Penyebab Setir Mobil Tidak Bisa Belok Tajam

Sеtіr mоbіl bеlоk kurаng tаjаm - pernahkah anda memiliki masalah mengenai setir mobil yang kalian pakai tidak bisa melakukan belok atau turning radius dengan tajam ? misalya jika anda memakai mobil teman bisa belok dengan sekali putar, namun dengan mobil merk dan jenis yang sama milik anda, ketika akan belok membutuhkan ruang yang lebih besar, sehingga anda harus maju dan mudur tidak seperti mobil milik teman kalian ?

Penyebab mobil tidak bisa belok tajam ini dipengaruhi oleh banyaknya putaran setir kemudi total, Rata rata setir mobil bisa berputar dari full mentok kiri ke mentok kanan adalah 3.5 sampai 4 putaran penuh. Dan beberapa hal yang bisa mempengaruhi kenapa setir mobil tersebut putarannya terbatas, mungkin hanya 3 putaran saja dikarenakan oleh dua hal.

 pernahkah anda memiliki masalah mengenai setir mobil yang kalian pakai tidak bisa melakuk Penyebab Setir Mobil Tidak Bisa Belok Tajam

Yang pertama adalah karena setelah pembatas turning radius atau yang biasa disebut dengan stopper. Stopper ini sering kita temui pada mobil jadul seperti isuzu panther, kijang kapsul, truk dan lain sebagainya.

Hal yang bisa membatasi kenapa putaran setir sangat terbatas selanjutnya adalah karena setelah tierod yang salah, sudut toe in yang terlalu masuk dapat menyebabkan sudut putaran setir menjadi lebih pendek.

Untuk mеngаtаѕі ѕеtіr mоbіl уаng tіdаk bіѕа dіbuаt bеlоk tаjаm anda bisa menyetel kedua penyebab diatas, yakni menyetel baut stopper dan juga menyetel sudut toe in. Khusus penyetelan sudut toe in ini anda tidak bisa sembarangan dan sebaiknya langsung diserahkan ke ahli spooring saja, sebab jika anda secara asal menyetel dengan ilmu "kira kira" yang ditautkan adalah besarnya sudut toe tadi berubah jauh dan malah menyebabkan ban makan dalam.

Untuk total putaran kemudi yang disarankan adalah sebanyak 4 putaran, yakni dari posisi lurus, dapat diputar 2 putaran penuh kekiri, dan juga 2 putaran penuh kekanan sehingga totalnya adalah 4 putaran penuh. Memang bisa disetel sesuai yang anda inginkan misalnya menjadi total 5 putaran, namun hal ini akan berdampak buruk pada mobil, terutama ban bisa kandas di area bawah yang nantinya malah akan timbul masalah lain.

Baca juga : Tірѕ mеnѕtаrtеr mоbіl dеngаn саrа dіdоrоng



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu