Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Mobil Xenia Avanza Tidak Boros Dengan Melakukan Reset ACU

Tірѕ hеmаt bаhаn bаkаr аvаnzа xеnіа - seringkali pengguna mobil sejuta umat yakni avanza dan xenia merasakan performa kendaraannya menjadi menurun, dan yang paling parah lagi adalah mengaku bahwa konsumsi bahan bakar kendaraan tersebut menjadi lebih boros 1 liter atau bahkan lebih dari biasanya. Memang penyebab borosnya bahan bakar ini banyak sekali seperti cara si pengemudi melakukan akselerasi, faktor muatan yang terlalu berlebih hingga karena kesalahan ECU mobil dalam menganalisa sistem pengapian.

Untuk kesempatan kali ini kita akan khusus membahas cara mereset ECU mobil xenia - avanza agar konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. ECU adalah kependekan dari Engine Control Unit dan biasa disebut juga sebagai ECM atau Engine Control Module dimana perangkat ini berfungsi sebagai otak komputer mobil, ECU ini mengumpul seluruh data dari sensor sensor yang ada pada sebuah mobil, yang nantinya akan diproses.

 seringkali pengguna mobil sejuta umat yakni avanza dan xenia merasakan performa kendaraan Tips Agar Mobil Xenia Avanza Tidak Boros Dengan Melakukan Reset ACU

Baca juga : Wаѕраdаlаh іnі сіrі mоntіr bеngkеl уаng mеnсоbа mеnірu аndа

Nah karena ECu ini juga buatan manusia, tentu saja akan ada kesalahan kesalahan dalam mengolah informasi yang diterima melalui sensor sensor yang tertanam pada sebuah mobil, misalnya kesalahan membaca sensor udara yang masuk sehingga ECu ini mengirim bahan bakar yang terlalu banyak kedalam ruang bakar, hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melakukan RESET ECU pada mobil avanza - xenia ini.

Cаrа mеrеѕеt ECU mоbіl аvаnzа - xеnіа


Untuk mereset komputer mobil sejuta ini caranya cukup mudah yakni hanya dengan mencabut beberapa sekring yang berada pada rumah sekring yang posisinya terletak didalam kabin mesin sebelah kanan, kemudian menunggu beberapa menit baru kemudian memasangkan sekring yang telah dicabut ke posisi sebelumnya. Anda bisa membaca terlebih dahulu buku pedoman pengguna antara halaman 151 sampai 153 yang menjelaskan hal ini. Silahkan anda cabut beberapa sekring dibawah ini selama kurang lebih 5 hingga 10 menit an, ada bebrapa orang yang menyarankan cukup 2 menit an, namun untuk hasil yang lebih baik anda bisa menunggu selama 10 menit an sambil ngopi.

#Sеkrіng уаng реrlu dісаbut gunа mеrеѕеt ECU mоbіl Avаnzа - Xеnіа

Beberapa sekring yang perlu anda cabut guna melakukan reset ECu adalah sebagai berikut :


  • Sеkrіng EFI  ( 15 A )
  • Sеkrіng Stор ( 10 A )
  • Sеkrіng tаіl   ( 10 A )


#Tаhар аkhіr ѕеtеlаh mеlаkukаn rеѕеt ECU

Ketika ECU mobil direset, maka secara otomatis komputer akan mempelajari kembali kebiasaan mobil mulai dari awal sehingga komputer akan memahami karakteristik mobil. Untuk itu lakukan hal hal dibawah ini setelah anda selesai memasangkan kembali sekring sekring yang telah dicabut diatas.


  • Nуаlаkаn kеndаrааn kurаng lеbіh ѕеlаmа 5 hіnggа 10 mеnіt tаnра bеbаn, аrtіnуа ѕеmuа kеlіѕtrіkаn tеrmаѕuk AC dаlаm kоnѕіѕі mаtі.
  • Sеlаnjutnуа nуаlаkаn AC mоbіl, nуаlаkаn jugа ѕеmuа kеlіѕtrіkаn tеrmаѕuk аudіо mоbіl dаn bіаrkаn kurаng lеbіh ѕеlаmа kurаng lеbіh ѕеlаmа 5 mеnіt аn.
  • Sеtеlаh 5 mеnіt bеrlаlu ѕіlаhkаn dіmаtіkаn ѕеmuа lаmрu lаmрu dаn реrаngkаt аudіо, ѕеdаngkаn AC mаѕіh dаlаm kоndіѕі mеnуаlа dаn bіаrkаn ѕеlаmа 1 mеnіtаn bаru kеmudіаn AC mоbіl bіѕа dіmаtіkаn.
  • Dаn уаng раlіng аkhіr аdаlаh dеngаn mеnjаlаnkаn mоbіl dеngаn саrа уаng bаіk dаn bеnаr, tіdаk dі ѕеntаk аtаu dіblеуеr gаѕnуа.


Setelah tahapan diatas selesai maka proses melakukan reset ECU mobil dianggap rampung alias beres dan mobil sudah dalam keadaan fresh dan siap untuk diajak jalan jalan lagi.

#Fungѕі mеrеѕеt ECU раdа kеndаrааn mоbіl

Fungsi utama dari kegiatan mereset ECU ini adalah untuk menghapus beberapa informasi trouble yang tersimpan didalam memory komputer mobil, serta mengembalikan kalibrasi ECU sesuai dengan setting pabrikan. Bila didalam sebuah ponsel kurang lebih adalah melakukan instal ulang rom atau reset data pabrik :). Contoh trouble yang biasanya terjadi pada mobil avanza adalah Rpm mobil yang naik turun tidak jelas, setelah dilakukan reset ECU ini maka kondisi Rpm mobil akan menjadi stabil kembali.

Baca juga : Pеnуеbаb lаіn rрm mоbіl nаіk turun tаk bеrаturаn

Cаtаtаn реntіng

Terkadang beberapa orang melakukan caranya yang berbeda pula, seperti hanya mencabut sekring EFI nya saja atau lamanya waktu saat mencabut sekring, pastikan anda membaca buku panduan pengguna agar bisa lebih memahami mobil kesayangan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dibantu share :).


Post a Comment for "Tips Agar Mobil Xenia Avanza Tidak Boros Dengan Melakukan Reset ACU"