Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Mesin Turbo Biasa Dan Turbo Intercooler

Turbо bіаѕа VS turbо іntеrсооlеr - turbo intercooler adalah salah satu varian dari desain mesin turbocharger. Antara turbocharger biasa dan turbocharger intercooler tentu memiliki perbedaan yang sangat menonjol yakni ada dan tidaknya komponen intercooler yang bentuknya mirip seperti radiator, hanya saja fungsinya berbeda, intercooler hanya berfungsi untuk mendinginkan udara panas yang dihasilkan oleh mesin turbocharger sebelum dimasukkan kedalam intake manipol.

Dengan adanya komponen intercooler ini, maka udara yang telah didinginkan dan dimasukkan kedalam ruang bakar membuat kompresinya menjadi lebih padat lagi sehingga tenaga mesin yang dihasilkan jauh lebih besar dan lebih hemat bahan bakar dibandingkan kendaraan yang menggunakan turbo biasa.
 turbo intercooler adalah salah satu varian dari desain mesin turbocharger Perbedaan Mesin Turbo Biasa Dan Turbo Intercooler

Pеrbеdааn turbосhаrgеr dаn turbосhаrgеr wіth іntеrсооlеr

Karena adanya perbedaan komponen kit intercooler dalam struktur desainnya, membuatnya memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan mesin turbocharger biasa yang diantaranya adalah sebagai berikut :

Udara yang masuk kedalam ruang bakar lebih dingin jika menggunakan intercooler, sehingga udara yang dikompresi menjadi lebih padat.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin menjadi lebih bertenaga karena tingginya tingkat kepadatan udara yang terkompresi didalam ruang bakar.

Bahan bakar menjadi lebih irit lagi karena point diatas, dimana dengan jumlah bahan bakar yang sama, tenaga yang dihasilkan bisa berbeda dengan adanya komponen intercooler ini. Jika mesin turbo biasa mampu menghemat 15 sampai 30% bahan bakar, maka dengan ditambahkan intercooler bisa mencapai 40% lebih efisiensi bahan bakarnya.

Nah dari perbandingan diatas tentu turbocharger intercooler memiliki keunggulan telak. Buat anda yang mobilnya masih menggunakan turbo biasa dan ingin memakai intercooler, bisa membeli perangkat kit intercooler yang banyak dijual di toko aksesoris mobil khususnya aksesoris yang berhubungan dengan speed.

Untuk harga intercooler kit ini berbeda beda tergantung merk apa yang kalian beli. Dan tentu saja merk bagus kualitasnya juga tidak diragukan lagi.


Post a Comment for "Perbedaan Mesin Turbo Biasa Dan Turbo Intercooler"