Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak

Kеruѕаkаn turbосhаrgеr аkіbаt mеnutuр EGR - salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh pemilik kendaraan bermesin diesel guna meningkatkan tenaga mesin adalah dengan jalan menutup saluran EGR atau Engine Gas Recirculating, yakni sebuah saluran yang menyalurkan sisa gas buang untuk dikembalikan lagi kedalam ruang mesin untuk selanjutnya bakar lagi pada proses pembakaran selanjutnya.

Alasan kenapa orang lebih memilih untuk menutup saluran EGR ini adalah agar udara panas yang dihasilkan dari sisa pembakaran tidak masuk lagi kedalam ruang mesin, mengingat udara ini masih sangat panas sehingga jika dimasukkan kembali ke ruang mesin dan dikompresi, kompresi yang dihasilkan menjadi lemah dan tenaga mesin diesel menjadi loyo. Istilah untuk penutupan saluran EGR ini dikenal dengan istilah POWER UP MESIN DIESEL. Untuk penjelasannya akan kami sertakan link tutorial diakhir artikel.

Kerusakan turbocharger akibat menutup EGR Resiko Menutup Saluran EGR Turbocharger bisa rusak


Rеѕіkо mеnutuр ѕаlurаn EGR dі mеѕіn dіеѕеl

Melakukan power up mesin diesel dengan jalan menutup saluran EGR ini bukan tanpa resiko, bahkan resiko menutup saluran EGR ini bahkan sangat beresiko terhadap usia pakai mesin turbocharger. Alasannya adalah ketika kita menutup saluran EGR, maka gas sisa pembakaran ini tidak bisa kembali kedalam ruang mesin melalui intake, dan akhirnya gas sisa ini langsung didistribusikan langsung keluar melalui lubang knalpot mobil, sedangkan besarnya lubang knalpot dengan gas sisa yang di keluarkan akibat ditutupnya saluran EGR ini menjadi tidak seimbang.

Gas sisa lebih banyak dari kemampuan knalpot dalam membuang gas buang, akibatnya adalah naiknya tekanan gas buang didalam saluran turbocharger serta lebih meningkatnya suhu panas dari mesin turbocharger akibat menumpuknya udara panas dari dalam ruang bakar. Dan pada akhirnya hal ini lambat laun akan membuat mesin turbocharger menjadi cepat mengalami kerusakan, terutama pada bagian turbin dan juga ring cartridge turbin yang menyebabkan oli masuk kedalam ruang bakar dan malah juga mengganggu kinerja mesin diesel.

Lаlu bаgаіmаnа саrа mеnаіkkаn tеnаgа mеѕіn ѕеlаіn mеnutuр ѕаlurаn EGR ?

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan tenaga atau power dari sebuah mesin yang salah satunya adalah dengan memasang komponen intercooler pada perangkat turbocharger anda. Dengan adanya komponen intercooler ini, maka udara terkompresi yang dihisap dan didorong oleh mesin turbocharger kedalam ruang bakar menjadi lebih dingin. Hasilnya adalah kompresi mesin menjadi lebih tinggi sehingga tenaga atau power yang dihasilkan oleh mesin menjadi meningkat. Untuk pembelian perangkat intercooler bisa kalian tanyakan di toko aksesoris dan modifikasi mesin di kota tempat anda tinggal.

Nah bagaimana ternyata menutup saluran EGR juga memiliki resiko bukan ? Selain beresiko mempercepat kerusakan mesin turbo yang harganya sangat mahal itu, juga bisa mengganggu kinerja mesin mobil. Semoga tulisan ini bisa memberikan wawasan kepada anda mengenai efek yang ditimbulkan dari menutup saluran EGR pada mesin diesel, dan jangan lupa dibantu share :).

Untuk artikel lain yang berkaitan dengan tulian diatas bisa kalian baca juga melalui list dibawah ini.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu