Merawat Mobil Isuzu Panther Tua

mеrаwаt mоbіl раnthеr uzur - meskipun banyak sekali pabrikan yang telah memproduksi dan memasarkan mobil LCGC namun nampaknya tidak menyurutkan minat para calon pemilik mobil yang membeli kendaraan jadul sekelas isuzu panther. Dan untuk mobil isuzu panther yang terbaru harganya juga terbilang sangat mahal untuk desain body yang banyak orang mengatakan sudah ketinggalan jaman itu, sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli unit mobil panther keluaran lama yakni dibawah tahun 2000.

Dan kebanyakan mobil mobil lama seperti ini jika anda tidak teliti dalam membeli bisa dipastikan harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk melakukan perbaikan kerusakan yang sering menyerang isuzu panther seperti kebocoran shockbreaker, kerusakan bearing roda, aus nya bushing strutbar dan leaf spring sampai perbaikan kebocoran oli. Dan bagi kalian yang mungkin telah membeli mobil panther bekas sebaiknya anda melakukan perbaikan perbaikan bagian yang rusak tersebut agar nantinya mobil anda bisa nyaman dikendarai.

 meskipun banyak sekali pabrikan yang telah memproduksi dan memasarkan mobil LCGC namun na Merawat Mobil Isuzu Panther Tua

Pеrаwаtаn mоbіl раnthеr jаdul


Pеmеrіkѕааn undеrѕtееl dаn kеbосоrаn оlі

Penyakit yang sampai saat ini sering menjangkiti mobil isuzu panther adalah kerusakan pada bagian understeel seperti bearing all, bushing strutbar all, shockbreaker all, ball joint all, tierod dan long tierod, bushing per daun, kebocoran master kopling, kebocoran master rem atas dan kopling atas, kebocoran master rem tromol dan lain sebagainya. Jangan lupa juga memeriksa kebocoran minyak power steering bagi mobil yang telah dilengkapi dengan power steering dan juga kebocoran oli mesin. Bila ada beberapa bagian yang ditemukan mengalami kerusakan langsung segera lakukan perbaikan.

Pеnggаntіаn ѕаrіngаn udаrа, ѕаrіngаn оlі dаn ѕаrіngаn bаhаn bаkаr

Setelah beberapa bagian understeel tadi diperbaiki, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan penggantian 3 komponen penting yang sangat berguna sebagai penunjang performa mesin yang diantaranya adalah saringan oli, saringan bahan bakar dan juga saringan udara. Banyak hal yang bisa ditimbulkan jika kalian tidak melakukan penggantian komponen ini seperti salah satu contohnya adalah borosnya penggunaan bahan bakar.

Pеnggаntіаn оlі mеѕіn, trаnѕmіѕі, gаrdаn, роwеr ѕtееrіng dаn mіnуаk kорlіng

Bila anda memiliki dana yang lebih sebaiknya lakukan juga penggantian oli mesin, oli transmisi, oli gardan mobil, minyak rem dan juga minyak kopling. Hal ini sangat penting yang tujuannya adalah untuk me ngeset mobil anda sehingga anda tidak dibingungkan lagi dalam menghitung waktu servis dan penggantian oli di kilometer berikutnya.

Pеrіkѕа bаgіаn еngіnе ( еngіnе аnаlіѕа )

Jangan lupa juga melakukan pemeriksaan di bagian mesin ( engine analisa ) seperti tali kipas jika sudah kendor atau terdapat indikasi rusak segera lakukan penggantian. Begitu juga dengan kondisi mesin mobil jika terdengar bunyi ketukan lakukan penyetelan.

Pеrіkѕа tаngkі bаhаn bаkаr

Setelah itu jangan lupa juga melakukan pemeriksaan kondisi dari tangki bahan bakar mobil panther yang baru anda beli, siapa tahu pemilik lama jarang memperhatikan sehingga banyak terjadi endapan lumpur di tangki solar. Jika benar banyak endapan lumpur lakukan pembersihan tangki yang dikenal dengan istilah OH tangki.


Pаѕtіkаn bаhаn bаkаr dаlаm kеаdааn ѕеtеngаh реnuh

Setelah mobil dilakukan perbaikan dan saatnya digunakan berkendara sehari hari, pastikan anda jangan sampai kehabisan bahan bakar, pastikan isi bahan bakar selalu dalam keadaan setengah penuh agar mesin panther tidak gampang masuk angin. Terlebih buat anda yang sering melewati jalanan turunan dan tanjakan, jika kondisi tangki solar terisi sedikit bahan bakar, pada saat posisi menanjak maka otomatis solar akan mengumpul di bagian belakang tangki. Akibatnya adalah pompa bahan bakar hanya akan menghisap udara saja sehingga mobil pun menjadi mogok.

Pаnаѕі mеѕіn раnthеr ѕеbеlum dіраkаі

Mobil lama sangat berbeda kondisinya dengan mobil keluaran terbaru, maka dari itu perawatannya pun juga berbeda. Untuk mobil sekelas panther sebelum digunakan alangkah baiknya lakukan pemanasan mesin agar oli mesin bisa melumasi seluruh komponen yang ada didalam mesin secara merata sehingga meminimalkan keausan komponen mesin mobil. Khusus untuk isuzu panther yang jarang sekali dipakai sebaiknya lakukan juga pemanasan mesin setidaknya selama 5 sampai 10 menit seminggu dua kali, hal ini bertujuan untuk menjaga agar aki mobil tetap dalam kondisi prima.

Pеmеrіkѕааn bаut bаut mоbіl

Karakter dari mobil bermesin diesel adalah tingginya getaran yang terjadi pada seluruh bagian mobil, oleh sebab itu lakukan pemeriksaan rutin sendiri dirumah terhadap baut baut mobil setidaknya tiap 2 bulan sekali. Bila ada yang kendor kencangkan kembali. Hal ini bertujuan untuk menambah keamanan dan juga kenyamanan anda dalam berkendara sebab isuzu panther ini adalah mobil yang dikenal sangat berisik dan untuk mobil yang sudah berumur, suara suara berisik di bagian dasboard, mesin dan bagian mobil lain pun semakin besar.

Pеmеrіkѕааn аіr rаdіаtоr

Kebanyakan mobil bermesin diesel ini seringkali bermasalah pada bagian sistem radiatornya seperti adanya kebocoran air radiator atau kebuntuan saluran radiator sehingga membuat resiko overheat meningkat. Oleh sebab itu anda juga perlu melakukan pemeriksaan bagian sistem pendinginan mesin khususnya ketinggian air radiator yang ada pada tabung reservoir.

Pеmеrіkѕааn оlі mеѕіn mаndіrі

Karena kompresi mesin dari mesin diesel isuzu panther ini tinggi ada kalanya membuat bagian piston ataupun liner dan juga ring piston mengalami kerusakan, yang ujung ujungnya akan membuat oli mesin menjadi termakan dan terbakar pada saat proses pembakaran terjadi dan membuat kapasitas oli mesin sedikit demi sedikit berkurang. Maka dari itu sebaiknya luangkan waktu anda untuk rutin memeriksa ketinggian oli mesin mobil tiap 2 minggu atau 1 bulan sekali, caranya sangat mudah cukup cabut stik oli dari tempatnya dan lihat ketinggian olinya melalui batang stik oli tadi, apakah jumlahnya normal ataukah berkurang.

Bila berkurang tambahkan oli mesin secukupnya, namun jika sering berkurang dalam interval waktu yang cepat segera lakukan pemeriksaan dan penggantian bagian dalam mesin, biasanya piston dan ring piston beserta linernya sudah mengalami kerusakan.

Seiring berjalannya pemakaian biasanya anda akan mengalami masalah mobil menjadi boros bahan bakar, jika kalian rutin melakukan kiat kiat diatas dan masih mengalami boros bahan bakar, maka penyebabnya bisa dipastikan dari bagian pompa bahan bakar atau bospom yang perlu dilakukan kalibrasi. Biaya jasa kalibrasi ini lumayan mahal bisa sampai diatas 1.5juta rupiah.

Memang mobil isuzu panther bekas yang berusia tua di awal pembelian akan langsung menguras kantong anda jika si pemilik lama tidak begitu memperhatikan kesehatan mobilnya. Sebagai pembeli anda juga harus pandai dalam melakukan penawaran harga agar nantinya tidak rugi banyak guna melakukan perbaikan ini dan itu. Bahkan kasus yang parah jika anda mendapatkan mobil dengan kondisi rusak lumayan parah anda bisa mengeluarkan dana diatas 15 juta rupiah hanya untuk melakukan perbaikan dan penggantian suku cadang. Bila anda beruntung memperoleh mobil tua dengan kondisi yang lumayan terawat mungkin anda tidak hanya membutuhkan dana sebesar 4 sampai 5 juta rupiah saja untuk melakukan servis peremajaan ini.

Mungkin artikel dibawah ini juga tak kalah bermanfaat yang bisa anda baca selanjutnya :


Tірѕ tаmbаh роwеr іѕuzu раnthеr dеngаn mеlаkukаn Pоwеr Uр
Bаgіаn kаkі kаkі іѕuzu раnthеr уаng раlіng ѕеrіng ruѕаk
Pеnуеbаb mоbіl іѕuzu раnthеr gаmраng mаѕuk аngіn
Pіntu mоbіl раnthеr bunуі krеk ѕааt dіbukа, реrіkѕа bаgіаn іnі

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu