Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

Mеngеnаl mеѕіn mоbіl dіrесt іnjесtіоn - dari beberapa jenis sistem injeksi yang diaplikasikan kedalam sistem pembakaran mesin mobil, terdapat beberapa jenis yang salah satunya adalah Direct Injection atau injeksi langsung. Dimana pada mesin injeksi jenis direct injection ini ujung nozzle penyemprot bahan bakar berada didalam area ruang bakar, sehingga saat mesin melakukan langkah hisap dan kompresi, maka bahan bakar kendaraan akan langsung disemprotkan kedalam ruang bakar melalui ujung nozzle bahan bakar.

Secara umum desain dari mesin direct injection ini hampir sama, hanya saja mungkin perbedaan yang menonjol antara mobil yang satu dengan yang lainnya adalah posisi atau peletakannya saja.

 dari beberapa jenis sistem injeksi yang diaplikasikan kedalam sistem pembakaran mesin mob Mengenal Apa Itu Direct Injection Pada Mesin Mobil

Dіrесt Injесtіоn раdа mеѕіn dіеѕеl

Untuk cara kerja dari mesin diesel direct injection ini posisi nozzle bahan bakar berada tepat diruang bakar, dan prosesnya adalah ketika piston melakukan langkah hisap kemudian kembali melakukan kompresi, sebelum derajat pengapian menyentuh titik mati atas ( TMA ) bahan bakar solar akan langsung disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadilah proses pembakaran.

Beberapa jenis mesin diesel ada yang menggunakan busi pijar yang sangat berguna untuk membantu menyalakan mesin mobil sewaktu kondisi mesin dingin, misalnya saat menyalakan mesin dipagi hari dimana kondisi udara lembab dan dingin, sewaktu udara ini dikompresi tidak menghasilkan cukup panas untuk menyalakan solar, dan disinilah peran dari busi pijar dimainkan.

Baca juga : Pеnуеbаb dаn аtаѕі mеѕіn hіlаng kоmрrеѕі

Dіrесt Injесtіоn раdа mеѕіn bеnѕіn

Untuk model mesin bensin yang mengaplikasikan sistem Direct Injection ini posisi nozzle bahan bakarnya masih sama yakni berada dan menghadap langsung ke ruang bakar. Untuk proses kerjanya adalah pada saat piston melakukan langkah hisap maka bahan bakar akan langsung disemprotkan melalui nozzle kedalam ruang bakar. Baru kemudian saat piston melakukan langkah kompresi, sebelum piston menyentuh titik mati atas busi akan langsung memantikkan percikan bunga api yang nantinya memicu terjadinya proses pembakaran didalam ruang bakar.

Setiap teknologi tentu memiliki kelebihan dan juga diikuti dengan kekurangannya masing masing. Dan dibawah ini ialah beberapa kelebihan serta kekurangan dari mesin Direct Injection.

Kеuntungаn dаrі mеѕіn Dіrесt Injесtіоn

Mesin mobil akan lebih cepat hidup atau gampang dinyalakan
Tingkat konsumsi bahan bakar lebih efisien atau irit
Efisiensi panas sangat baik mengingat ruang bakar yang dibutuhkan untuk mesin ini tergolong kecil

Kеrugіаn dаrі mеѕіn Dіrесt Injесtіоn

Suara mesin mobil sangat kasar, bising dan berisik
Nozzle bahan bakar sangat kecil sehingga membuatnya lebih gampang tersumbat jika memakai bahan bakar berkualitas rendah
Tenaga atau output yang dihasilkan cenderung kecil
Turbulensi yang dihasilkan juga kecil ketika mesin dipacu pada kecepatan rendah

Baca juga : Tірѕ реrаwаtаn mеѕіn dіеѕеl аgаr ѕеlаlu рrіmа



Post a Comment

0 Comments

Close Menu