Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengencangkan Mur Roda Mobil Yang Benar

Tірѕ саrа kеnсаngkаn bаut rоdа mоbіl - memang bagi anda yang belum pernah sama sekali mengalami kejadian ban kempis dan harus mengganti baut atau mur roda sendirian akan merasa ragu apakah ikatan mur roda yang telah dipasang sendiri tadi kuat ataukah tidak, sehingga demi menjaga keselamatan kitapun memutar mur roda tersebut dengan bantuan pipa besi dan lain sebagainya.

Padahal cara yang seperti itu sangat tidak dianjurkan kecuali pada kendaraan seperti truk Fuso besar. Pada kendaraan pribadi cara seperti itu jelaslah salah sebab dapat membuat baut baut roda menjadi molor atau tertarik, dan jika dilakukan secara berulang atau terkena getaran ketika mobil sedang melaju kencang bisa menyebabkan baut tersebut patah dan akhirnya kecelakaan pun tidak terhindarkan lagi.

 memang bagi anda yang belum pernah sama sekali mengalami kejadian ban kempis dan harus me Cara Mengencangkan Mur Roda Mobil Yang Benar

Lаlu bаgаіmаnа саrа mеngеnсаngkаn mur rоdа mоbіl уаng bеnаr ?

Cara yang pertama dan yang paling dianjurkan adalah mengencangkan dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan torsion bar. Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur seberapa kencang mur roda agar tidak terlepas dari ikatannya, namun juga dapat dibuka dengan lebih mudah, dan yang paling penting adalah tidak merusak kedua komponen baik mur maupun baut roda mobil kesayangan anda.

Cara kedua adalah dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan feeling gauge atau perkiraan saja. Perkiraan disini bukan suatu perkiraan yang sembarangan sebab masih ada acuan atau patokan yang harus dipatuhi tentunya. Dalam mengencangkan mur roda tanpa alat, cukup anda tambahkan tekanan sebanyak 1/8 putaran dari kekencangan awal.

Sеbаgаі соntоh
Anda mengalami kempis ban dan kemudian memutuskan untuk melakukan penggantian ban sendiri di jalanan. Untuk cara aman mengganti ban bisa anda baca pada artikel sebelumnya mengenai Cаrа gаntі bаn mоbіl уаng bеnаr dаn аmаn.

Setelah anda rapatkan secara silang antar mur mur roda tadi hingga rapat, tambahkan kekencangannya sebanyak 1/8 putaran dari kunci palang anda atau dapat memberikan tekanan dengan sedikit menginjak kunci palang. Ingat ya sedikit karena jika terlalu banyak akan membuat ulir dari baut roda memanjang dan bisa bisa menjadi aus atau dol. Setelah anda selesai mengganti sendiri ban di jalan silahkan cari bengkel mobil terdekat untuk dilakukan pengecekan kekencangan dengan menggunakan torsion bar ( cara pertama ).

Baca juga :

Nah dengan begitu anda pun tidak perlu khawatir lagi bila mengalami pecah ban, ban bocor dijalan dan mengganti ban nya sendirian. Semoga bermanfaat buat anda.


Post a Comment for "Cara Mengencangkan Mur Roda Mobil Yang Benar"