Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Sіѕtеm kеlіѕtrіkаn раdа ѕереdа mоtоr - mungkin anda pernah mengalami masalah bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan harus menggantinya dengan bohlam yang baru, dengan kejadian berulang dalam tenggat waktu yang singkat ? biasanya penyebab kenapa bohlam lampu sepeda motor tersebut cepat mengalami kerusakan ialah karena adanya masalah pada sistem kelistrikan motor sehingga bisa terjadi hal yang demikian.

Nah untuk mengetahui masalah mana saja yang menyebabkan bohlam lampu motor sering mengalami putus anda juga harus tahu dengan sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor agar bisa melakukan tindakan pencegahan agar bohlam motor ini sering putus yang dikarenakan bohlam tersebut menerima tegangan listrik yang terlalu tinggi sehingga filamen lampu langsung rusak. Tingginya tegangan listrik yang dihasilkan oleh generator / spull ini selain merusak bohlam juga bisa membuat umur aki menjadi pendek karena aki mengalami yang namanya overcgarger.

 mungkin anda pernah mengalami masalah bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Mеngеnаl Sіѕtеm kеlіѕtrіkаn ѕереdа mоtоr


Bagi kalian yang masih sedikit awam mengenai sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor, kami akan sedikit menjelaskan secara singkat bagian sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor sebagai bahan pengetahuan kalian.

1. Sерul / gеnеrаtоr

Generator atau yang sering dikenal oleh masyarakat awam dengan istilah spull ialah sebuah komponen atau perangkat yang berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik dari hasil mengubah energi gerak / mekanik menjadi energi listrik melalui induksi kumparan coil dan magnet. Energi listrik yang dihasilkan oleh spull ini adalah arus bolak balik atau AC yang harus di ubah menjadi arus DC atau searah yang selanjutnya digunakan untuk mengisi AKI motor dan juga menyalakan perangkat elektronik motor lainnya seperti lampu lampu,CDI, pengapian busi dan lain sebagainya.

Untuk mengubah arus AC spull menjadi DC ini dibutuhkan sebuah komponen regulator yang biasa disebut dengan istilah kiprok oleh para pengguna motor.


 mungkin anda pernah mengalami masalah bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Dengan demikian keberadaan generator atau spull ini pada sebuah kendaraan bermotor sangatlah penting. Oleh sebab itu anda harus selalu rajin dan rutin melakukan perawatan pada komponen generator atau spull ini agar awet. Salah satu cara menjaga agar spull motor ini awet ialah dengan rajin melakukan penggantian oli mesin, atau jangan terlalu memaksakan mesin motor untuk digunakan terus menerus tanpa istirahat meskipun motor kalian diklaim kuat untuk touring jarak jauh. Oli yang sudah buruk viskositasnya akan menyebabkan panas mesin menjadi lebih cepat dan hal ini tentu akan mempengaruhi spull motor menjadi terlalu panas dan pada akhirnya akan terbakar / hangus.

2. Kірrоk / rеgulаtоr

Sistem kelistrikan yang ada pada sepeda motor selain spull adalah kiprok atau dalam bahasa teknik nya adalah regulator. Bentuk dari komponen ini lumayan simpel seperti gambar dibawah ini yang memiliki fungsi utama untuk mengubah arus bolak balik yang dihasilkan oleh spull menjadi arus searah, yang selanjutnya arus yang telah diubah ini akan digunakan untuk mencharger AKI motor dan menyalurkannya untuk menyuplai kebutuhan listrik seperti menyalakan lampu motor, menyalakan busi, mencharger aki dan lain sebagainya. Selain sebagai pengubah arus AC menjadi DC, kiprok juga berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik dari spull.


 mungkin anda pernah mengalami masalah bohlam lampu sepda motor anda sering kali putus dan Mengenal Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Keberadaan kiprok ini juga sangat penting sekali pada kendaraan bermotor roda dua, bila komponen ini sampai rusak maka arus listrik yang dihasilkan oleh spull menjadi tidak terkendali sehingga bisa membuat aki menjadi cepat rusak karena overcharger dan juga lampu lampu motor, terutama lampu headlamp akan mudah putus. Ciri utama kiprok atau regulator ini bermasalah ialah aki motor mudah tekor bahkan ketika anda mengganti aki dengan yang baru juga akan tekor lagi. Selanjutnya jika kalian mencoba membetot gas dalam dalam, nyala lampu headlamp yang semula biasa saja menjadi lebih terang dan akhirnya putus.

3. Akі / bаtеrаі

Sistem kelistrikan sepeda motor selanjutnya ialah komponen AKI motor yang berguna sebagai penyimpan energi listrik berarus DC sementara ketika mesin motor dimatikan, yang nantinya energi cadangan ini dimanfaatkan untuk menyalakan sepeda motor dengan switch starter. Selain digunakan untuk menyalakan mesin motor, energi listrik yang ada didalam aki ini juga dipakai untuk menyalakan perangkat lain pada sepeda motor seperti lampu lampu, ECU, CDI dan lain sebagainya.

Karena fungsi yang amat penting ini merawat aki adalah hal wajib yang harus selalu diperhatikan bagi anda para pemilik kendaraan roda dua. Salah satu cara merawat aki motor yang baik ialah tidak menggunakan perangkat yang bisa menguras energi listrik didalam aki, misalnya dengan memasang klakson bersuara besar, klakson variasi, memasang lampu ber watt lebih tinggi dan selalu perhatikan ketinggian air aki sepeda motor untuk type aki basah.

Sedangkan untuk aki type kering atau MF anda tidak perlu repot repot memeriksa ketinggian air aki sebab memang aki jenis ini tidak menggunakan cairan Zuur. Rata rata aki yang berusia 2 sampai 2.5 tahun akan mengalami penurunan kualitasnya dan sebaiknya dilakukan penggantian, namun dengan perawatan yang baik bukan tidak mungkin aki motor yang seharusnya hanya mampu bertahan selama 2 tahu, bisa digunakan sampai 3 hingga 4 tahun lamanya.

Baca juga : Inіlаh реnуеbаb аkі mоtоr аndа сераt ruѕаk

4. Kаbеl bоdі kеndаrааn

Kabel body atau harness adalah seperangkat kabel yang digunakan didalam sistem kelistrikan sepeda motor. Biasanya motor yang sudah memiliki usia pakai lama, ketahanan kabel body pada sepeda motor menjadi menurun, untuk menjaga agar kabel body ini tetap memiliki kinerja yang baik anda juga harus selalu rutin melakukan pengecekan, terutama pada bagian soket soketnya bila terdapat jamur atau kotoran sebaiknya dibersihkan.

Begitu juga jika anda menemukan adanya kabel body yang kondisinya sudah tidak layak pakai, misalnya mengelupas, kabel getas sebaiknya langsung segera lakukan penggantian dengan yang baru. Pastikan juga anda hanya menggunakan suku cadang asli atau original dan belilah di dealer resmi, karena kualitasnya tentu akan terjamin dan bergaransi walaupun harganya jauh lebih mahal jika anda membeli produk aftermarket.

5. Fuѕе аtаu ѕеkrіng

Tak lengkap rasanya jika suatu rangkaian kelistrikan tidak terdapat sebuah fuse atau yang sering kita kenal dengan sebutan sekring. Sekring atau fuse ini adalah sebuah alat pengaman yang ada didunia elektornika/kelistrikan guna mencegah terjadinya kerusakan pada komponen tertentu dalam suatu rangkaian sistem elektronika/kelistrikan. Cara kerja fuse ini pada umumnya adalah sebagai pemutus arus secara otomatis. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sekring atau fuse silahkan baca tulisan kami melalui link dibawah ini.

Baca juga : Fungѕі dаn саrа kеrjа ѕеkrіng раdа mоtоr dаn mоbіl

Nah sampai disini saya rasa sudah cukup untuk penjelasan dan pengenalan sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor roda dua. Dengan kita mеngеnаl bаgіаn bаgіаn kеlіѕtrіkаn ѕереdа mоtоr, tentu akan membuat anda lebih paham dan mengerti jika ada kerusakan yang terjadi dan dapat dengan cepat mengambil tindakan yang benar. Semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu