Supercharger Kekurangan Kelebihan Supercharger

Kеlеbіhаn ѕuреrсhаrgеr - setelah pada pertemuan sebelumnya kita sempat membahas mengenai apa itu turbocharger, maka pada kesempatan kali ini kita akan membahasa mengenai apa itu supercharger yang biasanya kita temui pada mobil super.

Sekilas supercharger nampak sama dengan turbocharger jika dilihat dari fungsinya yakni digunakan untuk menambah pasokan oksigen kedalam ruang bakar mesin agar nantinya diperoleh kompresi yang tinggi, tingginya kompresi mesin inilah yang nantinya akan meningkatkan power sebuah mesin kendaraan.

 setelah pada pertemuan sebelumnya kita sempat membahas mengenai apa itu turbocharger Supercharger Kekurangan Kelebihan Supercharger

Perbedaan yang paling mencolok yang ada pada supercharger dibandingkan dengan turbocharger ialah bentuk kontruksinya dan cara pengoperasiannya. Jika pada turbocharger cara mengoperasikannya adalah dengan memanfaatkan tenaga dorong dari udara sisa pembakaran yang keluar melalui exshaust, maka pada supercharger ini langsung dihubungkan ke putaran mesin.

Untuk kendaraan yang dari manufaktur nya sudah didesain dengan supercharger, maka posisinya langsung menyambung / menyatu kedalam mesin, sedangkan untuk produk aftermarket biasanya komponen supercharger ini dipasang dekat dengan mesin ( biasanya diatas mesin atau disamping ) dan untuk cara mengoperasikannya adalah dengan cara menghubungkan pulley crankshaf ke pulley penggerak supercharger menggunakan drive belt.

Kеlеbіhаn mеѕіn ѕuреrсhаrgеr

Dari namanya yang sudah menyandang kata "super" ternyata memang nama itu pantas disandang oleh komponen ini. Kelebihan utama supercharger yang tidak dimiliki oleh turbocharger adalah kemampuannya dalam meningkatkan tenaga mesin secara merata baik itu pada putaran rendah / bawah sampai pads putaran tinggi, karena putaran turbin supercharger ini langsung terhubung ke mesin. Jadi anda tidak akan menemukan efek akselerasi yang nggembos seperti mobil bermesin turbocharger dimana pada awal awal kita menginjak pedal gas, tenaga tidak akan langsung terasa dan ada jeda waktu sepersekian detik.

Kеkurаngаn ѕuреrсhаrgеr

Walaupun telah menyandang nama yang wah, ternyata supercharger ini juga memiliki kelemahan yang bisa dikatakan wah. Karena komponen supercharger ini dioperasikan langsung ke mesin, maka supercharger ini bisa menyerap atau mengambil setidaknya 1/3 dari keseluruhan tenaga mesin sehingga bisa dikatakan bisa boros bahan bakar. Terlebih jika kalian memakainya di putaran bawah saja.

Sedangkan ketika mesin sudah mencapai putaran atas maka tenaga atau power yang dihasilkan oleh mesin menjadi berlipat hingga 3 kali lipatnya. Oleh karena itu supercharger ini sangat cocok dipasang pada mobil yang membutuhkan kecepatan tinggi seperti mobil supersport premium. Sepertinys kelemahan ini bisa ditolerir dengan kemampuannya menghasilkan tenaga yang juga super.

Jika anda berminat untuk memasang komponen supercharger ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan. Yang pertama adalah dimana anda akan menggunakan mobil ini, apakah dijalanan kosong seperti di padang gurun arab ataukah di jalanan macet seperti di jakarta. Layaknya buah simalakama upercharger sangat tidak cocok jika anda pasang pada mobil yang sering terkena macet karena bisa dipastikan pemborosan bahan bakar bisa sampai 2 hingga 3 kali lipatnya juga.
Baca juga : Turbосhаrgеr іntеrсооlеr kеlеbіhаn dаn kеkurаngаnnуа

Nah dari uraian diatas tentu anda sudah mengerti dan faham bagaimana bentuk dari supercharger, cara kerja supercharger beserta fungsinya. Semoga bermanfaat untuk anda.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu