Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Pеnуеbаb ѕtаng mоtоr Gоуаng - Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan lalu tiba tiba setir atau stang motor terasa goyang dan tidak stabil saat motor dipakai dijalanan lurus dan rata ? jika iya sebaiknya anda sesegera mungkin mencari tahu penyebab stang sepeda motor teras goyang dan melakukan perbaikan, sebab hal ini sangat beresiko terjadinya kecelakaan tunggal yang tentu sangat membahayakan diri anda sendiri maupun orang lain yang mungkin ada disekitar kalian saat terjadi kecelakaan.

 Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan lalu tiba tiba setir  Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Untuk alasan penyebab kenapa stang motor ini goyang banyak sekali, dari sekian banyak penyebab ada dua hal yang bisa membuat setir motor anda goyang, yaitu motor pernah dipakai jatuh atau mungkin anda sering berkendara secara ugal ugalan seperti melibas jalanan yang berlubang tanpa peduli. Namun untuk memastikan apa penyebab stang sepeda motor menjadi goyang ini adalah dengan melakukan pengecekan, beberapa faktor yang bisa mempengaruhi stang goyang diantaranya adalah sebagai berikut ini.


Baca juga : Wаѕраdа kеtаhuі bаhауа bеlі mоtоr STNK tаnра BPKB

Pеnуеbаb ѕtаng mоtоr tіdаk ѕtаbіl dаn gоуаng


1. Cеk kеаdааn bаn mоtоr

Hal yang paling pertama yang bisa kalian lakukan ialah dengan mengecek kondisi ban motor, apakah terdapat bagian permukaan ban yang tidak rata / bergelombang ataukah tidak. Cobalah putar ban sepeda motor bagian depan apakah ada bagian ban yang benjol, jika ada maka sebaiknya lakukan penggantian ban motor lama dengan ban baru. Benjol pada ban biasanya dikarenakan pengisian angin yang terlalu keras sehingga ketika dipakai menghantam lubang akan menjadi benjol. Maka dari itu pastikan anda mengisi angin ban motor sesuai dengan standar yang berlaku.


2. Cеk kеаdааn vеlg mоtоr

Pada saat anda melakukan pengecekan ban depan sepeda motor dengan memutar mutarnya, sebaiknya juga lakukan pengecekan terhadap velg sepeda motor, apakah ada bagian yang bengkok / oleng ataukah tidak. Jika ditemukan adanya bengkok atau bahkan retak di bagian velg, sebaiknya anda lakukan perbaikan / penyetelan jika masih bisa disetel atau diperbaiki, dan jika tidak bisa sangat disarankan untuk mengganti velg motor dengan yang baru.


3. Cеk bеаrіng rоdа dераn mоtоr

Karena keluhannya adalah stang motor goyang maka pemeriksaan akan kita fokuskan di kaki kaki bagian depan kendaraan, selain memeriksa kondisi ban dan juga velg andapun juga harus memeriksa bagian bearing roda depan. Bearing roda yang sudah aus dan kocak / oblak membuat gerakan putaran ban menjadi tidak statis sehingga saat motor dipacu, putaran ban ini akan bergerak kekiri dan kekanan. Untuk melakukan pengecekan bearing motor ini rusak atau tidak ialah dengan jalan menggoyang goyangkan ban depan kearah kiri dan kanan melalui sisi samping. Jika ada gerakan kocak maka lakukan penggantian bearing.


4. Cеk Shосkbrеаkеr mоtоr

Seringkali para pengguna sepeda motor kurang melakukan perawatan di bagian ini, padahal keberadaan shockbreaker ini sangat penting guna meredam getaran kejut yang diterima oleh roda motor agar tidak merembet ke setir sehingga setir terasa bergetar yang bisa membuat anda jadi capek ketika berkendara.

Sepeda motor yang sering dipakai di jalanan bergeronjal dengan kecepatan tinggi akan membuat shockbreaker ini menjadi bocor, dan jika salah satu bagian shockbreaker ini ada yang rusak / bocor akan menyebabkan setir menjadi goyang, terlebih jika dipakai belok akan terasa aneh dan seperti akan jatuh. Kebocoran shockbreaker ini ditandai dengan merembesnya oli pelumas akibat sudah rusaknya seal oli shockbreaker. Jika anda mendapati motor kalian bocor shockbreakernya sebaiknya dilakukan perbaikan dengan segera.


5. Cеk ѕеgіtіgа ѕtаng mоtоr

Segitiga stang motor ini terdapat dibagian atas sepeda motor yang memiliki bentuk segitiga dan terdapat klem penjepit setir motor dan juga memegang shockbreaker. Terkadang disadari atau tidak, sepeda motor yang terjatuh akan membuat komponen segitiga ini menjadi bergeser bahkan bengkok, walaupun dalam hitungan milimeter sudah cukup untuk membuat setir motor anda menjadi liar, goyang dan tidak stabil.

Untuk itu cobalah lakukan pemeriksaan segitiga motor ini, caranya adalah dengan mencopot dudukan segitiga ini dan meletakkannya diatas keramik atau bidang datar lainnya, kemudian perhatikan apakah posisinya rata atau tidak, bisa juga anda mengeceknya dengan menggunakan fuller untuk mengetahui kerenggangan antara sisi kiri dan kanan. Jika terbukti bengkok, silahkan bawa segitiga tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.


6. Cеk kоmѕtіr ѕереdа mоtоr

Komstir atau bearing setir ini letaknya ada dibagian poros / sumbu depan kendaraan tepatnya di antara garpu motor dengan rangka / chassis. Fungsi komstir ini ialah untuk mempermudah anda dalam melakukan pengendalian arah kendaraan. Komstir ini mirip seperti bearing yang terdiri dari mangkuk dan juga bola besi. jika komponen ini rusak atau oblak maka bisa menyebabkan pengendalian motor menjadi tidak stabil dan setir akan terasa goyang.

 Apakah anda pernah ketika berkendara dengan sepeda motor kesayangan lalu tiba tiba setir  Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil

Untuk mengecek apakah komstir ini sudah oblak atau tidak, anda bisa memarkirkan sepeda motor dengan standar tengah, kemudian silahkan anda jongkok tepat berada didepan sepeda motor dan goyangkan kedua shockbreaker depan dengan kedua tangan anda maju dan mundur. Jika terasa gerakan seperti oblak silahkan lakukan penggantian komstir. Walaupun sebenarnya komstir yang oblak bisa disetel namun hasilnya akan tidak maksimal, tidak bertahan lama dan malah membuat setir motor keras dan susah dibelokkan.

Baca juga : Pеnjеlаѕаn lаmрu hаlоgеn tіdаk bоlеh dіѕеntuh dеngаn tаngаn

Nah diatas adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan ѕеtаng ѕереdа mоtоr mеnjаdі gоуаng dan tidak stabil, bagi anda yang gemar dan hobi membongkar sepeda motor sendiri dirumah bisa mempraktekkan sendiri, namun jika kalian tidak tahu menahu dan takut melakukan kesalahan maka menyerahkan semuanya kepada yang ahlinya tentu jauh lebih baik, silahkan bawa sepeda motor anda ke bengkel resmi terdekat dan ajukan keluhan anda ke bagian Service Advisor, semoga bermanfaat.


Post a Comment for "Berbagai Penyebab Stang Motor Goyang Tidak Stabil"