Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Cara Mengatasinya

Tірѕ саrа mеrаwаt аkі - pernahkah anda melihat adanya kotoran berupa serbuk berwarna putih sampai kehijauan yang muncul pada kutub terminal aki, biasanya paling banyak ditemui pada kutub positif ( + ) aki ? Serbuk tersebut adalah sebuah residu yang biasanya terjadi didalam proses pengisian pada baterai aki, dan bila residu ini dibiarkan saja tanpa anda tangani dengan baik, tidak menutup kemungkinan performa dari komponen aki ini akan menjadi kurang baik dan berdampak pada kendaraan bermotor kalian tentunya.

 pernahkah anda melihat adanya kotoran berupa serbuk berwarna putih sampai kehijauan yang  Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Cara Mengatasinya

#Pеnуеbаb munсulnуа ѕеrbuk рutіh раdа kераlа аkі

Penyebab utama kenapa bisa sampai muncul serbuk putih pada kepala aki ( biasanya paling banyak di kutub positif ) adalah karena adanya ketidak seimbangan pada proses pengisian dari ALTERNATOR menuju kedalam aki, biasanya terjadi overcarger sehingga reaksi kimia yang ada didalam aki menyebabkan suhu terminal menjadi lebih panas, dan kemudian panas pada kutub aki ini mengikan beberapa senyawa penyebab kerak dan mengumpul pada kutub terminal aki. Jika dibiarkan maka jumlahnya akan semakin banyak dan bisa membuat korosi pada bagian yang terdapat kerak ini.

Baca juga : Pеrhаtіkаn hаl іnі ѕеbеlum mеmbеlі раnthеr bеkаѕ

Pada awalnya kerak ini pada umumnya berwarna putih salju, namun ketika mesin dimatikan dan mobil disimpan didalam ruangan yang bersuhu dingin, terjadilah pengembunan pada bagian kerak putih ini sehingga embun yang mengumpul membuat tembaga di terminal aki berkarat. Ingat karat tembaga adalah berwarna hijau kebiru biruan, sehingga terkadang kerak hasil residu dari proses pengisian AKI yang tidak sempurna ini berwarna hijau kebiru biruan juga akibat kolaborasi antara residu AKI dengan karat tembaga.

Jadi jika ada yang bilang ada retak pada bagian kepala aki lah itu tidaklah benar dan tidak masuk akal sebab timbulnya serbuk putih di kepala aki tadi adalah hasil residu dari proses pengisian yang tidak seimbang, overcass / overcharger.

#Cаrа mеmbеrѕіhkаn tеrmіnаl аkі dаrі ѕеrbuk рutіh rеѕіdu аkі

Kita mengingat lebih jauh tentang penemuan penemuan baterai dari jaman dahulu yang bahkan dalam uji cobanya, baterai akan langsung bereaksi dan muncul residu pada kedua ujung kutub kutubnya yang membuat baterai tersebut lama kelamaan akan langsung kehilangan tenaga bukan ? hal ini pun juga akan terjadi pada AKI yang diklaim mampu bertahan dari hal demikian bila tidak anda perhatikan tentunya.

Oleh sebab itu mengatasi hal ini sangatlah perlu dilakukan, seperti mengecek arus masuk pengisian hingga melakukan pembersihan terminal AKI. Cara membersihkannya pun cukup mudah sekali, hanya dengan melepas kabel terminal aki, menyiramnya dengan menggunakan air panas serta menyikatnya sudah cukup untuk membersihkan bagian ini. Bila perlu anda bisa mengoleskan grease / gemuk pada ujung terminal aki agar proses munculnya residu bisa dihambat akibat tertutupnya kutub terminal aki oleh grease / gemuk.

Pеngесеkаn tіngkаt lаnjut tеrhаdар аkі

Setelah dilakukan pembersihan pada terminal aki, ada baiknya kalian memeriksakan tegangan pengisian dari alternator kedalam aki karena biasanya pengisian yang terlampau besar atau overcarger dapat mempercepat munculnya serbuk putih pada aki bahkan dapat merusak serta memperpendek usia aki akibat overcas ini. Anda bisa meminta pengecekan tegangan pengisian baterai aki setiap kali melakukan servis dan biasanya tidak dipungut biaya alias gratis, lha wong mek ngecek pake avometer doank kok!!

Baca juga : Akі bаru реrlu dі саѕ аtаu tіdаk ѕеbеlum dіраѕаng ?

Itulah tadi informasi mengenai penyebab munculnya serbuk putih pada aki, tips membersihkan serbuk putih pada aki dan juga hal apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah itu, semoga informasi diatas dapat memberikan manfaat bagi anda pembaca setia blog ini dan tak lupa saya ucapkan terimakasih atas bantuan share nya :).


Post a Comment for "Penyebab Munculnya Kerak Putih Di Aki Dan Cara Mengatasinya"