Langkah Mencuci Mobil Yang Benar Usaha Cuci Mobil

Tаhараn mеnсuсі mоbіl уаng bеnаr - mencuci sebuah mobil sebenarnya adalah hal yang sangat mudah sekali dan waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat dibandingkan mencuci sepeda motor karena bidang permukaan yang dicuci lebih simpel, berbeda dengan motor yang memiliki banyak sekali lekukan sehingga membutuhkan tingkat ketelitian dan ketelatenan agar motor yang dicucinya menjadi bersih.

Nah bagi kalian yang mungkin saja hendak membuka usaha jasa cuci mobil namun belum begitu paham tentang bagaimana langkah dan cara mencuci mobil yang baik dan benar, maka artikel dibawah ini sangat pas untuk kalian baca sehingga anda tidak perlu lagi canggung nantinya ketika mencuci mobil pelanggan.

 mencuci sebuah mobil sebenarnya adalah hal yang sangat mudah sekali dan waktu yang dibutu Langkah Mencuci Mobil Yang Benar Usaha Cuci Mobil


Tаhар mеnсuсі mоbіl уаng bеnаr untuk uѕаhа сuсі mоbіl


Hal pertama yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan pencucian mobil ialah dengan membersihkan bagian interior mobil terlebih dahulu menggunakan vakum penyedot debu ataupun kanebo setengah basah untuk mengelap bagian dasboard ataupun bagian lain yang tertempel oleh debu. Setelah bagian interior selesai langkah selanjutnya adalah membersihkan debu yang ada pada bagian body mobil menggunakan kemoceng halus yang biasa terbuat dari bulu ayam halus.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi debu atau pasir yang tertempel di bagian body sehingga nanti saat dilakukan penggosok an tidak menggores cat mobil Setelah body mobil dibersihkan dengan menggunakan kemoceng, tahap selanjutnya adalah dengan menyiram seluruh body mobil dengan menggunakan air bersih secukupnya saja sampai seluruh body mobil benar benar basah terkena air.

Anda bisa menggunakan alat semprot steam ataupun dengan menggunakan selang biasa, dan untuk saran terbaik adalah menggunakan alat steam karena memiliki tekanan yang bisa diatur untuk merontokkan sisa pasir yang tidak terhapus oleh kemoceng tadi. Kelebihan dari alat steam ini adalah tekanan semprotan air bisa diatur, saat menyemprot body bisa menggunakan tekanan rendah, dan untuk menyemprot bagian kolong ban bisa memakai tekanan tinggi agar pasir yang ada didalam liner ban langsung rontok.

Setelah seluruh bagian dibasahi oleh air, langkah selanjutnya adalah langsung mencuci bagian body mobil, urutannya terserah anda, bisa dimulai dari depan dulu, dari samping, dari belakang atau pun dimulai dari bagian atas ke bawah dan sebaliknya yang jelas seluruh permukaan body mobil tercuci semua tanpa ada satupun yang terlewati. Setelah semua body dicuci kalian bisa melanjutkan dengan mencuci bagian kolong roda dan velg mobil menggunakan peralatan yang berbeda dengan peralatan yang digunakan mencuci body seperti timba + air sabun, spons / kain cuci dan sebagainya.

Jadi anda disini harus mempersiapkan dua buah ember berisi sabun / sampo khusus cuci dan perlengkapan cuci yang berbeda untuk menghindari kerusakan akibat pemakaian alat cuci yang sama untuk bagian body dan bagian roda / kolong roda dan velg. Untuk cara menggosoknya lakukan secara perlahan dan jangan terlalu ditekan guna menghindari baret atau cepat pudarnya warna cat mobil. Setelah mobil dicuci secara merata langkah selanjutnya adalah dengan menyiram seluruh permukaan yang dicuci tadi dengan menggunakan air bersih hingga benar benar bersih dari sabun cuci mobil.

Setelah disiram dengan menggunakan air bersih, tahapan selanjutnya adalah lakukan pengeringan body mobil dan permukaan lain yang telah dicuci menggunakan kanebo ataupun kain pengelap lain yang tidak merusak cat, bisa menggunakan kain micro fiber bila diperlukan. Lakukan pengeringan ini secara mendetail dan jangan biarkan ada tetesan air yang tertinggal sebab dilain waktu akan menimbulkan kerak dan sangat sulit untuk dibersihkan. Terutama di bagian dekat lampu depan / lampu belakang, dibagian gagang pintu mobil, di bagian spion mobil, di bagian spoiler belakang dan lain sebagainya, silahkan dicari cari dimana biasanya air menetes / mengalis setelah dicuci untuk selanjutnya di lap.

Setelah tahap pengelapan diatas selasai maka anda bisa memulai melakukan tahap detaling seperti menambahkan WAX pada cat body mobil, melakukan penyemiran ban mobil, menambahkan pengkilap dasbiard dan lain sebagainya sampai selesai. Dan terakhir adalah jangan lupa untuk memasang floor mats atau alas kaki yang terbuat dari bahan kertas tebal, yang biasanya selain dimanfaatkan untuk pijakan / alas kaki, kertas ini berisikan tulisan menganai usaha cuci mobil anda sebagai ajang berpromosi.

Nah itulah tadi beberapa tahapan dalam proses melakukan cuci mobil yang benar sesuai dengan standar cuci mobil. Untuk informasi lain mengenai usaha cuci mobil anda bisa membacanya melalui list dibawah ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu