Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar

Cаrа mеrаwаt wіреr mоbіl уаng bеnаr - apakah sebagian dari pemilik kendaraan roda empat melakukan perawatan wiper dengan baik?,atau hanya menyerahkan penanganannya kepada bengkel servis ketika mereka sedang melakukan servis mobil?,iya kalau ingat servis,kalau tidak bagaimana?

Memeriksa wiper atau alat penyapu air hujan sangatlah perlu dan harus rutin dilakukan oleh masing masing pemilik ( kalau tidak bisa ya minta tolong pembantunya ). Terlebih pada saat musim hujan tiba,pastikan fungsi wiper ini dalam keadaan baik,karena bila tidak ,hal yang sangat sepele seperti ini dapat menimbulkan bencana seperti kecelakaan.

 apakah sebagian dari pemilik kendaraan roda empat melakukan perawatan wiper dengan baik Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar


Banyak kecelakaan mobil dialami karena kondisi wiper yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya,sehingga air yang ada pada kaca depan kendaraan tidak tersapu dengan sempurna,dan jarak pandang pun menjadi terbatas,nah kecelakaan lah akibatnya.

Berikut adalah tips cara merawat wiper mobil yang baik dan benar yang bisa anda lakukan sendiri dirumah.

1. Jаngаn реrnаh mеngаngkаt wіреr dаlаm wаktu уаng lаmа

Pernahkah kalian melihat mobil yang sedang diparkirkan,kemudian terlihat wiper dalam keadaan terangkat?. Menurut mereka hal ini bertujuan untuk memelihatra keawetan karet wiper,dengan mengangkatnya maka akan terhindar dari kontak panas dari terik matahari yang langsung mengenai kaca. Padalah cara ini justru malah dapat mempercepat kurusakan dari karet wiper itu sendiri loh,yang malah akan mengakibatkan karet melengkung tidak karuan. Bila memang terpaksa parkir di tempat panas sebaiknya tutuplah mobil menggunakan cover mobil.

2. Lumаѕі роrоѕ еngkоl ѕесаrа bеrkаlа

Agar seluruh persendian ( poros engkol ) dari wiper dapat bekerja dengan sempurna,lumasilah menggunakan 4WD pada bagian poros engkol wiper paling tidak 1 bulan sekali atau setelah dicuci bila musim hujan.

3. Cоbа реrіkѕа kаrеt wіреr ѕudаh ruѕаk аtаukаh tіdаk

Untuk memeriksanya cukup mudah,nyalakan wiper,semprotkan air dan lihat apakah wiper dapat menyapu air secara sempurna ataukah tidak ( timbul garis,baret dll ). Bila tidak dapat menyapu dengan sempurna sudah pasti karet wiper telah rusak. Lakukan penggantian di bengkel resmi terdekat dikota anda.

4. Pеrіkѕа аtаu bеrѕіhkаn ujung nоzzlе аіr wіреr

Pastikan ujung nozzle penyemprot air wiper tidak buntu. Bila terjadi buntu atau penyumbatan,ambil satu buah jarum pentul dan tusukkan pada lubang nozzle kemudian cek lagi,semprotkan hingga air keluar.

5. Gunаkаn hаnуа рrоduk rеkоmеndаѕі dеаlеr ATPM

Memang diluar sana banyak sekali produk aftermarket seperti air wiper dengan harga jual yang lebih murah dari yang ditawarkan oleh pihak dealer. Tapi ingat,jangan sembarangan membeli produk aftermarket secara sembarangan karena dikhawatirkan kualitas nya jelek. Biasanya mengandung asam dan garam yang menyebabkan rusaknya karet wiper serta buntu nya nozzle air wiper.

6. Atur аrаh ѕеmрrоt аіr wіреr

Kadangkala semprotan dari nozzle tidak pas tepat pada area kaca depan,beberapa malah melenceng jauh keatas atau kebawah. Maka dari itu bila terjadi hal yang demikian lakukanlah penyetelah,caranya adalah ambil jarum pentul dan tusukkan kedalam lubang nozzle,kemudian goyangkan ujung nozzle agar arah semprotan tepat ditengah kaca.

7. Jіkа kаса dераn mоbіl bеrdеbu,jаngаn аktіfkаn wіреr

Kadangkala kaca mobil akan berdebu bila terlalu lama diparkir di area terbuka. Bila ternyata kaca depan mobil banyak terdapat debu,jangan langsung mengaktifkan wiper. Namun terlebih dahulu angkat kedua wiper,kemudian siram kaca menggunakan air dan sapu dengan kanebo. Setelah itu turunkan dan baru bisa mengaktifkan wiper.

Nah,cukup mudah bukan dalam melakukan perawatan wiper sendiri dirumah. Bila kita rajin dalam memperhatikan wiper,sudah tentu wiper akan awet sehingga dapat menghemat biaya bila melakukan penggantian.


Post a Comment for "Cara Merawat Wiper Mobil Yang Benar"