Cara Melepas Setir Mobil SRS AirBag

Cаrа mеlераѕ аіr bаg ѕеtіr mоbіl - salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bagian kemudi pada kendaraan roda empat adalah kemudi mobil yang menggunakan SRS Air Bag, sebab sebagian teknisi pinggir jalan takut bila tanpa sengaja air bag tersebut meledak selain membahayakan si montir, biaya mengganti air bag inipun tidak murah.

Sebenarnya melakukan pembongkaran setir mobil yang ada air bag nya tidaklah sesulit dan seseram yang dipikirkan banyak orang bila tahu tips dan trik membuka setir yang ada air bag nya ini. Perlu diketahui bahwa air bag ini dapat mengembang bilamana ada suplay energi dari baterai aki yang dialirkan kedalam system air bag bila sensor air bag tersebut menerima guncangan hebat dengan besaran pukulan yang telah disesuaikan oleh pabrikan.

 salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bagian kemudi pada kendaraan roda empat adal Cara Melepas Setir Mobil SRS AirBag
Gаmbаr ѕуѕtеm SRS AіrBаg mоbіl


Baca juga : Mеnggаlі lеbіh jаuh fungѕі dаrі lаmрu kаbut аtаu fоg lаmр mоbіl

Cаrа mеmbоngkаr ѕеtіr bеr аіr bаg

Nah untuk membongkar setir mobil yang ada air bag nya ini, pertama kali yang harus kalian lakukan adalah dengan melepaskan kutub negatif ( - ) aki atau yang biasa dikenal di dunia otomotif sebagai kutub / kabel massa. Dengan demikian seluruh body mobil tidak akan menerima sumber energi negatif dari aki.

Kemudian anda diharuskan menunggu setidaknya sekitar 90 detik atau 1.5 menit sebelum membongkar setir, hal ini bertujuan untuk menghilangkan muatan baterai dari kapasitor didalam sistem SRS Air Bag dimana kapasitor ini masih menyimpan energi cadangan yang akan perlahan berkurang dan habis dalam beberapa detik.

Langkah ini harus diperhatikan bagi anda yang ingin membongkar air bag, sebab meskipun kutub negatif AKI sudah dilepas, didalam system SRS Air Bag masih menyimpan tenaga yang memungkinkan untuk dapat mengembangkan air bag.

Nah setelah 90 detik berlalu, anda sudah bisa mulai melakukan pembongkaran kemudi mobil entah mau anda ganti setirnya atau hanya sekedar mencabut setir dan meluruskan setir yang miring.

Baca juga : Bаn mоbіl уаng tіріѕ bаguѕnуа tаruh dераn аtаu bеlаkаng ? kеtаhuі jаwаbаnnуа dіѕіnі


Cаrа mеmаѕаng kеmbаlі ѕеtіr bеr аіr bаg

Dalam pemasangannya kembali anda juga perlu memperhatikan hal hal berikut ini.
Mengatur posisi kabel spiral ke posisi center atau tengah, silahkan anda bagi antara putaran ke kanan dan kekiri seimbang atau sama. Ini bertujuan agar kabel spiral tersebut tidak putus sebab jika putus nanti seluruh sistem didalam kemudi, mungkin sound control yang ada di setir tidak akan bekerja. Begitupun dengan indikator air bag didalam panel indikator akan menyala merah yang menandakan disfungsinya sistem. Untuk lebih jelas silahkan lihat gambar dibawah ini.

 salah satu hal yang ditakut dalam membongkar bagian kemudi pada kendaraan roda empat adal Cara Melepas Setir Mobil SRS AirBag
gаmbаr lеtаk kаbеl ѕріrаl ѕеrtа ѕоkеt аіr bаg


Selanjutnya setelah kabel spiral di center kan, langkah selanjutnya bisa anda pasangkan setir kemudi dan mengencangkan dengan menggunakan baut penguncinya. Kemudian memasang tutup atau panel air bag dan mengunci dengan baut penguncinya. Setelah tahap pemasangan selesai, langah terakhir adalah memasang kembali kabel kutub negatif aki ke terminal negatif aki.

Baca juga : Tірѕ bеlаjаr аutо dеtаіlіng mоbіl untuk tіngkаt реmulа

Sampai disini selesai proses pembongkaran dan pemasangan kembali setir mobil yang terdapat SRS Air Bag nya. semoga artikel ini bermanfaat buat anda yang diluar sana kesusahan dan ketakutan dalam mеmbоngkаr ѕеtіr уаng аdа аіr bаg nya. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi di bengkel servis resmi toyota.

Ini adalah cara yang direkomendasikan oleh service center resmi toyota diseluruh cabangnya melalui buku manual intruksi. Mungkin untuk jenis mobil merk lain seperti honda, mazda, bmw, dan lain sebagainya caranya pun hampir sama. Jangan lupa dibagikan :).


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu