Tips Memilih Jenis Bahan Bakar Ideal Untuk Mobil Dan Motor

Mеmіlіh bаhаn bаkаr уаng tераt untuk kеndаrааn - salah satu hal yang bisa mempercepat kerusakan komponen mesin ialah kesalahan dalam memilih bahan bakar kendaraan baik itu untuk mobil ataupun untuk sepeda motor, sebab setiap jenis bahan bakar memiliki angka oktan yang berbeda antara bahan bakar premium, pertalite, pertamax dan juga pertamax plus.

Dan tahukah anda bahwa pemakaian bahan bakar yang sesuai atau tepat untuk kendaraan bisa membuat mesin menjadi lebih awet, tarikan mesin menjadi lebih enteng dan yang pasti adalah menambah usia pakai dan menghemat kantong anda karena kerusakan mesin bisa dihindari.

Memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan Tips Memilih Jenis Bahan Bakar Ideal Untuk Mobil Dan Motor


Terlebih untuk motor ataupun mobil keluaran terbaru yang memiliki rasio kompresi mesin yang tinggi. Namun demikian masih saja ada yang mengabaikan akan hal ini, mereka lebih memilih membeli bahan bakar yang murah meriah tanpa memikirkan seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan jika sampai mesin rusak.

Rasio kompresi mesin yang tinggi tentu membutuhkan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi pula, sebab semakin tinggi angka rasio kompresi mesin, udara yang terkompresi ini suhunya akan semakin panas, sedangkan bahan bakar dengan nilai oktan yang tinggi ini tidak gampang terbakar sehingga bahan bakar tidak terbakar otomatis saat proses kompresi masih belum mencapai titik atas.

Perlu diingat bahwa bahan bakar yang terbakar terlebih dahulu saat langkah kompresi menyebabkan mesin menjadi menggelitik, timbul ketukan yang lama lama akan membuat tingginya gesekan antara piston dengan liner atau dinding silinder sehingga kerusakan mesin menjadi lebih cepat. Begitu pula dengan penggunaan bahan bakar dengan oktan terlalu tinggi, pembakaran menjadi kurang sempurna dan sisa bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna ini akan menempel pada piston dan berkerak. Jadi harus klop antara nilai oktan dengan rasio kompresi sebuah mesin.

Nah agar anda tidak salah memilih bahan bakar, maka alangkah baiknya anda mengetahui berapa nilai rasio kompresi mesin motor ataupun mobil kalian dengan melihat nya melalui spesifikasi rasio mesin yang bisa kalian dapatkan melalui brosur dari dealer tempat anda membeli, atau bisa dengan mencarinya di internet.

Besarnya nilai rasio kompresi mesin ini mempengaruhi bahan bakar jenis apa yang lebih cocok untuk dipakai pada mesin kendaraan kalian, dan jika kalian telah menemukan berapa besarnya rasio kompresi dari mesin mobil atau motor kalian, silahkan anda cocokkan dengan tabel dibawah ini.

Memilih bahan bakar yang tepat untuk kendaraan Tips Memilih Jenis Bahan Bakar Ideal Untuk Mobil Dan Motor

Lalu apa sih yang disebut dengan nilai oktan ?
Karena pada edisi sebelumnya kami pernah membahas mengenai definisi dari angka oktan atau RON ini, silahkan anda baca kembali di : Pеngеrtіаn аngkа оktаn bаhаn bаkаr

Baca juga : Inі аlаѕаn ѕеbаіknуа kаmu раkаі bеnѕіn bеr оktаn tіnggі

Diatas hanyalah saran saja, untuk memilih bahan bakar apa yang akan kalian gunakan nantinya pilihan tetap ditangan anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagikan.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu