Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Dari Engine Break Untuk Keselamatan Berkendara

аutоmоtіvеxіѕt.blоgѕроt.соm - sebelum kita melangkah lebih jauh untuk mengetahui apa saja manfaat dari engine brake, tentu kalian harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan istilah engine brake. Engine brake adalah suatu cara yang dilakukan untuk memperlambat laju kendaraan selain menggunakan pedal rem ataupun tuas rem tangan, yaitu menggunakan spontanitas putaran mesin yang dikarenakan perpindahan gigi perseneling dari tinggi ke rendah secara bertahap.

Jadi dengan adanya engine brake ini anda bisa membantu sistem pengereman dalam memperlambat laju sebuah kendaraan, utamanya adalah mobil. Atau istilah mudahnya adalah engine brake membantu meringankan tugas dari sistem rem pada mobil yang imbasnya tentu kondisi komponen sistem pengereman lebih awet dibandingkan jika anda hanya mengandalkan pedal rem untuk memperlambat laju kendaraan. Untuk cara melakukan engine brake silahkan baca artikel kami yang lain di CARA MENGHENTIKAN LAJU MOBIL KETIKA REM BLONG.

 sebelum kita melangkah lebih jauh untuk mengetahui apa saja manfaat dari engine brake Manfaat Dari Engine Break Untuk Keselamatan Berkendara


Jadi salah satu tujuan penggunaan dari teknik engine brake ini adalah untuk keselamatan didalam berkendara. Penggunaan rem pedal yang terus menerus dilakukan khususnya ketika kita sedang melewati jalanan pegunungan yang meliuk liuk naik dan turun akan dapat menyebabkan kondisi piston dan disc brake temperatur suhu menjadi naik dan memuai sehingga terjadi overhead pada bagian rem. Ketika komponen rem mengalami overhead inilah performanya menjadi menuruh bahkan yang lebih parah adalah terjadi rem blong.

Bahkan di beberapa daerah pegunungan yang kontur jalanannya naik turun tanjakan bisanya di setiap tepian jalan dipasang rambu peringatan khususnya kepada kendaraan besar seperti truk untuk menggunakan gigi perseneling rendah yang tujuannya tak lain dan tidak bukan adalah menyuruh anda agar membantu sistem rem mobil dengan jalan menggunakan engine brake ini.

Dan pada dasarnya tiap kendaraan yang menggunakan ratio gear dapat melakukan teknik engine brake, namun untuk mobil yang menggunakan CVT ( continuously variable transmission ) efek dari engine brake nya lebih kecil bila dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual maupun transmisi matic.

Baca juga : Inі аlаѕаn mоbіl dіеѕеl wаjіb kurаѕ tаngkі BBM ѕесаrа bеrkаlа

Semoga tulisan mengenai fungѕі dаn mаnfааt dаrі еngіnе brаkе ini dapat membantu anda memahami beberapa teknik serta istilah yang ada didunia otomotif khususnya untuk otomotif roda 4 keatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk di share :).


Post a Comment for "Manfaat Dari Engine Break Untuk Keselamatan Berkendara"