-->

Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?

Mеmіlіh оlі уаng bаguѕ untuk mоbіl - di dunia otomotif setidaknya kita mengenal 3 jenis oli mesin, yang pertama adalah oli mineral, oli ini didapatkan dari pemrosesan mineral tambang hasil bumi, dalam hal ini adalah minyak bumi. Selanjutnya oli semi sintetis yang berasal dari campuran antara oli mineral dan oli sintetis, dan yang ketiga adalah oli Full Sintetis yang dibuat dari bahan dasar kimia buatan, bukan dari hasil bumi.

Nah lalu oli mana yang bagus diantara ketiga oli diatas ? apakah lebih bagus oli mineral ataukah malah lebih bagus oli sintetis ? untuk menjawab kebingungan anda dalam memilih oli sintetis atau oli mineral, dibawah ini kami berikan sedikit gambaran mengenai oli mineral dan sintetis.

 di dunia otomotif setidaknya kita mengenal  Lebih Bagus Pakai Oli Sintetis Atau Oli Mineral ?


Olі mіnеrаl

Seperti yang kami jelaskan diatas bahwa oli mineral ini dibuat dari minyak bumi yang diproses secara khusus sehingga menghasilkan sebuah oli pelumas yang berguna untuk melumasi mesin kendaraan. Karena oli mineral ini ialah hasil pemrosesan dari bahan baku minyak bumi, maka kepadatan molekulnya akan stabil atau tetap dan mampu melumasi bagian mesin dengan sangat baik. Disamping itu,kelebihan dari jenis oli mineral harganya lebih murah jika dibandingkan dengan oli semi sintetis ataupun yang full sintetis. Namun oli mineral ini lebih gampang mengendap dan berlumpur / menghitam dibandingkan oli yang sintetis. hal ini dikarenakan kekentalan oli mineral lebih kental.

Olі ѕіntеtіѕ

Oli sintetis ialah oli mesin yang dibuat dari bahan sintetis atau buatan, jadi artinya oli jenis ini tidak terbuat dari bahan tambang layaknya oli mineral. Bentuk dari oli sintetis ini juga jauh lebih encer ketimbang oli mineral, sehingga hal ini akan memungkinkan oli sintetis mampu melumasi bagian atau celah paling kecil yang ada didalam mesin mobil. Dan karena bentuk oli yang encer ini membuat daya tahan oli bisa bertahan lebih lama bila dibandingkan dengan oli mineral.

Oli sintetis ini juga tidak begitu banyak meninggalkan jelaga atau endapan sehingga kondisi mesin mobil menjadi jauh lebih bersih bila dibandingkan memakai oli mineral. Interval penggantian untuk oli jenis sintetis ini juga lebih lama, jika menggunakan oli mineral anda harus rutin menggantinya setiap 10.000km, maka dengan menggunakan oli sintetis ini anda bisa menggantinya setiap 20.000 sampai 30.000km sekali, namun demikian harga yang ditawarkan untuk jenis oli sintetis ini bisa 3 kali lipat dari oli mineral.

Baca juga : Pеnуеbаb dаn саrа аtаѕі аіr аkі сераt hаbіѕ / kеrіng

Olі уаng сосоk untuk mоbіl аndа ара ?

Nah untuk memilih oli terbaik untuk kendaraan anda, kalian juga harus melihat mobilnya juga, misalnya jika mobil anda adalah kijang kapsul, sangat tidak disarankan menggunakan oli sintetis karena selain harganya mahal, oli sintetis tidak cocok dipakai untuk kendaraan jadul atau model lama karena sebagian besar mobil jadul melarang penggunaan oli jenis ini ( kecuali mobil jadul yang diperbolehkan oleh manufaktur ).

Begitu juga dengan kendaraan model sport misalnya saja Toyota Camry, Corolla Altis dan sejenisnya lebih bagus menggunakan oli model sintetis karena mobil yang memiliki performa tinggi semacam ini membutuhkan oli yang tidak terlalu kental sehingga performa mesinnya tetap terjaga dengan baik. Kalau mobil anda adalah mobil biasa biasa saja, misalnya kijang innova, avanza, xenia dan sejenisnya untuk pemilihan jenis oli tergantung pertimbangan anda.

Jika punya uang banyak dan tidak ingin repot selalu ke bengkel untuk ganti oli maka oli sintetis adalah pilihan yang bagus buat anda. Namun bila anda adalah pemilik mobil dengan kantong yang pas pasan, akan jauh lebih bagus menggunakan oli mineral karena harganya yang sangat terjangkau. Bila masih bingung dengan kedua pilihan diatas anda masih bisa memilih jalan tengah yakni memakai oli semi sintetis.

Baca juga : Fungѕі dаn mаnfааt mеmаѕаng оіl сооlеr dі mоbіl аtаu mоtоr

Perbandingan harga oli mineral dan sintetis per liternya untuk oli mesin Genue Toyota saat ini adalah Rp 60.000 : Rp 120.000. Harga oli mesin sintetis jauh lebih mahal 3 kali lipat dari oli mineral. Nah dari penjelasan diatas silahkan anda timbang dan pikirkan kembali mau menggunakan oli jenis apa nantinya untuk mobil kalian. Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar