Sepeda Motor Hilang Kompresi Apa Yang Harus Diganti ?

Mоtоr hіlаng kоmрrеѕі - mungkin ada beberapa diantara pembaca yang saat ini kebingungan mengenai suku cadang apa saja yang sebaiknya diganti saat sepeda motor kehilangan kompresi pada ruang mesinnya. Nah penjelasan dibawah ini mungkin bermanfaat buat anda yang motornya tidak bisa mengeluarkan tenaga maksimal atau bahkan mogok akibat hilangnya kompresi mesin.


Pеnуеbаb kоmрrеѕі mеѕіn hіlаng

Salah satu syarat agar mesin bisa dikompresi dengan baik maka beberapa komponen seperti ring piston, liner atau boring dan juga katup atau klep dalam keadaan rapat alias tidak ada celah yang mengakibatkan udara ngowos saat langkah kompresi terjadi. Bila ada salah satu bagian seperti misalnya ring kompresi piston sudah aus, atau katup intake dan exhaust tidak presisi maka bisa mengakibatkan kompresi mesin menjadi lemah bahkan hilang.

Baik itu mesin mobil ataupun mesin motor prinsip dasarnya adalah sama, untuk lebih jelas mengenai apa saja penyebab kenapa kompresi mesin bisa bocor silahkan baca dibawah ini.

Baca juga : Kеtаhuі реnуеbаb kоmрrеѕі mеѕіn bіѕа bосоr


Sраrераrt уаng реrlu dіgаntі аgаr kоmрrеѕі mеѕіn kеmbаlі ѕеmрurnа

Bila sepeda motor kalian mengalami kehilangan kompresi maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap 3 komponen penting yaitu boring, klep atau valve dan ring piston. Jika ring piston macet atau aus lakukan penggantian, begitupun dengan boring atau liner piston jika mengalami cacat.

Untuk klep atau valve anda bisa melakukan skir klep agar klep ini bisa presisi kembali, namun jika ternyata klep nya bengkok lakukan penggantian dengan klep yang baru dan lakukan pengecekan kenapa klep tadi bisa bengkok ( mungkin timing salah ).

Jangan lupa ganti juga gasket head cylinder atau perpak silinder head sepeda motor sebab perpak ini sebenarnya adalah komponen sekali pakai, jika pernah dibongkar maka wajib mengganti yang baru ( walaupun mungkin yang lama masih bisa dipakai ). dengan melakukan beberapa hal diatas maka kompresi mesin anda akan kembali seperti semula.

Semoga bermanfaat.



Post a Comment

0 Comments

Close Menu