Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Bunyi Nguk Di Roda Belakang Mobil Saat Mundur Atau Maju

Pеnуеbаb bunуі раdа bаn bеlаkаng - memang jika membasah masalah yang ada pada mobil seperti tidak ada habisnya karena memang dalam satu unit mobil saja terdapat ribuan komponen yang masing masing bisa mengalami kerusakan, mulai kerusakan yang wajar hingga yang parah.

Dari sekian banyak masalah yang timbul pada sebuah mobil, sebagian besarnya adalah masalah bunyi bunyian yang bisa dibilang sangat mengganggu baik pengguna / pengemudi dan juga orang lain yang kebetulan mendengar bunyi bunyian tersebut. Dan salah satunya adalah bunyi nguk nguk yang ada di roda belakang ketika mobil dimundurkan atau dimajukan. Nah pada kesempatan kali ini penulis akan berbagi pengalaman mengenai penyebab bunyi nguk nguk di ban belakang saat mundur ataupun maju.

 memang jika membasah masalah yang ada pada mobil seperti tidak ada habisnya karena memang Penyebab Bunyi Nguk Di Roda Belakang Mobil Saat Mundur Atau Maju

Pеnуеbаb bunуі nguk nguk dі rоdа bеlаkаng ѕааt mаju / mundur

Untuk mengetahui penyebab yang pasti ada baiknya anda melakukan pengecekan sendiri dengan cara meminta bantuan seorang teman guna memastikan area bunyi yang dimaksud, sedangkan anda sendiri mengetes mobil tersebut maju dan mundur. Namun kebanyakan bunyi nguk ini berasal dari dalam drum brake ( sistem pengereman ) dimana adanya salah satu pin pengunci kampas atau per yang terdapat didalam tromol terlepas sehingga posisi kampas tidak pada posisi semestinya. miring atau menempel pada bagian tromol sehingga timbul gesekan antara besi dan besi.

Baca juga : Kеtаhuі реnуеbаb bаn bunуі kеtіkа bеlоk

Pеngесеkаn bunуі nguk nguk dі bаn bеlаkаng

Bila anda sudah memastikan area mana yang bunyi, selanjutnya anda bisa melakukan pembongkaran drum brake. Caranya adalah kendorkan semua baut roda, kemudian dongkrak gardan belakang mobil sampai ban terangkat dan lepas roda sekaligus drum brake nya. Periksa bagian sepatu rem belakang apakah terdapat cacat ataukah tidak, selanjutnya periksa pin pin pengunci serta perr apakah semua terpasang dengan baik ataukah tidak. Bila anda tidak bisa melakukan pengecekan sendiri, mintalah bantuan teman atau saudara yang bisa dan mengerti tentang mobil untuk menghemat waktu.

Cаrа mеngаtаѕі bunуі nguk nguk dі rоdа bеlаkаng

Seperti yang telah penulis sampaikan diatas bahwa rata rata penyebab bunyi seperti ini adalah karena adanya pin pengunci sepatu rem yang terlepas sehingga membuat posisinya berubah. Untuk memperbaiki hal ini anda bisa membelikan pin pengunci sepatu rem yang banyak dijual di toko sparepart dan memasangnya.

Jika menemukan adanya kerusakan pada kampas dan sekiranya bisa diperbaiki, silahkan dilakukan perbaikan seperti mengampelas bagian kampas rem yang cacat tadi. Begitu juga jika tromol atau drum brake cacat akibat hal ini, bila masih memungkinkan untuk dipakai anda bisa langsung memasang kembali, namun jika cacat parah maka ada baiknya kalian bubut terlebih dahulu drum brake nya.

 memang jika membasah masalah yang ada pada mobil seperti tidak ada habisnya karena memang Penyebab Bunyi Nguk Di Roda Belakang Mobil Saat Mundur Atau Maju

Baca juga : Inіlаh tujuаn dаn mаnfааt mеrоtаѕі bаn mоbіl

Bila anda tidak mau tahu dan tidak ingin repot melakukan ini itu, silahkan saja langsung anda bawa unit mobil yang bermasalah ini kebengkel resmi atau bengkel pinggir jalan langganan yang kalian percaya. Mungkin sampai disini informasi mengenai penyebab bunyi nguk nguk saat mobil maju atau mundur, semoga tulisan diatas bisa menambah ilmu pengetahuan otomotif kepada kalian semua.


Post a Comment for "Penyebab Bunyi Nguk Di Roda Belakang Mobil Saat Mundur Atau Maju"