Penyebab Knalpot Bunyi Tek Tek Saat Mesin Dimatikan

Nоrmаlkаh knаlроt bunуі tеk tеk ? - bagi sebagian pemilik kendaraan bermotor roda dua mungkin pernah mendengar suara bunyi tek tek yang ada di area knalpot motor saat sepeda motor tersebut dimatikan. Bunyi tek tek ini sewaktu pertama mesin dimatikan, suaranya terdengar keras serta jarak ketukan suaranya sangat dekat, namun kemudian setelah beberapa waktu suara serta jarak ketukan tadi akan berangsur menurun dan pada akhirnya tidak akan terdengar lagi.

Pertanyaannya apakah suara tek tek pada knalpot sepeda motor saat dimatikan seperti ini normal ? atau memang ada sesuatu yang salah pada knalpot sepeda motor sehingga timbul suara yang demikian ? Nah untuk menjawab rasa penasaran anda, silahkan dibaca tulisan kami dibawah ini sampai selesai.

 bagi sebagian pemilik kendaraan bermotor roda dua mungkin pernah mendengar suara bunyi te Penyebab Knalpot Bunyi Tek Tek Saat Mesin Dimatikan

Baca juga : Tірѕ ѕеdеrhаnа аgаr mоtоr mаtіk іrіt bаhаn bаkаr

Kеtаhuі реnуеbаb knаlроt mоtоr bunуі tеk tеk

Bunyi tek tek pada knalpot sepeda motor ini sering kita jumpai pada knalpot original bawaan sepeda motor, dan hampir tidak pernah kita jumpai bunyi seperti ini pada knalpot non original alias aftermarket. Bunуі tеk tеk раdа knаlроt ѕереdа mоtоr ini sebenarnya adalah bunyi antar plat knalpot yang didesain sedemikian rupa yang menyusut secara tiba tiba karena knalpot yang semula panas saat dipakai berkendara lansung berangsur dingin karena mesin dimatikan.

Suara seperti ini adalah normal karena memang pada beberapa kendaraan bermotor roda dua menggunakan model knalpot yang didesain dapat untuk bisa menimbulkan suara ( beberapa sumber menyebutkan bahwa teknik pengelasan yang berbeda ). Beberapa lain lagi tidak muncul suara karena adanya perbedaan kontruksi dalam desainnya.

Mаnfааt ѕuаrа tеk tеk раdа knаlроt mоtоr

Nah perbedaan knalpot original dengan knalpot buatan bengkel aftermarket adalah ada dan tidaknya suara knalpot ini. Pada knalpot original memang beberapa manufaktur mengaplikasikan knalpot yang bisa berbunyi tek tek ini untuk mengingatkan para pengguna atau orang yang ada disekitarnya, bahwa knalpot yang mengeluarkan bunyi tersebut adalah knalpot yang masih panas sehingga orang tahu dan tidak menyenggol atau menyentuhnya, dengan kata lain mungkin jika knalpot tadi bisa berbicara dia akan mengatakan " awas minggir, jangan sentuh saya, saya masih panas".

Hal ini sangat jauh berbeda dengan knalpot aftermarket yang tidak ada suaranya sama sekali, sehingga terkadang ada orang yang tidak tahu bahwa knalpot tersebut panas kemudian menyenggolnya. Alhasil kaki kan melepuh. Bahkan penulis sendiri juga pernah mengalami tersengat knalpot racing R9 yang terpasang di sepeda motor teman.

Baca juga : Mаu сuсі mоtоr ѕеndіrі ? Hіndаrі раntаngаn іnі

Nah bagaimana apakah anda sudah sedikit paham dengan suara tik tik atau tek tek yang terdengar di knalpot sepeda motor saat mesin motor dimatikan ? Semoga tulisan diatas bisa memberikan manfaat buat anda yang saat ini mungkin takut ada apa apa dengan motornya.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu