Pengertian Torsi Dan Horse Power HP

Aра іtu tоrѕі dаn hоrѕе роwеr аlіаѕ HP - mungkin di telinga kalian sudah tidak asing dengan kedua istilah diatas antara horse power dan juga torsi di dunia otomotif khususnya bila kita membahas mengenai jeroan atau spek mesin. Nah bagi yang sudah lama nongkrong didunia otomotif pasti sudah mengerti dan paham dengan istilah ini.

Lalu bagaimana dengan yang masih awam, belum mengerti dan terkadang malu bertanya sehingga tahu istilahnya namun tidak paham mengenai apa yang dimaksud. Nah pada edisi kali ini kami akan menjelaskan secara gamblang mengenai apa itu Torsi dan HP atau Horse Power pada sebuah mesin baik itu mesin motor roda dua maupun motor roda empat.

 mungkin di telinga kalian sudah tidak asing dengan kedua istilah diatas antara horse powe Pengertian Torsi Dan Horse Power HP

Artі Hоrѕе Pоwеr HP раdа mеѕіn ( ѕаtuаn tеnаgа kudа )

Istilah ini pertama kali diperkenalkan oleh salah satu insinyur yang ada di negara Skotlandia, ia menjelaskan bahwa kuda poni memiliki kemampuan rata rata dalam mengangkut beban seberat 550 pounds atau setara dengan 249,4 kilogram dengan jarak sejauh 30,48cm dalam kurun waktu 1 detik. Nah dari berat sebesar 550 pounds ini kemudian dikalikan 60 detik sehingga menghasikan angka 33.000 foot pounds / minute. Kemudian selanjutnya temuan inilah yang nantinya dijadikan landasan dasar dari ukuran 1 HP atau 1 Horse Power ( tenaga kuda ) ini.



Kesimpulan dari horse power atau tenaga kuda ini kurang lebih adalah, sebuah kemampuan yang mampu mengangkut sebuah beban didalam jangka waktu tertentu atau jumlah tenaga yang mampu dikeluarkan atau dihasikan oleh sebuah mesin dalam waktu tertentu.

Pеngеrtіаn Tоrѕі раdа mеѕіn

Sedangkan torsi sendiri memiliki maksud, suatu gaya yang dibutuhkan untuk memutar sebuah benda pada titik porosnya. Keberadaan torsi ini memiliki arti yang begitu penting guna menggerakkan kendaraan bermotor mulai dari keadaan diam, sampai bergerak atau melaju. Besar kecilnya sebuah torsi yang ada pada mesin ini jug memiliki pengaruh pada percepatan perubahan letak suatu kendaraan dari titik yang satu ke titik yang lain. Torsi bisa juga disebut dengan ukuran dari tenaga yang dihasilkan oleh mesin kendaraan.

Fungѕі dаrі hоrѕе роwеr dаn tоrѕі

Dari pengertian yang telah dijelaskan diatas maka kita bisa menarik sebuah kesimpulan bahwa keberadaan torsi dan juga HP ini memiliki kaitan yang erat walaupun keduanya memiliki perbedaan. Horse power diperlukan untuk menjaga agar laju kendaraan tetap kencang dan semakin kencang, sedangkan torsi dibutuhkan oleh mesin untuk bisa bergerak yang kemudian nantinya akan menghasilkan HP.

Baca juga : Cаrа kеrjа tеknоlоgі NOS раdа mеѕіn mоbіl

Contoh sederhananya adalah sebagai berikut : sebuah kendaraan sedang melaju dengan kecepatan yang tinggi, maka torsi yang diperlukan hanyalah sedikit, Namun agar kecepatan dari kendaraan tadi tetap stabil di kecepatan yang lebih kencang lagi, maka kendaraan tersebut membutuhkan Horse Power yang lebih banyak lagi. Demikian sebaliknya bila mobil yang dalam keadaan diam akan bergerak maka dibutuhkan sebuah torsi yang besar dan sedikit horse power.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu