mobil sebenarnya jika anda rajin melakukan perawatan seperti rutin melakukan penyetelan celah atau gap busi, menggunakan bahan bakar berkualitas bagus tentu usia pakainya bisa bertahan lama, pernah penulis sewaktu menjadi teknisi di bengkel resmi Toyota mendapati busi mobil Kijang Innova belum pernah diganti dengan yang baru, yang artinya busi dari pertama membeli tetap dipakai sampai indikator spidometer menunjukkan jarak tempuh mobil sudah mencapai 60.000km. Jadi intinya selama anda rutin melakukan perawatan maka bisa dipastikan busi tersebut bisa hidup dan bertahan lama.

Aраkаh bаguѕ jіkа tіdаk mеnggаtі buѕі tераt раdа wаktunуа ?

Sesuai dengan saran dari dealer resmi bahwa untuk busi mobil standard / original dealer ini disarankan dilakukan pengecekan pada kilometer 10.000 dan 20.000 untuk dilakukan penyetelan dan setelah mencapai kilometer 40.000 maka busi mobil sebaiknya diganti dengan yang baru. Ingat disarankan berarti lebih baik mengganti dari pada tidak.

Hal ini bukan tanpa alasan mengingat setiap komponen seperti busi meskipun masih dapat dipakai performanya akan menurun seiring jangka waktu penggunaan. Jadi jika sudah waktunya ganti, walaupun busi mobil masih bisa dipakai sebaiknya anda lakukan penggantian saja daripada anda menyesal dikemudian hari jika sewaktu waktu mobil bermasalah.

Dan bagi kalian yang mungkin menggunakan busi iridium jangka waktu pakainya lebih lama lagi, bisa sampai 3 kali lipat dari pemakaian busi standar, jika busi standard di kilometer ke 40.000 dan kelipatannya disarankan diganti, untuk busi iridium bisa mencapai kilometer 100.000 dan kelipatannya baru disarankan mengganti. Karena busi iridium ini memiliki saran waktu pemakaian yang lama, harga yang harus anda tebus untuk memperoleh busi ini juga lumayan mahal dibandingkan busi biasa.

Baca juga : Kеlеbіhаn buѕі іrіdіum dіbаndіng buѕі bіаѕа

Aра аkіbаt jіkа buѕі mоbіl tіdаk dіgаntі ѕеѕuаі jаdwаl ?

Karena tidak melakukan penggantian busi secara teratur dan terjadwal sesuai dengan buku petunjuk penggunaan, maka ada beberapa hal yang mungkin bisa kalian rasakan, yang pertama tarikan mesin kurang, hal ini disebabkan karena pancaran bunga api busi sudah tidak lagi fokus ke satu titik dan membuat proses pembakaran menjadi kurang sempurna. Yang kedua ialah bahan bakar menjadi lebih boros karena masalah pembakaran yang tidak sempurna tadi. Dan yang paling sering adalah busi mobil tiba tiba saja mati sehingga ketika mobil dijalankan akan pincang secara tiba tiba.

Ada beberapa kasus mengenai mobil yang tidak memperhatikan waktu penggantian busi, setelah terjadi pincang dan hendak diganti dengan busi baru, ketika busi lama dilepas keramiknya langsung hancur dan kepala busi putus tertinggal didalam karena ulir businya karatan dan mengeras / menyatu dengan head silinder. Dan untuk mengatasinya pun harus dilakukan pengeboran dan malah menambah lama waktu servis anda.

Baca juga : Cаrа mеrаwаt buѕі ѕuрауа lеbіh аwеt

Nah semoga tulisan diatas bisa bermanfaat buat anda yang mungkin saat ini sedang kepo untuk mencari tahu ѕеbеrара lаmа umur аtаu uѕіа buѕі mоbіl bіѕа bеrtаhаn.


Post a Comment for "Ketahui Berapa Umur Busi Mobil Yang Normal"