Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi ABS Anti Lock Braking System

Fungѕі ABS rеm mоbіl - perkembangan tehnologi didunia otomotif sangatlah pesat, hal itu terbukti dari banyaknya tehnologi tehnologi baru yang tercipta mulai dari A sampai Z. Salah satu tehnologi yang sangat bermanfaat bagi kita para pemilik kendaraan baik motor maupun mobil ialah tehnologi ABS.

Tehnologi ABS adalah sebuah tehnologi yang diciptakan dan dikembangkan dan difokuskan dalam sistem pengereman.

 perkembangan tehnologi didunia otomotif sangatlah pesat Fungsi ABS Anti Lock Braking System

Aра fungѕі dаrі ABS ?

Fungsi utama dari sistem ABS ini yakni mengatur aliran minyak rem yang disalurkan ke masing masing sumbu penggerak yang diatur oleh sistem komputer / ECU. Ketika kendaraan baik motor maupun mobil sedang melaju kencang kemudian dengan tiba tiba menginjak rem dengan kencang, dipastikan mobil atau motor tersebut tidak akan slip.

Berbeda halnya dengan kendaraan yang tidak didukung dengan tehnologi ABS, ketika sedang melaju kencang dan di rem mendadak maka roda kendaraan akan terkunci, dan secara otomatis lajunya akan susah untuk dikendalikan. Selain itu dengan adanya ABS ini, ketika kendaraan sedang belok khususnya mobil, sistem juga dapat mendeteksi roda bagian mana yang harus diberikan pengereman penuh dan mana yang tidak.

Bаgаіmаnа саrа kеrjа ABS ?

Tehnologi ABS ini akan bekerja bilamana mobil atau motor melaju dengan kencang kemudian di rem secara mendadak, maka sensor sensor ABS yang terdapat pada sumbu roda memberikan sinyal kepada komputer, kemudian sistem komputer akan menganalisa melalui sinyal sinyal tersebut, jika komputer mendeteksi bahwa ada roda yang akan terkunci maka komputer akan menutup katup aliran minyak rem yang menuju ke roda sehingga ban tidak terkunci.

Sesaat kemudian komputer akan melepaskan lagi katup tersebut sehingga pengereman berfungsi kembali begitu seterusnya. Proses ini terjadi sangat cepat dan bila dihitung dalam 1 detik sistem dapat melakukan yang demikian sebanyak 15 hingga 20 kali proses.

Karena tehnologi ini begitu rumit maka kendaraan yang dilengkapi dengan ABS ini pun juga sedikit lebih mahal ketimbang yang tidak memakai ABS. Untuk motor saja sistem pengereman ABS ini dipasaran dijual seharga 5 sampai 6 juta, sedangkan untuk mobil harga 1 unit ABS ini bisa mencapai 25 juta keatas.

Terkadang ada orang yang tidak mengetahui fungsi dan manfaat adanya tehnologi ABS ini, bahkan beberapa orang mengeluhkan bahwa kendaraan mereka remnya kurang pakem. Untuk mengetahui bagaimana tehnologi ABS ini bekerja silahkan lihat cuplikasi video dibawah ini.





Nah setelah membaca artikel diatas semoga anda anda yang saat ini sedang mencari informasi mengenai fungѕі dаn kеgunааn ABS dapat tercerahkan. Selalu waspada dalam berkendara dan jaga kecepatan anda.

Beberapa artikel menarik lainnya seputar rem ABS





Post a Comment for "Fungsi ABS Anti Lock Braking System"