Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Pеnуеbаb kоmрrеѕі mеѕіn bосоr - pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok dan mencoba menyalakan mesin namun tidak kunjung hidup akibat kompresi didalam ruang mesin hilang ? Lalu apa sih penyebab kompresi didalam ruang mesin yang tiba tiba hilang ?

Salah satu faktor yang dapat membuat proses pembakaran didalam ruang bakar dan membuat mesin menjadi menyala atau hidup adalah adanya kompresi atau tekanan udara yang dimampatkan didalam ruang bakar. Tanpa adanya kompresi ini menyebabkan pembakaran didalam ruang mesin tidak terjadi sehingga berkali kali anda coba menyalakan mesin sudah pasti mesin tersebut tidak bisa menyala.

 pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok  Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Kоmрrеѕі mеѕіn tіbа tіbа hіlаng ini biasanya diakibatkan adanya kebocoran pada sistem kompresi itu sendiri di dalam ruang bakar. Setidaknya ada 5 hal yang bisa membuat kompresi mesin bocor yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Adаnуа kеrаk mеnumрuk dі klер

Mesin yang tidak dirawat dengan baik dan asal dalam penggunaan bahan bakar menyebabkan timbulnya kerak yang menumpuk didalam ruang bakar, terutama pada bagian kepala piston dan di bagian pinggir klep intake dan juga exhaust. Kerak yang menempel pada bagian klep ini membuat klep tidak bisa tertutup dengan sempurna sehingga saat mesin dinyalakan, kompresi udara didalam ruang mesin bocor alias ngowos dan kompresi mesin menjadi lemah. Lemahnya kompresi ini menyebabkan gagalnya mesin mobil menyala.

 pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok  Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Jika masalahnya hanya karena tumpukan kerak yang menempel pada bagian bibir klep / valve, maka untuk mengatasi kebocoran kompresi mesin ini adalah dengan cara melakukan pembersihan kerak dan men skir ulang klep / valve agar presisi kembali dengan dudukannya.

Baca juga : Lаkukаn hаl іnі bіlа mеѕіn tіbа tіbа оvеrhеаt dіjаlаn

2. Adаnуа klер уаng сасаt / ruѕаk

Karena saking banyaknya kerak yang menempel dibagian bibir klep baik intake maupun exshaust menyebabkan klep tadi menjadi rapuh dan bisa rusak atau rompal sehingga terlihat lubang yang menganga. Dan karena adanya lubang yang menganga inilah kompresi mesin menjadi lemah bahkan hilang. Klep yang rompal atau cacat parah tidak bisa diperbaiki, dan satu satunya jalan ialah dengan mengganti klep yang rusak tadi dengan yang baru.

3. Kеruѕаkаn rіng ріѕtоn dаn rіng оlі ріѕtоn

Untuk membuat ruang kedap udara, piston dilengkapi dengan beberapa ring melingkar dan juga ring oli. Terkadang ring ini bisa rusak akibat adanya oli yang mengendap dan menjadi gel sehingga ring ring ini tidak bisa bergerak bebas alias lengket. Akibatnya ketika ring piston ini lengket, saat terjadi pembakaran maka api bisa menembus keluar melalui celah ring ini yang malah akan membuat oli yang menjadi gell tadi berubah menjadi kerak oli yang semakin mengunci ring piston pada kondisi menutup. Dan saat mesin dimatikan dan dinyalakan kembali, maka kompresi udara didalam ruang bakar menjadi bocor.

 pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok  Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Kebocoran yang diakibatkan karena ring piston tidak bisa bekerja dengan baik akibat rusak, maka anda perlu melakukan penggantian ring piston, dan juga wajib mengganti packing silinder head, sebab saat mengganti ring piston ini kita harus membuka kepala silinder, sedangkan packing kepala silinder ini bersifat sekali pakai, jika sudah dibongkar tidak bisa digunakan kembali.

4. Kеruѕаkаn lіnеr ріѕtоn

Pada sebuah kontruksi ruang bakar terdapat sebuah komponen yang biasanya disebut dengan nama liner, yakni sebuah lapisan berbentuk tabung silinder tempat jalurnya piston bergerak naik dan turun. Mungkin karena faktor pemakaian atau faktor usia membuat komponen ini mengalami kerusakan, bisa jadi terdapat retak ataupun diameter liner yang semakin membesar akibat gesekan dengan ring piston yang tidak terlumasi dengan baik. Karena liner ini diameternya membesar alias nggentong maka timbul celah atau gap yang memungkinkan udara keluar dari celah ini dan kompresi menjadi bocor.

 pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok  Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Untuk mengetahui kerusakan liner ini kita bisa mendeteksinya dengan dua cara, pertama adalah pengamatan visual guna mencari bagian liner yang mengalami retak atau pecah, dan kedua menggunakan alat ukur khusus guna mengetahui kesamaan diameter liner antar bagian atas, tengah dan juga bawah.

5. расkіng hеаd суlіndеr bосоr / bеngkоk

Pada sebuah mesin baik itu mesin mobil ataupun motor terdapat dua bagian utama yaitu blok mesin dan juga head cylinder. Dan kedua bagian ini dirakit dengan penambahan packing agar tidak terjadi kebocoran baik itu kebocoran fluida radiator, oli ataupun kompresi. Jika bagian packing ini sudah rusak maka bisa menyebabkan bocornya kompresi mesin sehingga membuatnya tidak bisa dinyalakan kembali ketika mesin mati.

 pernahkah anda saat berkendara dijalanan lalu kemudian tiba tiba kendaraan menjadi mogok  Penyebab Kompresi Mesin Bocor

Selain kebocoran packing silinder head, bengkoknya head cylinder saat terjadi overheating ini akan menyebabkan munculnya celah tipis antara kepala silinder, packing dan juga blog mesin sehingga kompresi mesin langsung bocor. Itulah sebabnya kenapa ketika mesin mobil yang panasnya naik alias overheating kemudian mogok, akan sulit untuk di starter kembali akibat hilangnya kompresi didalam ruang mesin.

Kasus kompresi yang bocor ini jarang sekali terjadi pada kendaraan yang benar benar dirawat dengan baik dan hanya terjadi pada mobil atau motor yang salah dalam hal perawatannya, seperti misalnya tidak memakai oli dan bahan bakar sesuai yang dianjurkan, tidak memperhatikan kondisi sistem radiator mesin serta melakukan modifikasi pada ruang mesin yang garapannya tidak bagus alias tidak presisi.
Baca juga : Cаrа mеnіngkаtkаn tеnаgа mеѕіn kеndаrааn
Untuk itu bila kalian ingin memodifikasi mesin sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman dan jangan terlalu ekstrim dalam mengoprek ruang mesin. Dan juga pastikan anda selalu rutin melakukan servis berkala meskipun masa garansi mesin sudah habis.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu