Tips Merawat Kompressor Angin Atau Udara Agar Awet

Cаrа mеrаwаt kоmрrеѕѕоѕ udаrа - salah satu alat yang paling penting untuk mendukung usaha kita seperti usaha otomotif ataupun usaha bengkel guna mempercepat proses pekerjaan sehingga hemat waktu. Nah kompressor udara sendiri juga merupakan sebuah peralatan mekanis yang juga bisa mengalami kerusakan jika tidak pernah dirawat sama sekali, jika sudah rusak tentu saja pekerjaan anda menjadi terganggu karena harus melakukan semuanya kembali ke serba manual.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membagikan beberapa tips bagaimana cara melakukan perawatan kompressor udara ini agar nantinya tidak gampang rusak dan merugikan anda. Dan beberapa tips sederhana dalam melakukan perawatan kompressos udara ini diantaranya adalah sebagai berikut.

 salah satu alat yang paling penting untuk mendukung usaha kita seperti usaha otomotif ata Tips Merawat Kompressor Angin Atau Udara Agar Awet

Tірѕ mеrаwаt kоmрrеѕѕоr udаrа


1. Pеnеmраtаn mеѕіn kоmрrеѕѕоr dі tеmраt уаng bеnаr

Pastikan anda meletakkan kompressor udara ini dilokasi yang seharusnya, jauhkan dari jangkauan umum kalau bisa letakkan kompressor udara di ruangan khusus dan hanya operator saja yang boleh mengoperasikan. Dengan membuatkan sebuah ruangan khusus untuk mesin kompressor, maka kemungkinan kompressor terkena debu atau kotoran lain bisa diminimalisir.

2. Inѕреkѕі kесіl ѕеbеlum mеngореrаѕіkаn

Lakukan pemeriksaan kecil setiap kali hendak menyalakan mesin kompressor ( biasanya dilakukan di pagi hari ) yang meliputi pemeriksaan kekencangan belt, pemeriksaan mur atau baut yang kendor, ketinggian oli kompressor dan lain sebagainya. Jika ada baut atau belt yang kendor sebaiknya dikencangkan terlebih dahulu sebelum dinyalakan. Termasuk juga memeriksa ada atau tidaknya benda asing disekitar mesin kompressor seperti sampah yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan.

3. Pеrіkѕа tеkаnаn udаrа dіdаlаm tаbung

Periksa juga indikator tekanan udara atau pressure gauge guna mengetahui seberapa besar tekanan udara yang ada didalam kompressor, apakah tekanan udara tadi masih dibawah ambang batas aman ataukah tidak, jika melebihi sebaiknya lakukan penyetelan otomatis nya. Hal ini bertujuan agar tabung penyimpanan udara tidak kelebihan muatan dan berpotensi meledak.

4. Gаntі оlі ѕесаrа bеrkаlа

Lakukan penggantian oli kompressor secara berkala sesuai dengan buku petunjuk servis secara teratur dan gunakan oli yang disarankan. Sama hal nya mobil atau motor yang menggunakan oli sebagai pelumasan mesin, kompressor pun juga membutuhkan oli guna melumasi seluruh bagian bergerak yang berfungsi untuk menghisap dan memampatkan udara. Dengan melakukan penggantian oli secara teratur maka kemungkinan komponen bergerak didalam mesin kompressor bisa diminimalisir tingkat keausannya.

5. Buаng ѕіѕа udаrа dіdаlаm kоmрrеѕѕоr

Setiap kali selesai menggunakan kompressor ( biasanya di sore hari ) buanglah udara sisa yang tidak dipakai, jangan malah membiarkan udara sisa ini didalam tabung dengan harapan bisa dipakai lagi untuk keesokan harinya. Perlu anda ketahui bahwa udara yang terlalu lama diam didalam tabung jika terkena udara malam bisa berubah menjadi embun.

Dan embun yang terbentuk pada dinding dalam tabung ini akan terkumpul dan menjadi air, jika ada kandungan air didalam kompressor tentu akan mempercepat munculnya karat didalam tabung yang lambat laun akan membuat tabung kompressor menjadi keropos dan bocor. Untuk lebih amannya anda bisa membuang angin yang bercampur air ini tiap selesai kerja dan pada jam 12 siang.

Baca juga : Pеrkіrааn hаrgа kоmрrеѕѕоr mеrk Swаn dаn Krіѕbоw tеrbаru

Nah itulah tadi beberapa tips sederhana dalam melakukan реrаwаtаn mеѕіn kоmрrеѕѕоr udаrа аgаr аwеt, Selain cara perawatan yang benar seperti diatas kualitas dari mesin kompressor itu sendiri juga berpengaruh terhadap keawetannya, maka dari itu belilah mesin kompressor yang telah memiliki nama dan telah terbukti kualitasnya. Jangan sampai hanya tergiur beli kompressor berharga murah dengan merk yang tidak jelas. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu