Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai

Pеngеtаhuаn mоbіl аutоmоtіvеxіѕt - Apakah anda pernah melihat didalam berita televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yang terpasang pada mobil terlepas sehingga menyebabkan mobil tersebut celaka ? Apakah anda penasaran mengenai kenapa ban mobil bisa lepas seperti itu ? Nah pada kesempatan kali ini automotvexist.blogspot.com akan membagikan sedikit pengalaman mengenai beberapa penyebab kenapa ban mobil bisa terlepas sendiri ketika mobil sedang digunakan.

Pеnуеbаb Bаn Mоbіl Lераѕ

Setidaknya ada 3 faktor utama yang dapat menyebabkan kenapa ban mobil bisa terlepas dari dudukannya, dan dari kesemua faktor ini ternyata adalah kelalaian dari manusia, dan dibawah ini adalah beberapa faktor yang membuat ban mobil bisa terlepas ketika dijalankan.

 Apakah anda pernah melihat didalam berita televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
іluѕtrаѕі bаn уаng lераѕ dіjаlаnаn


1. Pеmаѕаngаn mur rоdа kurаng kеnсаng

Kelalaian berupa kurang kencang ketika memasang mur roda adalah faktor terbesar dan terbanyak yang membuat ban bisa terlepas ketika dijalankan. Kemungkinan hanya memasangnya dengan tangan, dilanjutkan dengan menggunakan kunci palang, dan ketika mobil diturunkan dari posisi dongkrak mereka lupa untuk mengencangkan mur roda yang tadinya telah dirapatkan. Biasanya hal ini terjadi setelah adanya pembongkaran ban, misalnya anda pernah servis mobil dan beberapa saat kemudian ban terlepas, bisa jadi si mekanik lupa untuk mengencangkan mur roda.

Untuk mengencangkan mur roda pun ada alat ukurnya yang biasa disebut dengan nama Torsion Bar / kunci moment. Dengan menggunakan alat ini kita dapat mengukur secara tepat kekuatan momen dari baut yang kita keraskan. Terlalu kecil dapat mengakibatkan mur kendor dan bar terlepas, terlalu kencang juga dapat membuat ulir / drat dari mur roda menjadi dol / rusak.

Baca juga : Inі аlаѕаn mеnѕtаrtеr dоrоng mоbіl іtu tіdаk mеruѕаk mеѕіn

2. Pеmаѕаngаn mur rоdа уаng tеrlаlu kеnсаng

Terkadang ada orang yang trauma melihat kejadian ban mobil yang terlepas dijalan raya sehingga ketika melakukan proses bongkar pasang, mereka memutar mur roda dengan kekuatan penuh dan beberapa malah menggunakan pipa besi panjang guna membantu pengerasannya. Padahal yang seperti ini juga akan berdampak buruk, baut roda yang diputar melebihi torsinya dapat dengan mudah patah dan bisa membuat roda roda mobil terlepas.

Ciri dari ban mobil lepas akibat terlalu keras adalah seluruh mur rodanya patah. Agar tidak terjadi hal demikian sebaiknya ketika anda melakukan penggantian ban darurat dijalan raya, sebaiknya kencangkan mur secukupnya dan mampirlah ke bengkel untuk meminta pengecekan torsi dari mur ban tadi.

 Apakah anda pernah melihat didalam berita televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
gаmbаr ѕеоrаng tеknіѕі уаng ѕеdаng mеngеnсаngkаn mur rоdа mеnggunаkаn tоrѕі / kunсі mоmеn


3. Mеnggunаkаn Sрасеr vеlg tаnра mеnggаntі bаut уаng lеbіh раnjаng / аdарtоr


 Apakah anda pernah melihat didalam berita televisi atau melihatnya sendiri sebuah ban yan Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai
gаmbаr аtаѕ ѕрасеr bіаѕа, gаmbаr bаwаh ѕрасеr аdарtоr


Ketika kita memodifikasi velg mobil menggunakan velg aftermarket, sering kali kita harus menambahkan sebuah spacer guna membuat posisi velg agak keluar sehingga bagian dalam velg ini tidak kandas ketika mobil dipakai belok. Bila baut roda anda panjang tidak jadi masalah jika ditambahkan spacer velg, namun bila ternyata baut rodanya pendek dan tidak dilakukan penggantian dengan baut roda yang lebih panjang maka secara otomatis mur roda tidak dapat mengikat secara sempurna ketika dipasang.

Dan hal ini akan membuat ulir baut menjadi ambrol dan ban terlepas. Alternatif lain bila tidak mau mengganti baut roda dengan yang lebih panjang, kalian dapat menggunaan spacer adaptor ketimbang spacer biasa.

Baca juga : Cаrа mеngеnсаngkаn mur rоdа ѕеndіrі ѕеtеlаh mеnggаntі bаn dаrurаt

Nah bagaimana apakah anda sudah memahami penyebab kenapa roda mobil bisa terlepas dijalan raya ? Semoga anda tidak melakukan tindakan yang ceroboh ataupun meremehkan dalam mengganti ban mobil sendiri. Perhatikan dengan seksama kekencangannya agar tidak terlepas dikemudian hari. Semoga bermanfaat dan selamat malam.


Post a Comment for "Penyebab Ban Mobil Lepas Ketika Dikendarai"