Tips Memulai Usaha Otomotif Buka Bengkel Mobil Motor

Cаrа Mеmulаі Bіѕnіѕ Bukа Bеngkеl - seperti yang kita ketahui semua bahwa setiap tahun target penjualan dari berbagai main dealer selalu dinaikkan, dengan demikian tentu jumlah kendaraan yang ada di jalanan akan semakin bertambah banyak lagi dan lagi sehingga hal ini akan berimbas pada terciptanya sebuah peluang usaha dibidang otomotif khususnya peluang usaha bengkel mobil atau motor.

Memang jika ada modal usaha yang lebih dari cukup ini tidak akan menyulitkan anda untuk segera membuka bengkel. Namun hal yang anda butuhkan selain modal ialah perencanaan yang matang sebab tanpa hal ini usaha yang kita dirikan akan sulit untuk berkembang. Dalam membuka sebuah usaha bengkel mobil atau bengkel  motor ini tidak sekedar mencari seorang teknisi, membeli peralatan bengkel dan beberapa produk pendukung seperti oli dan sparepart saja.

 seperti yang kita ketahui semua bahwa setiap tahun target penjualan dari berbagai main de Tips Memulai Usaha Otomotif Buka Bengkel Mobil Motor

Baca juga : Bukа uѕаhа сuсі mоtоr mоdаl mіnіm hаѕіl mаkѕіmаl

Ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk menjamin kelangsungan usaha yang telah susah payah kalian bangun agar tidak macet ditengah jalan karena anda kalah dalam persaingan khususnya dengan mereka yang telah lama membuka bengkel daripada anda.

Hаl реntіng уаng hаruѕ dіkеtаhuі ѕеbеlum mеmbukа bеngkеl


Nah guna membuat anda lebih mantap dan matang dalam membuka usaha perbengkelan ini, ada beberapa aspek yang wajib untuk anda ketahui, dan beberapa aspek penting tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Mеmіlіh Lоkаѕі Yаng Tераt

Salah satu langkah awal sebelum anda benar benar membuka sebuah bengkel motor atau mobil ialah memilih lokasi usaha yang tepat, sebab pemilihan lokasi ini kedepannya akan sangat menentukan sepi atau ramainya bengkel yang kalian rintis. Beberapa aspek penting dalam memilih lokasi yang sebaiknya kalian hindari diantaranya adalah :

A. Lоkаѕі уаng mеmbutuhkаn kеtеnаngаn

Sebaiknya anda hindari beberapa lokasi yang memang mewajibkan adanya ketenangan disekitarnya, misalnya dekat dengan puskesmas, dekat dengan sekolahan, dekat dengan rumah sakit dan lain sejenisnya karena yang namanya usaha bengkel sudah pasti akan menimbulkan suara yang bising dan hal ini akan sangat mengganggu tempat tempat yang telah disebutkan diatas.

B. Lоkаѕі уаng mаѕуаrаkаtnуа bаnуаk mеmіlіkі kеndаrааn

Lokasi yang bagus selanjutnya adalah membuka usaha bengkel yang lokasi disekitarnya terdapat masyarakat yang rata rata memiliki kendaraan. Mungkin poin ini sekarang tidak begitu berpengaruh sebab saat ini rata rata setiap rumah / keluarga pasti memiliki kendaraan.

C. Lоkаѕі bеngkеl gаmраng dіjаngkаu

Nah aspek pemilihan lokasi ketiga adalah mencari lokasi yang sangat gampang dijangkau oleh setiap orang dan kendaraan yang akan diservis bisa masuk. Jangan membuka bengkel mobil dan motor yang lokasinya memasuki gang kecil dimana sepeda motor pun kesulitan untuk mengakses jalan. Bila diperlukan anda bisa membuka bengkel yang lokasinya tepat di pinggir jalan poros luar kota.


D. Pаѕtіkаn lоkаѕі bеngkеl tеrdараt lаhаn раrkіr

Pastikn juga anda memiliki lahan parkiran yang lumayan luas guna menampung unit mobil atau motor yang membludak sehingga mereka tidak perlu antri dan memarkirkan kendaraan yang ingin diservis di pinggir jalan. Terutama untuk parkiran mobil, sebab perbaikan mobil lebih banyak membutuhkan waktu bahkan sampai harus menginap jika kerusakan yang dialami sangat parah.

Baca juga : Inі реrаlаtаn ѕtаndаr untuk uѕаhа сuсі mоtоr


2. Mеnеntukаn Mаrkеt Bеngkеl

Walaupun usaha yang kalian jalankan sama sama berupa usaha bengkel, ada setidaknya 4 varian usaha bengkel yang tentunya dari ke empat jenis usaha bengkel ini memiliki perbedaan satu sama lain yang didasarkan pada pangsa pasar / target pasar / market. Dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Mеmbukа Bеngkеl Rеѕmі

Jika anda memiliki banyak sekali sumber dana dan ingin membuka sebuah bengkel resmi, anda harus disibukkan dengan tetek bengek seperti menghubungi cabang pusat dan melakukan kontrak perjanjian kerjasama. Biasanya bengkel resmi pusat akan memberikan sejumlah syarat yang harus senantiasa kalian patuhi sebelum anda diberikan ijin dan lisensi khusus dari dealer resmi pusat.

B. Mеmbukа Bеngkеl Umum

Buat anda yang masih dalam tahap pemula, membuka bengkel jenis umum ini bisa dijadikan alternatif jika sumber dana yang dimiliki sangat terbatas. Biasanya bengkel umum ini melakukan pekerjaan yang meliputi ganti oli, jual beli dan jasa pasang sparepart, perbaikan ringan terhadap elektrikal mesin, servis berkala standar dan lain sebagainya.

C. Mеmbukа Bеngkеl Tunе Uр

Sesuai dengan namanya yaitu bengkel Tune Up tentu memiliki pelayanan yang lebih khusus atau spesifik buat mereka yang hendak melakukan sedikit perubahan / modifikasi mesin yang bertujuan untuk meningkatkan performa kendaraan. Salah satu poin penting yang harus kalian miliki adalah seorang mekanik atau teknisi yang handal dan memiliki kemampuan khusus untuk bisa melakukan semua ini.

D. Bukа Bеngkеl Akѕеѕоrіѕ dаn Mоdіfіkаѕі

Beberapa orang juga tertarik dengan perubahan penampilan tunggangan mereka, yang tujuannya adalah agar smeua mata orang di jalanan akan tertuju pada kendaraan yang mereka miliki atau bahasa kerennya agar mendapat perhatian. Dan sebagian besar dari pemilik kendaraan bermotor pun terlintas dibenaknya untuk melakukan modifikasi mulai dari modifikasi ringan seperti pemasangan aksesoris sampai modifikasi ekstrim berupa mengubah total tampilan motor / mobilnya. Oleh sebab itu membuka bengkel modifikasi dan jual beli aksesoris ini juga terbuka lebar buat anda.


3. Jаngаn Luра Mеmреrhіtungkаn Kоmреtіtоr

Selain beberapa poin diatas ada satu poin lagi yang perlu kalian ketahui sebelum membuka sebuah bengkel, yakni dengan memperhitungkan seberapa banyak jumlah kompetitor atau saingan anda. Baik dari segi layanan konsumen ataupun dari jumlah bengkel yang ada disekitar. Sebisa mungkin anda menekan tingkat persaingan yang tinggi, terlebih lagi jangan membuka bengkel yang memiliki pelayanan yang sama dari bengkel disekitar, sebab hal ini juga akan berdampak pada persaingan yang tidak sehat bagi semua pihak.

Namun jika anda sudah mendapatkan lokasi yang sangat cocok dan tidak bisa menghindari adanya persaingan bisnis, sebaiknya anda harus menghitung seberapa hebat layanan yang diberikan oleh bengkel tandingan, kemudian melakukan analisa lebih dalam untuk lebih memaksimalkan layanan yang anda besikan ke konsumen, atau bahasa singkatnya adalah mencari kekurangan bengkel saingan sehingga kita bisa melayani konsumen dengan jauh lebih baik.

Pastikan juga anda melakukan persaingan yang sehat, jangan pernah menjatuhkan atau menjelek jelekkan usaha orang lain, atau memasang harga yang jauh dipasaran karena anda akan dianggap menjatuhkan harga pasaran. Berikan pelayaan yang memuaskan seperti menyiapkan ruang tunggu pelanggan ataupun memberikan snack bagi pelanggan yang menunggu dan memberikan makan siang untuk pelanggan yang menunggu sampai jam makan siang, ramah terhadap konsumen dan kecepatan dalam menservis unit kendaraan. Bila perlu setiap selesai servis berikan bonus tambahan berupa cuci motor atau mobil gratis, siapa sih yang tidak mau dicucikan kendaraannya secara gratis ?


4. Mеmреrѕіарkаn Mаnаjеmеn dаn Tеknіѕі Yаng Bаіk

Manajemen yang baik serta teknisi yang handal adalah bagian terpenting dari usaha perbengkelan, khususnya buat anda yang masih dalam tahap merintis / memulai. Adapun manajemen yang dimaksud meliputi manajemen internal dan manajemen after sales. Manajemen internal ini contohnya seperti kemampuan anda dalam melakukan pengelolaan keuangan, kemampuan menstock sparepart yang cepat habis dan lain sejenisnya.

Dan manajemen aftersales ini meliputi pelayanan dan kepuasan pelanggan, ramahnya para pegawai terhadap konsumen, teknisi yang selalu terlihat bersih dan rapi, serta yang tak kalah penting adalah follow up terhadap konsumen, menanyakan puas dan tidaknnya pelanggan untuk mendeteksi hal hal apa saja yang kurang dan kita dengan secepat mungkin melakukan perbaikan.

Begitu juga dengan mempersiapkan teknisi atau mekanik yang sudah paham dengan dunia bengkel ( memiliki pengalaman kerja yang cukup dibidangnya ), teknisi handal tentu dapat diandalkan untuk mengatasi berbagai keluhan konsumen terhadap kendaraan yang dimilikinya. Pastikan kalian memberikan gaji yang tepat waktu, dan bonus sesuai dengan pencapaian mereka agar tenaga yang handal ini betah bekerja di tempat anda dan tidak kabur ke bengkel lain. Ingat teknisi handal ini juga merupakan investasi berharga bagi kalian calon pemilik bengkel.


5. Pеrlеngkараn dаn Pеrаlаtаn Kеrjа

Bagian yang tidak bisa dipisahkan di dunia perbengkelan adalah perlengkapan kerja yang komplit. Lengkap tidaknya peralatan kerja ini nantinya akan mempengaruhi terhadap kualitas dan hasil pekerjaan. Lakukan penggantian peralatan kerja secara berkala, seperti mengganti kunci kunci yang sudah mulai aus ataupun rusak. Selain itu anda juga harus melek wawasan mengingat perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, sehingga anda bisa mengupdate peralatan bengkel dengan teknologi terbaru agar pekerjaan bisa terselesaikan dengan cepat, terutama mengenai peralatan khusus atau SST ( Special Service Tools ).

 seperti yang kita ketahui semua bahwa setiap tahun target penjualan dari berbagai main de Tips Memulai Usaha Otomotif Buka Bengkel Mobil Motor

Baca juga : Aра уаng dіmаkѕud dеngаn SST Sреѕіаl Sеrvіѕ Tооlѕ

Tersedianya peralatan yang komplit ini disamping dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sempurna, juga akan berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan konsumen. Konsumen tentu akan lebih mempercayakan unit kendaraan mereka diservis di bengkel yang memiliki peralatan lengkap dibandingkan bengkel yang ala kadarnya.

Nah diatas adalah beberapa hal yang bisa kalian pelajari sebelum memutuskan untuk benar benar mеmbukа uѕаhа bеngkеl agar kedepannya semakin bertambah maju. Banyak bengkel baru bermunculan dan tak lama kemudian bangkrut akibat kurangnya pengetahuan mereka didalam bisnis ini. Kunci utama agar sukses untuk membuka bengkel adalah modal yag cukup, teknisi yang handal dan peralatan kerja yang lengkap. Semoga bermanfaat.


Post a Comment

0 Comments

Close Menu