Mengenal NOS Nitrous Oxyde Systems Dan Cara Kerja NOS

Aра іtu NOS Nіtrоuѕ Oxуdе Sуtеm ? - mungkin bagi anda yang gemar akan balap mobil sudah tahu apa arti dari NOS beserta fungsinya, akan tetapi bagi orang orang awam tentu masih terdengar asing baik bentuknya maupun fungsinya saja belum begitu banyak yang tahu. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagikan artikel mengenai perangkat penambah tenaga untuk mobil dibawah ini.

Artі реngеrtіаn dаrі NOS Nіtrоuѕ Oxуdе Sуѕtеm

NOS adalah kependekan dari Nitrous Oxyde System yaitu sebuah sistem penambah tenaga pada sebuah mesin mobil dengan cara menyemprotkan gas nitrous oxyde kedalam ruang bakar. Gas Nitrous Oxyde memiliki rumus kimia N2O dimana senyawa gas ini adalah campuran dari 2 atom Nitrogen dan 1 atom Oksigen.

 mungkin bagi anda yang gemar akan balap mobil sudah tahu apa arti dari NOS beserta fungsi Mengenal NOS Nitrous Oxyde Systems Dan Cara Kerja NOS

Sеjаrаh dіtеmukаnnуа Nіtrоuѕ Oxуdе Sуѕtеmѕ

Awal mulanya teknologi Nitrous Oxyde System ini ditemukan pada awal perang dunia kedua oleh jerman yang kemudian diaplikasikan kedalam seluruh armada udaranya. Awal mula ditemukan teknologi adalah untuk mengatasi kebutuhan oksigen yang digunakan untuk proses pembakaran mesin pesawat, dimana pada ketinggian tertentu diudara jumlah oksigen semakin minipis, dan dengan teknologi inilah gas nitrous oxyde ini disemprotkan ke ruang bakar mesin pesawat sehingga kebutuhan akan oksigen sebaga syarat pembakaran terpenuhi.

Negara inggris pun kemudian mengikuti dan mengaplikasikan teknologi ini pada pesawat tempurnya. Gas Nitrous oxyde ini ketika berada pada ruang bersuhu sekitar 300 derajat celsius akan terurai dan terecah menjadi 2 gas yakni gas nitrogen dan juga oksigen. Kandungan yang ada pada Nitrus Oxyde ini mengandung Oksigen sebesar 36%, tentu jumlah ini jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan kandungan oksigen yang ada di udara bebas yang hanya sebatas 23% saja.

Pada tekanan yang sama gas Nitrous Oxyde ini juga memiliki kepadatan 50% lebih padat dibandingkan dengan udara. Jadi dengan volume yang sama, kandungan oksigen yang ada pada gas Nitrous Oxyde ini lebih banyak antara 2 sampai 3 kali lipat dibandingkan dengan udara bebas.

Baca juga : Artі kеndаrааn mоtоr mоbіl STNK оnlу

Cаrа Kеrjа Nіtrоuѕ Oxуdе Sуѕtеm Pаdа Mоbіl

Cara kerja sistem NOS ini sangat sedernaha, yakni menyemprotkan gas Nitrous Oxyde kedalam ruang bakar saat mesin mencapai power maksimalnya. Gas nitro oxyde ini dimasukkan kedalam ruang bakar melalui saluran intake yang selanjutnya akan ikut masuk kedalam ruang bakar mesin. Dari penjelasan diatas tadi anda sudah memiliki gambaran bagaimana cara kerja dari sistem ini, Ketika gas nitro oxyde ini terurai, maka akan menghasilkan gas oksigen dalam jumlah yang besar dan jika dicampur dengan bahan bakar secara otomatis kepadatan yang ada didalam ruang bakar mesin akan meningkat pula.

Dengan adanya peningkatan materi bahan bakar dan juga udara didalam ruang bakar ini tentunya hasil pembakaran juga akan meningkat sangat tajam karena kompresi mesin menjadi meningkat secara signifikan. Ledakan yang dihasilkan tentu menjadi sangat besar dan imbasnya adalah power atau tenaga yang dimuntahkan oleh mesin menjadi meningkat tajam.

Mасаm Bеntuk NOS

Untuk saat ini kita mengenal 2 jenis NOS yaitu NOS dalam bentuk cair dan juga NOS dalam bentuk gas bukan cair. Kelemahan dari kedua jenis NOS tersebut hanyalah ketika gas sudah habis harus dilakukan pengisian ulang :). Untuk yang model cair memiliki kapasitas yang lebih banyak.

Jеnіѕ іnѕtаlаѕі NOS раdа mоbіl

Untuk instalasinya juga terdapat 2 jenis instalasi yakni instslasi NOS sistem kering atau dry, dan juga instalasi NOS sistem basah atau Wet. Masing masing dari instalasi ini juga memiliki peralatan pemasangan yang berbeda pula.

1. Sіѕtеm Drу NOS

Untuk instalasi sistem NOS kering adalah terdapat pada proses penembakan gas Nitrous Oxyde nya dilakukan terpisah dari bahan bakar. Nozzle dari NOS ini disambungkan langsung kedalam ruang bakar secara terpisah, sedangkan bahan bakar kendaraan tetap masuk melalui jalurnya sendiri yakni karburator ataupun injektor. Atau bahasa gampangnya sistem pemasangan yang satu ini adalah dengan membuatkan jalur baru untuk gas NOS yang menuju ke ruang bakar.

2. Sіѕtеm Wеt NOS

Untuk instalasi NOS sistem basah atau wet ini adalah dengan cara menambahkan sebuah perangkat injektor khusus yang berfungsi untuk mencampurkan bahan bakar dan juga gas Nitrous Oxyde sebelum ditembakkan secara bersamaan kedalam ruang bakar. Untuk perangkat NOS yang dipasang pada mesin berkarburator, campuran antara gas NOS dan juga BBM harus terlebih dahulu disetting melalui ukuran spuyer jet, hal ini bertujuan agas perbandingan antara gas nitro dan juga BBM seimbang alias tepat.

Kenapa harus seimbang ? sebab bila kita terlalu banyak memasukkan gas Nitrous Oxyde kedalam ruang bakar dibandingkan jumlah BBM akan membuat mesin mobil tersebut jebol. Sedangkan bila campuran BBM terlalu banyak dibandingkan gas Nitrous Oxyde nya maka akan membuat tenaga yang dihasilkan tidak maksimal atau kurang efektif.

Baca juga : Kеkurаngаn dаn kеlеbіhаn mеmоdіfіkаѕі mоbіl dеngаn vеlg bеѕаr

Oh iya, khusus untuk pemasangan NOS di mobil yang masih menggunakan karburator, anda harus menambahkan 2 piranti tambahan yaitu spray bar. Selain itu proses pengaplikasiannya juga dibagi lagi menjadi 2 bagian yakni :

  1. Sіѕtеm dіrесt роіnt, ѕіѕtеm іnі mеnggunаkаn ѕаlurаn уаng tеrріѕаh раdа tіар tіар ѕіlіndеr gunа mеnеmbаkkаn gаѕ NOS dаn jugа BBM ѕесаrа bеrѕаmааn.
  2. Sіѕtеm ѕіnglе роіnt, dіmаnа ѕіѕtеm іnі mеnggunаkаn 1 ѕаlurаn уаng dіgunаkаn untuk mеnсаmрur gаѕ Nіtrо dеngаn bаhаn bаkаr.


Hukum Pеnggunааn NOS раdа mеѕіn mоbіl

Di beberapa negara besar penggunaan teknologi ini yang diterapkan di kendaraan umum yang dipakai dijalanan umum hukumnya adalah ILEGAL. Di beberapa negara lagi memperbolehkan menggunakan teknologi NOS pada mobil pribadi dengan beberapa syarat, misalnya pengguna harus melaporkan juga kepada pihak asuransi mobil jika melakukan pemasangan sistem NOS didalam mobilnya. Dan beberapa negara ada juga yang memperbolehkan penggunaan teknologi ini dan menganggap hal ini biasa saja, sama halnya dengan penggunaan tabung gas LPG untuk bahan bakar mobil. Yah semua aturan tiap tiap negara tentu saja berbeda beda tergantung dari kebijakan yang mereka putuskan.

Baca juga : Mеngеnаl turbосhаrgеr dаn nаmа kоmроnеnnуа

Nah sampai disini semoga penjelasan mengenai teknologi NOS ini bisa anda pahami. Untuk kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu