Tips Ampuh Merawat Kopling Mobil Agar Awet

Cаrа аmрuh mеrаwаt kорlіng mоbіl - sebenarnya tidak ada cara yang baku yang dapat digunakan untuk merawat dan menghemat kampas kopling, sebab bagaimana pun juga dimengaruhi oleh berbagai faktor yang diantaranya adalah bagaimana cara si pengemudi ini dalam mengemudikan mobilnya, serta medan jalanan yang bagaimanakah yang sering mereka lalui.

Keberadaan kampas kopling untuk mobil dengan transmisi manual sangatlah penting dan vital agar kendaraan tersebut tidak hilang tenaga khususnya di jalanan yang menanjak, sehingga mau tidak mau kita juga harus tahu bagaimana cara yang ampuh untuk merawat kopling mobil agar awet. Nah bagi kalian yang mungkin saja masih belum mengetahui bagaimana sih merawat kopling mobil agar awet, dibawah ini adalah beberapa kiat yang bisa kalian lakukan.

 sebenarnya tidak ada cara yang baku yang dapat digunakan untuk merawat dan menghemat kamp Tips Ampuh Merawat Kopling Mobil Agar Awet

Cаrа аmрuh mеrаwаt kорlіng mоbіl аgаr аwеt


1. Tіdаk tеrlаlu ѕеrіng mеlаkukаn іnjаk ѕеtеngаh kорlіng

Di jalanan yang macet membuat para pengguna kendaraan roda empat ini secara tidak sadar mengendalikan laju kendaraan mereka dengan menginjak pedal kopling tidak full alias setengah kopling. Nah jika kalian sering melakukan hal ini maka kampas kopling anda akan dengan cepat mengalami keausan. Jika keausan yang terjadi sudah sangat parah akan mempengaruhi kemampuan mobil dalam melaju.

2. Mаkѕіmаlkаn реnggunааn hаnbrаkе dі jаlаn tаnjаkаn уаng mасеt

Memang untuk melakukan berhenti sementara di jalanan tanjakan kita bisa melakukan dengan dua jalan, yang pertama adalah dengan memanfaatkan ruas rem parkir, dan yang kedua adalah dengan melakukan teknik setengah kopling. Diantara kedua teknik ini opsi pertama yakni memanfaatkan tuas rem parkir sangat disarankan ketimbang menggunakan teknik setengah kopling, sebab jika melakukan injak setengah kopling secara terus menerus bisa mempercepat kampas kopling menjadi tipis atau bahkan hancur.


3. Pеrіkѕа kеtіnggіаn реdаl kорlіng

Pedal kopling yang terlalu dalam mengindikasikan bahwa kampas kopling menipis, jika kita tidak melakukan penyetelan dengan benar terhadap ketinggian pedal kopling, maka persinggungan kampas diantara flywheel dan cover clutch menjadi renggang dan kampas kopling pun menjadi mudah terkikis dan habis.

4. Jаngаn mеlераѕ реdаl kорlіng ѕесаrа kаѕаr

Ketika sedang berakselerasi usahakan anda melepaskan injakan pedal kopling secara perlahan, jangan melepaskan pedal kopling ini secara kasar bak pembalap agar kontruksi per peredam yang ada pada bagian kampas kopling tidak rusak, jika rusak maka akan menyebabkan akselerasi kendaraan bergetar hebat, perpindahan gigi perseneling menjadi menghentak atau loncat loncat sehingga sangat mengganggu kenyamanan berkendara.


5. Jаngаn luра mеmеrіkѕа fluіdа mіnуаk mаѕtеr kорlіng

Pastikan anda selalu memeriksa ketinggian minyak yang ada pada master kopling bagian atas, jika ketinggiannya menurun lakukan penambahan cairan minyak rem / minyak kopling sehingga kopling pun tidak masuk angin. Jika minyak kopling ini sering berkurang secara drastis mungkin ada kebocoran didalam sistem, lakukan pemeriksaan dan perbaikan dengan segera.

Nah dengan memperhatikan poin point diatas semoga penggunaan kampas kopling mobil anda menjadi semakin awet dan tahan lama. Untuk artikel lain yang masih berhubungan dengan kopling dan mungkin juga bisa bermanfaat buat anda, silahkan anda baca daftar artikel nya dibawah ini.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu