Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sensor ABS Menyala Dan Cara Menanganinya

Antі lосkіng brаkе ѕуѕtеm - hampir rata rata kendaraan modern masa kini terutama kendaraan yang sudah menyasar kelas menengah keatas sudah dilengkapi dengan sebuah teknologi Anti Locking Brake System atau yang biasa disingkat dengan istilah ABS baik itu pada kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat. Untuk pembahasan kita kali ini lebih fokus membahas masalah yang biasanya timbul pada kendaraan roda empat alias mobil mengenai penyebab kenapa sensor ABS menyala.

Teknologi ABS adalah sebuah teknologi yang disematkan pada sebuah sistem pengereman pada kendaraan bermotor, fungsi utamanya adalah untuk menjaga agar sistem pengereman tidak terkunci pada saat di rem secra mendadak yang dapat mengakibatkan mobil atau motor kehilangan kendali. Untuk mempersingkat waktu anda bisa membaca kembali pada artikel kami sebelumnya mengenai pengertian ABS, fungsi ABS serta cara kerja dari ABS ini pada artikel berjudul fungsi dan pengertian ABS.

 hampir rata rata kendaraan modern masa kini terutama kendaraan yang sudah menyasar kelas  Penyebab Sensor ABS Menyala Dan Cara Menanganinya


Seringkali masalah yang timbul dari banyaknya keluhan para pemilik mobil adalah sensor ABS yang ada didalam panel instrumen dasboard menyala sehingga terkadang membuat mereka sedikit panik, lalu apakah sebenarnya penyebabnya sampai sampai sensor ABS tersebut menyala ?

Pеnуеbаb ѕеnѕоr ABS mеnуаlа


#Putuѕnуа kаbеl ѕеnѕоr ABS

Salah satu penyebab yang seringkali membuat lampu indikator ABS menyala adalah karena adanya salah satu dari ke empat kabel sensor ABS yang putus entah itu karena tersepit, digigit tikus atau putus karena kesalahan dari proses pembongkaran bearing atau kesalahan pemasangan kembali komponen tersebut oleh tenaga yang kurang ahli dan tidak paham mengenai sistem ABS ini.

Untuk memastikan apakah benar ada salah satu kabel sensor yang putus, kalian bisa mengeceknya sendiri dengan melihat kebawah kolong mobil, di setiap poros as roda biasanya terdapat sebuah kabel kecil ( kabel sensor ABS ), coba perhatikan apakah ada kabel yang putus ataukah tidak. Bila iya kalian bisa mencoba menyambungnya sendiri atau langsung membawa kendaraan kalian ke bengkel resmi untuk dilakukan perbaikan.

Baca juga : Aраkаh аkі bаru bіѕа lаngѕung dіраkаі ? bеrіkut реnjеlаѕаnnуа

#Kеѕаlаhаn dаlаm реmbоngkаrаn

Biasanya di bengkel non resmi yang sebagian tenaga ahli mereka tidak mengetahui apa itu ABS melakukan kecerobohan seperti salah satunya lupa memasang gear sensor ABS atau malah memutuskan kabelnya ketika merakit kembali setelah melakukan pembongkaran. Bahkan jika posisinya terbalik ketika memasang bisa membuat indikator ABS ini menyala.

Untuk mengatasi hal ini caranya sama, kalian tinggal melongok bagian bawah mobil tepatnya pada bagian as roda, bandingkan antara yang kiri dan yang kanan, apakah ada perbedaan ataukah tidak. Bila kalian kurang begitu paham juga, bisa meminta tolong orang yang paham atau bisa langsung membawa mobil kesayangan ke bengkel servis resmi terdekat.

 hampir rata rata kendaraan modern masa kini terutama kendaraan yang sudah menyasar kelas  Penyebab Sensor ABS Menyala Dan Cara Menanganinya
dіdаlаm lіngkаrаn аdаlаh bеbеrара kоmроnеn аbѕ

baca juga : Lаmрu ABS mеnуаlа ѕеtеlаh gаntі AS rоdа

#Adаnуа mаlfungѕі ABS / сасаt bаwааn раbrіk

Walaupun hal ini sangat jarang terjadi namun tidak menutup kemungkinan hal ini akan terjadi pada mobil anda. Untuk memeriksa kegagalan sistem karena malfungsi dari awal perakitan komponen, kita tidak bisa memeriksanya sendiri melainkan harus meminta bantuan bengkel resmi. Biasanya mereka akan memeriksanya dengan menggunakan komputer / modul khusus seperti modul GTS, CONSULT, ataupun INTELIGENT TESTER. Kerusakan akibat cacat dari pabrik ini akan diganti dengan komponen baru dan tentu saja gratis dari produsen kendaraan selama masih dalam masa garansi.

Cаtаtаn

Menyalanya lampu indikator ABS ini sebenarnya tidaklah berbahaya sebab lampu yang menyala ini hanyalah menandakan bahwa sistem ABS tersebut mengalami kegagalan fungsi alias malfunction, proses mengerem tetap bisa berjalan namun tidak maksimal. Nah itulah sedikit informasi mengenai masalah kenapa lampu sensor ABS menyala dan cara penanganannya. Semoga bermanfaat.

Beberapa artikel seputar rem ABS dibawah ini mungkin juga bermanfaat buat anda.




Post a Comment for "Penyebab Sensor ABS Menyala Dan Cara Menanganinya"