Penyebab Rem Cakram Motor Blong

Pеnуеbаb rеm саkrаm blоng - salah satu gangguan yang umum terjadi pada kendaraan yang mengaplikasikan rem cakram pada sistem pengereman baik bagian depan ataupun bagian belakang sepeda motor adalah terjadinya blog secara tiba tiba sehingga hal ini sudah pasti sangat membahayakan sekali baik bagi si pengendara itu sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.

Nah penyebab kenapa rem cakram motor tiba tiba blong juga dikarenakan berbagai penyebab, nah pada edisi kali ini kami akan membagikan beberapa faktor penyebab yang membuat rem cakram sepeda motor menjadi blong sehingga kita akan dengan mudah melakukan perbaikan sendiri dirumah.

 salah satu gangguan yang umum terjadi pada kendaraan yang mengaplikasikan rem cakram pada Penyebab Rem Cakram Motor Blong

Pеnуеbаb rеm саkrаm mоtоr blоng


1. Hаbіѕnуа mіnуаk rеm / fluіdа rеm

Salah satu penyebab yang bisa membuat kenapa tiba tiba rem cakram motor kita menjadi blong ialah karena habisnya cairan minyak rem yang ada didalam sistem hidrolis rem tersebut, bisa dikarenakan karena adanya kebocoran pada selang penghubung minyak rem dari master ke piston, ataupun karena tipisnya kampas rem yang menyebabkan minyak rem menjari turun / berkurang dan menyebabkan masuk angin.

Untuk memeriksa apakah minyak rem motor ini sudah habis adalah dengan jalan mengintipnya melalui lubang intip reservoir yang biasanya terletak di bagian setir sebelah kanan sepeda motor. Jika ketinggiannya menurun atau bahkan habis, lakukan pemeriksaan bagian kampas atau bagian selang distributor jika ada yang bocor, lakukan penggantian dan bleding minyak rem.

Baca juga : Inіlаh fungѕі dаrі lubаng уаng аdа раdа саkrаm mоtоr

2. Bосоrnуа ѕеlаng dіѕtrіbutоr mіnуаk rеm

Poin nomor dua ini menyambung dari poin nomor satu diatas yang menyebabkan habisnya minyak rem dari dalam sistem hidrolis sehingga ketika dilakukan pengereman menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sebab untuk mendorong piston rem perlu adanya cairan minyak rem didalam sistemnya, tanpa itu maka rem tidak dapat berfungsi. Untuk itu lakukanlah pemeriksaan kebocoran pada sistem distributor minyak rem dengan jalan memainkan tuas rem sambil melihat apakah ada tetesan minyak rem yang keluar dari dalam selang. Jika ditemukan kebocoran silahkan sesegera mungkin lakukan penggantian selang dan mengisi ulang minyak rem dengan yang baru.

3. Ruѕаknуа kаrеt ѕhеll ріѕtоn kаlіреr dаn mаѕtеr rеm

Faktor lain yang membuat rem cakram menjadi blong selanjutnya adalah karena danya kerusakan pada bagian karet shell yang ada pada piston kaliper ataupun yang ada pada master rem sehingga sewaktu tuas rem ditekan, baik piston yang ada di master rem tidak bisa mendorong dan mendistribusikan tekanan minyak menuju piston kaliper, ataupun master rem berfungsi namun karena adanya kerusakan pada shell di bagian piston menyebabkan minyak rem ini menjadi bocor / merembes. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan OH rem dan melakukan penggantian karet sheel.

4. Tіріѕnуа kаmраѕ rеm саkrаm dераn

Seiring penggunaannya tentu aja kampas rem yang semula sangat tebal berubah menjadi tipis akibat terkikis secara terus menerus sesuai dengan penggunaan. Dan tipisnya kampas rem ini membuat piston lebih menonjol keluar dan menyebabkan ketinggian minyak rem menjadi menurun. Turunnya minyak rem ini bisa saja membuat gelembung udara ikut masuk kedalam saluran sistem rem saat kita melakukan pengereman.

Akibatnya rem cakram menjadi masuk angin dan menjadi blong. Untuk mengatasi hal ini cukup ganti kampas rem yang sudah tipis dengan yang baru, kemudian lanjutkan dengan membleding minyak rem guna mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap didalamnya.

Baca juga : Mіtоѕ nуаlаkаn mоtоr раkе ѕtаrtеr kаkі lеbіh bаіk dаrі ѕtаrtеr еlеktrіk

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa rem cakram sepeda motor tiba tiba saja blong, bila anda tidak pernah terbiasa mengutak atik atau membongkar sepeda motor sendiri alangkah baiknya serahkan pada ahlinya dan lakukan perbaikan ke bengkel sepeda motor terdekat yang bisa kalian temui.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu