Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Aki Baru Perlu Di Cas Sebelum Dipakai ? Berikut Penjelasannya

Tірѕ mеmаѕаng аkі bаru - aki adalah salah satu komponen paling penting didalam kendaraan bermotor sebab fungsi dari aki ini adalah untuk memerikan energi listrik untuk memutar dinamo starter sehingga mesin bisa dinyalakan. Dan bila terjadi kerusakan pada komponen ini tentu saja akan memberikan dampak yang sangat merepotkan bagi si pemilik kendaraan karena mobil mereka tidak bisa di starter.

Bila sudah begitu mau tidak mau anda harus melakukan penggantian aki agar nantinya kendaraan jadi mudah untuk distarter. Kemudian muncul pertanyaan apakah aki yang baru tersebut harus di cas terlebih dahulu sebelum dipasang ? Untuk kondisi tertentu aki tidak perlu dilakukan pengecasan bila mesin mobil masih bisa dinyalakan dengan menggunakan aki yang lama. Cara pemasangannya adalah sebagai berikut.

 aki adalah salah satu komponen paling penting didalam kendaraan bermotor sebab fungsi dar Apakah Aki Baru Perlu Di Cas Sebelum Dipakai ? Berikut Penjelasannya

Cаrа mеmаѕаng аkі tаnра mеnсhаrgеr


Untuk memasang aki mobil tanpa harus di charger atau dicas terlebih dahulu sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan hanyalah menyalakan mesin, melepas kutub aki positif dan membungkusnya agar tidak konslet diikuti dengan melepas kutu negatif aki. Baru kemudian anda bisa melakukan pengantian aki yang lama dengan aki yang baru tanpa harus repot repot mengecas yang tentu akan membuat anda lama menunggu. Karena sejatinya didalam sebuah mobil terdapat komponen alternator yang fungsi utamanya adalah untuk mengecas aki mobil.

Namun bila mobil kalian tidak bisa dilakukan starter karena aki lama sudah rusak parah, untuk memasang aki baru sebaiknya dilakukan pengecasan terlebih dahulu agar kondisi aki terisi penuh, walaupun sebenarnya tanpa di cas didalam aki tersebut sudah ada muatan energi yang cukup mampu digunakan untuk menstarter mesin. Atau bisa melakukan opsi lain yakni menyalakan mesin mobil secara manual dengan cara menyalakan mesin dengan didorong.

Pеrhаtіkаn ѕеbеlum mеnggаntі аkі

Bila mobil kalian akan dilakukan penggantian aki alangkah lebih baiknya kalian mengecek kondisi alternator, sebab komponen ini sangat erat hubungannya dengan aki yakni sebagai komponen pembangkit listrik guna menyuplai kebutuhan kelistrikan serta pengisian daya pada aki.

Bila komponen alternator ini rusak, maka berapapun kalian mengganti aki hasilnya akan mudah rusak juga. Beberapa jenis kerusakan pada alternator biasanya adalah under charger, over charger, serta alternator tidak mampu melakukan pengisian ke aki. Untuk membaca artikel kami yang lain seputar aki mobil ataupun aki motor silahkan baca daftar di bawah ini :




Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai cara penggantian aki, apakah aki baru perlu di cas ataukah tidak. Semoga tulisan diatas bisa memberikan informasi yang kalian butuhkan serta menambah pengetahuan pembaca. Jangan lupa dibagikan artikelnya ya.



Post a Comment for "Apakah Aki Baru Perlu Di Cas Sebelum Dipakai ? Berikut Penjelasannya"