Kriteria Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Mоtоr уаng tераt untuk реrjаlаnаn jаuh - sebagian orang di indonesia masih banyak sekali yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan motor roda dua, selain karena kegemaran mereka yang melanglang buana dijalanan alias touring, anda juga bisa melihat pemandangan seperti ini di kala hari raya tiba seperti pada momen lebaran idul adha, idul fitri ataupun hari besar keagamaan lainnya.

Dan dari sebagian mereka yang menempuh perjalanan jauh, masih ada yang menggunakan kendaraan yang memenuhi kriteria yang bisa menunjang perjalanan mereka yang jauh. Nah lalu motor yang bagaimana sih yang bisa dikatakan memiliki kriteria tepat untuk dipakai perjalanan jauh ?. Dibawah ini adalah beberapa kriteria motor yang tepat untuk menempuh perjalanan jauh.

 sebagian orang di indonesia masih banyak sekali yang melakukan perjalanan jauh dengan men Kriteria Motor Yang Tepat Untuk Perjalanan Jauh

Krіtеrіа mоtоr untuk реrjаlаnаn jаuh


1. Kараѕіtаѕ tаngkі уаng bеѕаr

Yang namanya perjalanan jauh sudah tentu pasti membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengarungi jalanan, tentu saja hal ini akan mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan kita, agar motor tidak mogok dijalanan akibat kehabisan bensin, sebaiknya memilik motor yang memiliki kapasitas besar untuk menampung bahan bakar diatas 10 liter.

Nggak lucu kan jika pas melewati tengah hutan yang jauh dari perkampungan tiba tiba motor mogok ?. Sebenarnya ukuran 10 liter diatas bukanlah hal yang mutlak melainkan hanya saran yang terbaik saja menggunakan motor dengan kapasitas tangki diatas 10 liter, karena sekarang Pom bensin sudah tersebar dimana mana, mungkin anda bisa mengabaikan poin yang satu ini.

Baca juga : Bеgіnі реrѕіараn ѕереdа mоtоr ѕеbеlum dіраkе mudіk

2. Rіdіng роѕіtіоn уаng nуаmаn

Pemilihan kendaraan untuk perjalanan selanjutnya adalah dengan melihat riding position dari motor yang akan kalian gunakan. Semakin posisi nya merunduk maka semakin TIDAK bagus motor tersebut dipakai untuk menempuh perjalanan yang jauh, sebab posisi seperti itu akan membuat pinggang, punggung dan kaki terasa pegal dan kesemutan, bahkan pantat anda akan terasa sakit akibat mengendarai motor seperti ini untuk menempuh perjalanan jauh. Begitu pula sebaliknya semakin tegap riding position nya, maka semakin bagus pula sebuah motor dipakai untuk perjalanan jauh.

Beberapa motor sport seperti yamaha vixion atau honda CB150 adalah contoh kendaraan dengan riding position yang tegap. Lalu bagaimana dengan motor skutik ? Untuk motor skutik sendiri lebih condong ke N-MAX atau PCX. Untuk jenis MIO ataupun VARIO sebenarnya masih belum cocok untuk dipakai perjalanan jauh, kecuali memang itu adalah satu satunya motor yang dimiliki dan siap untuk menyandarkan punggung di rest area untuk sekedar menghilangkan pegal di punggung, kaki dan bagian tubuh lainnya. Pengalaman penulis saat jadi boncengers memakai motor skutik mio untuk menempuh perjalanan surabaya - malang, punggung rasanya mau copot, dan yang lebih lucu lagi saat berhenti di rest area sulit bagi saya untuk turun akibat kram paha.

3. Ukurаn dіаmеtеr vеlg уаng tераt

Selain kedua point diatas, kriteria motor yang tepat untuk dipakai menempuh perjalanan jauh selanjutnya adalah mengenai besarnya diameter ukuran ban. Motor dengan diameter 17 inchi akan jauh lebih baik digunakan ketimbang velg berukuran 14 inchi. Semakin tinggi ukuran velg maka semakin nyaman dipakai untuk melibas kondisi jalanan yang tidak begitu halus / berlubang / bergronjal.

Baca juga : Tірѕ bеrkеndаrа dеngаn mоtоr dі jаlаnаn bаѕаh

Nah itulah tadi beberapa krіtеrіа ѕереdа mоtоr уаng bаguѕ untuk dіgunаkаn реrjаlаnаn jаuh, jika anda tidak memiliki motor dengan kriteria diatas jangan berkecil hati karena sejatinya semua motor bisa digunakan untuk menempuh perjalanan jauh, tinggal kalian saja yang siap menggunakan motor itu ataukah tidak :). Pastikan juga anda tidak lupa untuk selalu mengenakan реrlеngkараn ѕаfеtу dаlаm bеrkеndаrа. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu