Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Ban Mobil Dan Motor Bisa Kadaluarsa

Tаnggаl kаdаluаrѕа bаn - mungkin ada sebagian dari anda yang masih kebingungan dengan kadaluarsa pada ban mobil, karena memang di bagian dinding ban terdapat sebuah tanggal yang memuat informasi tentang tanggal produksi dari ban tersebut, sehingga membuat kita bertanya tanya apakah benar ban tersebut memiliki masa kadaluarsa.

 mungkin ada sebagian dari anda yang masih kebingungan dengan kadaluarsa pada ban mobil Apakah Ban Mobil Dan Motor Bisa Kadaluarsa
Cоntоh kоdе рrоdukѕі bаn mіnggu kе - 16, tаhun 2012

Perlu diketahui bahwa memang benar jika di setiap dinding ban tersebut terdapat kode minggu dan tahun pembuatan ban, hal ini hanya digunakan sebagai acuan bagi kita agar mengetahui kapan ban tersebut diproduksi. Untuk masa kadaluarsa ban sebenarnya tidak ada, yang ada adalah masa pakai dan inilah yang perlu anda pahami selanjutnya.

Baca juga : Inі bаhауа tеrlаlu ѕеrіng раkаі ѕеmіr bаn jеnіѕ ѕіlіkоn

Ban kendaraan terbuat dari bahan dasar karet yang dicampur beberapa bahan lain sehingga terciptalah sebuah ban, dan karet ban ini sendiri bersifat lentur dan elastis, namun seiring bergantinya waktu ketika baik digunakan ataupun sekedar ditumpuk didalam gudang, membuat elastisitas karet ban ini menjadi berkurang, ban menjadi mengeras dan getas. Mengerasnya ban ini tentu saja akan berimbas pada traksi ban terhadap aspal.

Semakin keras permukaan karet ban, maka traksi terhadap aspal jalan menjadi berkurang sehingga hal ini sangat menghawatirkan pengguna kendaraan, terutama jika ban tersebut digunakan berkendara di jalanan basah yang dapat mengakibatkan terjadinya slip.

Bahkan elastisitas dari karet ban ini dapat berangsur angsur berkurang meskipun ban tersebut masih dalam keadaan baru dan tersusun rapi di gudang. Rata rata karet ban ini akan mengeras dengan sendirinya selama masa penyimpanan kurang lebih 5 hingga 6 tahun setelah tanggal produksi. Sedangkan untuk ban yang sudah digunakan bisa lebih cepat atau bahkan lebih lambat tergantung bagaimana si pemiliknya melakukan perawatan pada ban.

Sebagai keamanan sebaiknya lakukan penggantian ban mobil atau motor setelah masa pakai selama 5 hingga 6 untuk alasan keselamatan, meskipun pattern atau kembang ban masih terbilang tebal.

Baca juga : Cаrа buаt ѕеmіr bаn ѕіlіkоn ѕеndіrі

Nah kesimpulannya adalah ban kendaraan baik itu ban mobil ataupun motor tidak ada yang namanya tanggal kadaluarsa, yang ada hanyalah tanggal pembuatan ban yang dapat digunakan sebagai dasar acuan untuk melakukan penggantian ban,yakni dengan cara melihat tanggal produksi tadi. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.



Post a Comment for "Apakah Ban Mobil Dan Motor Bisa Kadaluarsa"