Mitos Ganti Oli Saat Mesin Panas Bisa Rusak Baut

Mіtоѕ bаhауа gаntі оlі ѕааt mаѕіh раnаѕ - pernahkah anda mendengar bahwa mengganti oli mesin kendaraan baik itu motor ataupun mobil saat masih panas dapat membahayakan baut penyumbat oli mesin ? dan dikhawatirkan jika nanti dipaksakan maka baut penyumbat oli tadi ulirnya bisa rusak ?

Sebenarnya membuka baut sumbat oli baik dalam keadaan mesin masih panas ataupun tidak bukan jadi masalah dan hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan serius terhadap baik itu ulir yang ada pada baut sumbat oli maupun ulir yang ada pada lubang kuras oli. Karena tidak ada pembuktian secara ilmiah mengenai hal ini.

 pernahkah anda mendengar bahwa mengganti oli mesin kendaraan baik itu motor ataupun mobil Mitos Ganti Oli Saat Mesin Panas Bisa Rusak Baut

Bahkan saya sendiri yang sudah lama bekerja dan berhubungan langsung dengan urusan buka membuka baut sumbat oli ini selama hampir 5 tahunan tidak pernah menemui kerusakan baut atau lubang sumbat oli yang disebabkan karena menguras oli saat kondisi mesin masih dalam keadaan masih panas.

Baca juga : Olі mеѕіn bіѕа kаdаluаrѕа hаnуаlаh mіtоѕ, bаса ѕеlеngkарnуа dіѕіnі

Yang ada adalah kesalahan saat kita memasang kembali baut penyumbat lubang kuras yang tidak benar ulirnya atau yang sering dikenal dengan sebutan salah ulir, kemudian dipaksakan agar baut tersebut rapat, memang jika masih pertama kali salah ulir, baut bisa dipaksakan masuk dan rapat, namun saat membuka untuk kedua kali atau ketiga kalinya maka ulir yang salah tadi akan ikut tertarik kemudian hancur atau doll. Biasanya hal ini ditandai ketika saat kita membuka baut penyumbat oli terasa keras atau seret, bisa dipastikan jika saat membuka sudah terasa seret, ketika anda pasang kembali akan terjadi doll.

Kesalahan dalam pemasangan sumbat penutup ini bisa dilakukan oleh siapa saja, terlebih lagi oleh mereka yang kerja nya grusa grusu alias terburu buru, baut belum sepenuhnya masuk malah langsung disikat dengan memutar menggunakan kunci baut, padahal memasang baut penyumbat ini juga ada caranya. Cara memasang baut sumbat oli yang benar adalah, pertama kita masukkan baut tersebut kedalam lubang penguras dengan cara diputar menggunakan tangan sampai rapat, baru kemudian kita keraskan dengan tekanan sedikit untuk memperkuat baut tersebut.

Jadi jika pertama kali anda pasang dengan memutar menggunakan tangan, baut belum masuk dengan sempurna dan terasa seret, jangan diteruskan karena sudah pasti anda salah ulir. Jadi bila anda memutuskan ingin mengganti oli mesin sendiri alangkah baiknya melakukanna dengan benar baik itu membuka atau menutup baut penyumbat oli nya, dan pastikan juga kalian selalu mengganti ring atau gasket sumbat oli dengan yang berukualitas agar tidak merusak ulir.

Baca juga : Kеtаhuі сіrі gаѕkеt ѕumbаt оlі уаng tіdаk mеruѕаk ulіr

Semoga tulisan diatas dapat mengklarifikasi pendapat yang menyebutkan bahwa mеnggаntі оlі ѕааt mеѕіn раnаѕ bіѕа mеruѕаk bаut adalah tidak benar karena tidak ada pembuktiannya sama sekali.

Baca juga : Anаlіѕа bukа uѕаhа сuсі mоtоr dеngаn ѕtеаm уаng mеnguntungkаn

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu