Tips Cara Memoles Cat Body Mobil Sendiri

Cаrа mеmоlеѕ саt mоbіl ѕеndіrі - tidak selamanya kegiatan detailing mobil yang berupa pemolesan agar cat mobil terlihat kinclong bagaikan cermin hanya bisa dilakukan pleh mereka para profesional yang ada di salon khusus detailing mobil, kita pun sebagai seorang awam bisa melakukan pemolesan cat body mobil sendiri dirumah loh, tentunya dengan memperhatikan step atau langkah demi langkah yang benar dalam melakukan pemolesan agar hasilnya tidak kalah dengan salon detailing mobil.

Lalu apa sajakah yang perlu dipersiapkan seumpama kita ingin memoles mobil kesayangan sendiri dirumah, agar selain lebih menambah pengalaman mengenai detailing mobil, juga lebih menghemat pengeluaran jika dibandingkan kita memoles body mobil ke salon mobil, sebab segala sesuatu yang berhubungan dengan mobil harganya lumayan mahal :), contoh kecil saja jika mencuci motor hanya dihargai 6 ribu, sedangkan untuk mobil saja bisa sampai 25 ribu :).


Tаhараn mеlаkukаn роlеѕ саt mоbіl ѕеndіrі dіrumаh


1. Pаѕtіkаn аndа mеnсuсі mоbіl ѕаmраі bеrѕіh

Sebelum melakukan tindakan pemolesan mobil, tahap awal yang perlu kalian lakukan adalah mencuci mobil sampai bersih dan jangan lupa untuk mengelapnya sampai bersih dan kering menggunakan kanebo. Mencuci mobil sebelum dipoles ini berguna untuk melembabkan cat body mobil dan juga meminimalisir adanya kotoran seperti debu dan pasir yang nantinya merusak permukaan cat ketika proses pemolesan berlangsung.

Pastikan anda selalu mencuci mobil memakai sabun khusus cuci mobil ya, sebab formula sabun khusus cuci mobil ini sangat ringan sehingga tidak memudarkan warna cat. Oh iya saat melakukan pencucian ini usahakan cat mobil dalam keadaan dingin, artinya jangan setelah mobil diparkirkan dibawah terik matahari kemudian langsung dicuci.

Baca juga : Cаrа buаt ѕаmро сuсі mоbіl ѕеndіrі

2. Mеmаrkіrkаn mоbіl dі lоkаѕі tеduh

Pengerjaan poles cat atau body mobil ini sangat disarankan dilakukan di lokasi yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung, anda bisa memanfaatkan garasi rumah atau halaman rumah yang terdapat kanopi. Atau jika tidak memiliki garasi luar, anda bisa melakukannya di garasi dalam dan pastikan penerangan ruangan garasi cukup. Dan bila terpaksa melakukannya di halaman luar rumah, pilih waktu yang tepat yakni di pagi ataupun sore hari dimana matahari tidak terlalu terik dan tidak sedang terjadi angin kencang karena dikawatirkan debu dan material yang terbawa angin akan ikut menempel ke body mobil.

3. Mеmреrѕіарkаn реrаlаtаn роlеѕ

Karena kita akan melakukan kegiatan poles memoles body mobil, tentu anda membutuhkan seperangkat peralatan poles yang diantaranya adalah kain halus secukupnya, spon halus secukupnya, kompon dan bila perlu belilah alat poles. Persiapkan pula obat poles, disarankan untuk memakai obat poles yang berkualitas bagus. Untuk informasi obat poles mobil yang bagus silahkan anda cari melalui internet. Selama pengalaman penulis, merk meguiar's dan turtle wax metalic car wax lebih mudah didapatkan di toko ACE hardware di seluruh indonesia dan pengaplikasian atau step by step nya gampang dilakukan.

4. Tаhар реmоlеѕаn mоbіl

Aturan memoles body mobil dimulai dari bagian yang paling bawah dan secara bertahap naik ke bagian atas, serta dimulai dari bagian depan kendaraan, kemudian ke bagian samping dan dilanjutkan ke bagian belakang body mobil. Poleslah permukaan cat secara merata dengan menggunakan kompon  halus dan gosok secara memutar menggunakan kain halus atau spons halus, jika anda memiliki alat poles malah jauh lebih bagus lagi, cukup oleskan kompon ke permukaan cat dan anda tinggal memolesnya menggunakan alat pemoles.

Untuk hasil yang lebih bagus lakukan pemolesan ini per panel agar anda tidak kelewatan satu bagian pun, mulai memoles bagian grill depan, bagian kap mobil, dilanjutkan ke bagian panel fender terus menuju pintu depan. Kemudian lanjutkan lagi memutar sampai seluruh body mobil terpoles seluruhnya dan yang terakhir adalah memoles bagian atap mobil. Selesai memoles pastikan anda mengelap permukaan body memakai kain halus untuk menghilangkan sisa kompon.

Untuk bagian bagian yang sulit dijangkau anda bisa membersihkan bagian tersebut menggunakan kuas. Tahapan ini gunanya untuk memperhalus permukaan cat mobil saja, jika permukaan cat mobil sudah halus anda bisa melewati tahap ini dan langsung bisa mengaplikasikan obat poles mobil. Setelah permukaan body mobil dipoles sampai halus dan dibersihkan kembali secara menyeluruh, tahapan selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan obat poles yang bisa membuat cat mobil anda terlihat kinclong bak kermin.

Silahkan anda teteskan obat poles ke permukaan spons halus bersih atau kain haus bersih terlebih dahulu, baru kemudian bisa kita balurkan obat poles tadi ke seluruh permukaan body mobil, lagi lagi lakukan per panel agar hasilnya lebih maksimal. Jangan meneteskan obat poles langsung ke permukaan cat atau bahkan ke tangan anda, sebab obat poles ini adalah bahan kimia yang tidak boleh sampai terkena permukaan kulit, itulah sebabnya kenapa anda juga disarankan memakai sarung tangan karet saat mengaplikasikan obat poles ini.

Setelah obat poles dilapiskan ke seluruh permukaan cat mobil, saatnya anda menunggu beberapa menit antara 5 menit sampai 10 menit untuk waktu tunggu yang lebih bagus. Setelah waktu tunggu selesai gunakanlah kain halus untuk mengelap permukaan cat mobil guna mengangkat sisa sisa obat poles yang melekat. Dan tahap terakhir adalah mengelap kembali permukaan cat mobil memakai kain micro fiber yang bisa kalian beli di toko aksesoris mobil atau di hipermarket untuk finishing.

Sampai disini tahap pemolesan body mobil anda selesai dan mobil pun akan tampil cemerlang seperti mobil yang ada di showroom mobil.

Tірѕ реntіng dеtаіlіng mоbіl


  • Agаr саt mоbіl аndа ѕеnаntіаѕа tеrjаgа mаkа lаkukаn реrаwаtаn саt іnі ѕеjаk mоbіl kеluаr dаrі dеаlеr ( bаru bеlі ).
  • Uѕаhаkаn аndа jаngаn lаngѕung mеnсuсі mоbіl kеtіkа реrmukааn саt mаѕіh раnаѕ, bаru tеrрараr ѕіnаr mаtаhаrі kаrеnа аkаn bеrаkіbаt buruk ѕереrtі munсulnуа rеtаk раdа саt dаn lаіn ѕеjеnіѕnуа.
  • Sеlаlu реrgunаkаn ѕаmро khuѕuѕ сuсі mоbіl уаng mеmіlіkі fоrmulа khuѕuѕ untuk mеrаwаt саt mоbіl аgаr tіdаk mudаh kuѕаm.
  • Uѕаhаkаn jаngаn tеrlаlu ѕеrіng bеrkеndаrа dіbеlаkаng kеndаrааn bеѕаr bеrmеѕіn dіеѕеl ѕереrtі truk аtаuрun buѕ, dіmаnа kеduа jеnіѕ kеndаrааn іnі mеmіlіkі gаѕ buаng уаng mungkіn mаѕіh mеngаndung раrtіkеl ѕоlаr уаng jіkа mеnеmреl kе реrmukааn саt dаn mеngеrіng аkаn ѕuѕаh dіbеrѕіhkаn.
  • Lаkukаn реmоlеѕаn саt mоbіl іnі ѕесаrа bеrkаlа аgаr саt kеndаrааn аndа ѕеnаntіаѕа tеrjаgа, lаkukаn ѕеtіdаknуа аntаrа 3 bulаn аtаu 4 bulаn ѕеkаlі untuk mеmоlеѕ bоdу mоbіl.


Nah sampai disini tutоrіаl mеmоlеѕ саt mоbіl ѕеndіrі dіrumаh, jika kalian ragu alangkah baiknya serahkan langsung kepada ahlinya. Semoga bermanfaat. Untuk artikel seputar detailing mobil lainnya anda bisa membacanya melalui dartar dibawah ini :



Post a Comment

0 Comments

Close Menu