Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Rem Mobil Blong Dan Kurang Pakem

Pеngеtаhuаn ѕіѕtеm rеm mоbіl - mengendarai mobil dengan kondisi rem yang tidak bagus seperti rem yang macet atau bahkan blong sangatlah berbahaya sekali, terlebih jika anda sedang berkendara dijalanan yang padat, bisa bisa anda tidak dapat mengendalikan laju mobil dengan sempurna dan terjadi tabrakan kecil dengan mobil lain yang ada didepan anda. Tentu hal ini akan menambah panjang masalah yang anda hadapi.

Belum lagi jika sewaktu anda berkendara, tiba tiba ada seseorang yang menyeberang tanpa memperhatikan jalan, atau ada pengendara motor yang seenak udelnya melakukan manuver tiba tiba akan terjadi kecelakaan fatal akibat kurang pakemnya rem mobil yang kalian kendarai. Lalu apa sih yang menyebabkan rem mobil ini menjadi loss atau blong ? Nah pada kesempatan kali ini saya sebagai penulis akan memberikan sedikit penjelasan ringan mengenai penyebab terjadinya rem blong ini sehingga anda bisa dengan cepat tanggap melakukan penanganan yang tepat.

 mengendarai mobil dengan kondisi rem yang tidak bagus seperti rem yang macet atau bahkan  Penyebab Rem Mobil Blong Dan Kurang Pakem


Pеnуеbаb rеm mоbіl lоѕѕ аtаu blоng


1. Rеm blоg аkіbаt mіnуаk rеm dі rеѕеrvоіr turun

Seiring penggunaan rem dapat membuat kondisi kampas rem mobil ini menjadi semakin menipis dan habis. Menipisnya kampas rem ini tentu akan mempengaruhi ketinggian piston kaliper rem saat menekan kampas, semakin kampas menipis maka otomatis piston rem pun semakin memanjang, akibatnya minyak rem yang dibutuhkan didalam selang saluran minyak rem semakin banyak dan berimbas pada menurunnya minyak rem yang ada pada tabung reservoir.

Jika persediaan minyak rem didalam tabung reservoir ini habis, maka ketika pedal rem diinjak, udara akan ikut terhisap masuk dan menyebabkan rem masuk angin. Ciri mobil masuk angin akibat kejadian seperti diatas adalah ketika anda menginjak pedal rem akan terasa lebih enteng, rem bisa berfungsi namun tidak begitu maksimal alias nggembos.

 mengendarai mobil dengan kondisi rem yang tidak bagus seperti rem yang macet atau bahkan  Penyebab Rem Mobil Blong Dan Kurang Pakem

Nah bila sudah demikian maka rem mobil anda menjadi bermasalah seperti kurang pakem, gembos dan yang paling parah adalah rem mobil menjadi blong. Maka dari itu sebaiknya anda selalu memperhatikan ketinggian minyak rem yang ada pada tabung reservoir, jika menurun artinya kampas rem sudah menipis, bila belum sempat melakukan penggantian kampas rem ada baiknya anda menambahkan minyak rem di tabung reservoir ini sampai batas maksimanya.

Dan ketika kampas rem diganti baru, piston harus kembali didorong kedalam yang menyebabkan minyak kembali naik dan memenuhi tabung reservoir. Karena tadi sudah pernah ditambah maka sebaiknya sebelum dilakukan penggantian kampas, minyak rem yang ada didalam tabung reservoir dikurangi ( teknisi biasanya sudah tahu akan hal ini ).


2. Rеm mоbіl blоng kаrеnа kеbосоrаn ѕаlurаn ѕіѕtеm реngеrеmаn

Penyebab kenapa rem mobil bisa blong selanjutnya adalah karena adanya kebocoran yang terjadi pada sistem saluran minyak remnya. Bisa jadi ada bagian kabel atau selang minyak rem yang bocor kecil, atau bisa juga disebabkan karena adanya kebocoran pada seal piston kaliper tromol belakang.

Untuk mengeceknya anda harus membuka drum brake dan memeriksanya secara visual, bila ditemui adanya rembesan minyak rem pada bagian piston rem tromol, alangkah baiknya dilakukan penggantian seal piston. Begitu juga jika ditemukan adanya kebocoran pada selang minyak rem juga sebaiknya dilakukan penggantian dengan part yang baru.


3. Rеm blоng kаrеnа kеruѕаkаn bооѕtеr rеm

Booster rem ini ialah salah satu komponen yang membantu memaksimalkan tekanan pedal rem yang kemudian dapat mendorong piston master rem dengan baik. Jika booster rem ini sampai rusak bisa mengakibatkan rem menjadi tidak pakem atau blong. Selain itu pedal rem pun menjadi terasa keras saat diinjak serta membuat kondisi mesin mobil juga lebih susah untuk idle / langsam. Ciri booster rem bermasalah adalah ketika anda menginjak pedal rem akan terasa keras dan muncul bunyi berdesis.


4. Rеm blоng kаrеnа ѕеаl kіt dі mаѕtеr rеm аuѕ

Penyebab kenapa rem mobil bisa ngeblong selanjutnya ialah dikarenakan ausnya komponen seal yang terdapat didalam master silinder yang berfungsi untuk mengunci fluida minyak rem agar tidak kembali saat piston rem ditekan.

 mengendarai mobil dengan kondisi rem yang tidak bagus seperti rem yang macet atau bahkan  Penyebab Rem Mobil Blong Dan Kurang Pakem

Penyebab ausnya karet seal ini biasanya dikarenakan adanya air yang masuk kedalam master silinder rem yang menyebabkan timbulnya karat. Kemudian karat inilah yang selanjutnya bisa dengan cepat mengikis permukaan karet seal dengan cepat dan menyebabkan kebocoran pada sistem master rem. Untuk memperbaikinya harus dilakukan pengecekan dengan seksama, bila kerusakan hanya terjadi pada seal dan master silinder rem tidak cacat bagian dalamnya, kalian bisa melakukan penggantian seal nya saja. Namun jika sudah ada cacat didalam master rem, saran terbaik adalah diganti dengan yang baru.

Baca juga : Awаѕ іnjаk rеm tеrlаlu lаmа ріѕtоn rеm bіѕа оvеrhеаt

5. Rеm blоng аkіbаt kеhаbіѕаn kаmраѕ rеm

Dan penyebab rem mobil menjadi blog selanjutnya adalah karena habisnya kampas rem mobil sehingga hanya tersisa plat besi saja. karena kampas rem sudah habis, maka ketika pedal rem diinjak, hanya terjadi gesekan antara plat besi dan juga rotor disc sehingga rem menjadi kurang pakem dan loss. Ciri utama habisnya kampas rem ini ialah timbulnya bunyi mencicit dan sangat berisik tiap kali pedal rem diinjak.

Baca juga : Cаrа mеnghеntіkаn mоbіl kеtіkа rеm blоng



Post a Comment for "Penyebab Rem Mobil Blong Dan Kurang Pakem"