Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Batang Propeller Pada Mobil Manual

Drіvе рrореllеr ѕhаft - salah satu komponen penting yang hanya ada pada kendaraan roda empat dengan transmisi manualnya adalah propeller shaft atau batang propeller. Komponen ini terletak sejajar dengan mesin yang langsung terhubung ke bagian belakang kendaraan.

Tanpa adanya batang propeller ini tentu saja mobil tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya ( kecuali mobil matik ). Maka dari itulah keberadaan propeller shaf ini sangatlah penting.

 salah satu komponen penting yang hanya ada pada kendaraan roda empat dengan transmisi man Fungsi Batang Propeller Pada Mobil Manual

Fungѕі dаrі рrореllеr ѕhаft

Fungsi utama dari komponen ini adalah meneruskan putaran dari transmisi kendaraan roda empat, yang selanjutnya akan ditransfer menuju ke differential gear atau gardan, dan selanjutnya memutar as / poros roda belakang sehingga mobil dapat melaju. Pada propeller ini terdapat dua buah komponen pendukung lain yakni sleeve joint dan juga universal joint. Untuk fungsi kedua komponen pendukung tersebut antara lain ialah :

Slееvе jоіnt

komponen ini memungkinkan batang propeller dapat meneruskan putaran dengan lembut dengan cara meredam gerakan maju dan mundur differential dan juga axle housing akibat adanya gerakan dari kendaraan.

unіvеrѕаl jоіnt

fungsi komponen universal joint ialah memungkinkan batang propeller meneruskan putaran secara lembut dengan meredam gerakan naik dan turun dari differential dan axle housing akibat gerakan dari kendaraan. Jika komponen ini mengalami kerusakan, macet, kaku dan sebagainya dapat menimbulkan getaran yang sangat besar pada posisi dibawah jok serta bunyi dengung yang mengganggu.

Baca juga : Fungѕі dаrі ѕhосk brеаkеr раdа kеndаrааn уаng wаjіb аndа kеtаhuі

Nah itulah tadi penjelasan mengenai fungѕі dаrі bаtаng рrореllеr аtаu рrореllеr ѕhаft pada mobil. Semoga bermanfaat dan silahkan jangan lupa untuk dibagikan.


Post a Comment for "Fungsi Batang Propeller Pada Mobil Manual"