Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Ban Pada Kendaraan Bermotor

Fungѕі utаmа bаn - setiap kendaraan pastinya memiliki roda atau ban agar dapat berjalan,berpindah dari tempat satu ke tempat lainya bukan?. Lalu apakah fungsi dari ban hanyalah seperti diatas?,agar mobil dapat bergerak atau berpindah saja?.

 setiap kendaraan pastinya memiliki roda atau ban agar dapat berjalan Fungsi Ban Pada Kendaraan Bermotor

Tentu tidak,memang kebanyakan yang orang mengerti dari fungsi ban hanyalah seperti yang telah kami sebutkan diatas,padahal sebenarnya banyak sekali fungsi utama dari ban mobil atau motor loh. Apa sajakah fungsi nya?,yuk kita simak uraian dibawah ini.

1. Sеbаgаі реnаhаn bеbаn

Fungsi yang pertama dari ban ini adalah menahan beban apapun yang menumpu diatas ban. Baik beban mesin,beban muatan dan sebagainya dihitung sebagai beban. Dalam perannya untuk menahan beban,salah satu bagian yang paling utama lagi adalah tekanan angin. Maka dari itu sesuaikan tekanan angin pada ban

2. Sеbаgаі реrеdаm

Sebelum getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan diredam oleh suspensi,terlebih dahulu getaran akan diredam oleh ban yang selanjutnya baru diredam lagi oleh suspensi. Tekanan angin didalamnya pun ikut berpengaruh,maka dari itu sesuaikanlah standard tekanannya. Untuk jenis ban sendiri yang mampu menahan atau meredam guncangan lebih baik adalah ban type radial.

3. Pеnеruѕ tеnаgа dаrі mеѕіn

Ban juga memiliki fungsi utama yaitu meneruskan tenaga atau gaya gerak serta pengereman dari mesin ke permukaan jalan. Oleh sebab itu,hal ini sangat erat kaitannya dengan kinerja traksi serta daya pengereman. Pattern atau batik ( kembangan ) pada telapak ban sangat berpengaruh.

4. Mеnеntukаn kоntrоl kеmudі

Fungsi selanjutnya dari ban adalah sebagai kontrol kendali arah laju kendaraan. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan kendaraan dalam manuver serta kestabilan dalam berkendara.

Diatas adalah 4 fungsi utama pada ban. Untuk mendapatkan kontrol kendali yang lebih enak serta nyaman dalam kestabilan berkendara,rajinlah untuk melakukan spooring kendaraan ( untuk mobil ),dan melakukan penggantian bila ban sudah terlihat aus.


Post a Comment for "Fungsi Ban Pada Kendaraan Bermotor"